TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cabor Angkat Besi Sumbang Medali Emas Pertama Sumsel di PON Aceh

Pj Gubernur Sumsel hadir di pembukaan PON Aceh

Pembukaan PON Aceh 2024 di Sumut (Dok. Pemprov Sumsel)

Intinya Sih...

  • Kontingen Sumsel meraih emas perdana di PON Aceh dari cabang olahraga angkat besi
  • Indah Afriza, atlet angkat besi Sumsel, berhasil memenangkan emas dengan total angkatan 207 kilogram
  • Saat ini, Sumsel berada di peringkat 18 raihan medali PON Aceh 2024 dengan total 16 medali

Palembang, IDN Times - Kontingen Sumatra Selatan (Sumsel) akhirnya menerima emas perdana di Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh, Sumatra Utara (Sumut). Raihan emas itu diperoleh Sumsel dari cabang olahraga angkat besi, pada 7 September lalu.

"Indah Afriza Lifter atlet angkat besi Sumsel berhasil mempersembahkan emas pertama untuk kita," ujar Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi dalam keterangan Rabu (11/9/2024).

Baca Juga: Eks Ketua KONI Sumsel Hendri Zainuddin Divonis 1 Tahun Penjara

1. Indah Afriza raih emas di kelas 71 kilogram putri

Pembukaan PON Aceh 2024 di Sumut (Dok. Pemprov Sumsel)

Indah berhasil menang dalam pertandingan yang digelar di GOR Seuramoe, Banda Aceh, Sabtu (7/9/2024). Atlet berusia 20 tahun itu  turun di kelas 71 kilogram putri dengan total angkatan 207 kilogram, dari 88 kilogram angkatan snatch dan 119 kilogram clean and jerk.

"Alhamdulillah bisa dapat emas, cuma usahanya masih kurang optimal jadi merasa hasilnya belum maksimal," kata Indah Afriza.

Sejauh ini, Sumsel sementara berada di peringkat 18 raihan medali PON Aceh 2024 dari total 27 kontingen yang bertanding di Sumut. Sumsel saat ini baru meraih total 16 medali dari satu emas, 5 perak dan 10 perunggu. Emas satu-satunya itu baru dari cabor angkat besi.

2. Atlet peraih emas cabor angkat besi merupakan andalan Sumsel yang sudah mengikuti ajang olahraga di Thailand

Pada angkatan 119 kilogram di clean and jerk, Indah sudah mengamankan medali emas. Namun ia masih berusaha mempertajam catatan dengan mengangkat 122 kilogram pada percobaan clean and jerk ketiga. Tetapi usahanya itu gagal karena besi tak terangkat.

"Arahan dari pelatih (usahanya optimal) dan aku juga ingin (skor sempurna), karena merasa memang bisa, cuma di jerk-nya tidak dapat, mungkin kemarin pengaruh sakit pinggang," timpalnya.

Indah sebelumnya pernah diberangkatkan PB PABSI mengikuti Kejuaraan EGAT King’s Cup 2024 di Thailand di Bulan April. Indah merupakan salah satu atlet andalan angkat besi yang diproyeksikan PB PABSI jadi bintang.

Berita Terkini Lainnya