Daftar Lengkap Nomor Urut Paslon Pilkada 2024 Sumsel (Bagian 1)

Beberapa daerah akan menghadapi kotak kosong

Intinya Sih...

  • Pengundian nomor urut Paslon Pilkada 2024 di Sumatra Selatan berlangsung aman dan lancar.
  • Paslon Panca Wijaya Akbar-Ardani mendapat nomor urut 1, sementara kotak kosong ditetapkan sebagai nomor urut 2.
  • Pengundian nomor urut paslon juga dilaksanakan di Banyuasin, Empat Lawang, OKI, Musi Rawas, Muratara, OKU, dan OKU Timur.

Ogan Ilir, IDN Times - Pengundian nomor urut pasangan Calon (Paslon) digelar KPU berbagai kota/kabupaten di Sumatra Selatan.

Berdasarkan pantauan, pengundian nomor urut di daerah berlangsung aman dan lancar dan dihadiri masing-masing Paslon dan pendukungnya. Pascapengundian nomor urut ini, Paslon akan mulai berkampanye dalam rentang waktu yang telah ditentukan KPU.

Berikut IDN Times telah merangkum beberapa paslon Pilkada 2024 kabupaten/kota Sumsel sudah mengundi nomor urut. 

1. Pilkada Ogan Ilir

Daftar Lengkap Nomor Urut Paslon Pilkada 2024 Sumsel (Bagian 1)Suasana pengundian nomor urut Pilkada Ogan Ilir. (IDN Times/istimewa)

Paslon Panca Wijaya Akbar dan Ardani segera memulai kontestasi Pilkada Ogan Ilir 2024. Hal ini dipastikan setelah Panca-Ardani ditetapkan sebagai calon tunggal kontestan Pilkada Ogan Ilir oleh KPU. Pada Pilkada kali ini, Panca-Ardani mendapat nomor urut 1. 

Ketua KPU Ogan Ilir Masjidah menerangkan, telah ditetapkannya paslon Panca-Ardani beserta nomor urut 1, maka kotak kosong ditetapkan sebagai nomor urut 2.

Melawan kotak kosong, Panca-Ardani menargetkan memenangkan lebih dari 63 persen suara masyarakat Ogan Ilir. Panca menegaskan, dia dan Ardani maju sebagai sebagai cabup-cawabup tunggal, bukanlah sebuah grand design.

"Karena memang dari awal proses pendaftaran cabup dan cawabup Ogan Ilir, hanya kami yang mengikutinya. Pendaftaran paslon independen sebelumnya sudah dibuka dan memang tidak ada yang mendaftar," ujarnya.

2. Pilkada Banyuasin

Daftar Lengkap Nomor Urut Paslon Pilkada 2024 Sumsel (Bagian 1)Suasana pengundian nomor urut Pilkada Banyuasin. (IDN Times/istimewa)

Pengundian nomor urut Paslon bupati dan wakil bupati di Pilkada Banyuasin 2024 sudah digelar. Pengundian yang berlangsung di kantor KPU Banyuasin ini dihadiri oleh kedua pasangan calon.

Hasilnya, pasangan Askolani-Netta Indian (ASTA) mendapatkan nomor urut 1. Sedangkan Slamet Somosentono-Alfi N Rustam mendapatkan nomor urut 2.

Pengundian nomor urut selesai, perhatian kini beralih ke tahapan kampanye. Kampanye resmi akan dimulai 25 September- 23 November 2024.

Baca Juga: Jelang Kampanye Bawaslu Sumsel Ajak Kepala Daerah Sumsel Santun

3. Pilkada Empat Lawang

Daftar Lengkap Nomor Urut Paslon Pilkada 2024 Sumsel (Bagian 1)Suasana pengundian nomor urut Pilkada Empat Lawang. (IDN Times/istimewa)

Paslon Joncik-Arifai juga bakal hadapi kotak kosong pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang 2024. Pengundian nomor urut tersebut digelar di halaman kantor KPU Empat Lawang, Senin (23/9/2024).

Secara otomatis karena pasangan calon Joncik Muhammad-Arifai mendapat nomor urut 2 maka untuk nomor 1 akan diisi oleh kotak kosong. Pasangan calon Joncik-Arifai diusung 7 partai parlemen yakni, PAN, PDIP, Demokrat, Golkar, Gerindra, PKS, dan Nasdem.

4. Pilkada Ogan Komering Ilir

Daftar Lengkap Nomor Urut Paslon Pilkada 2024 Sumsel (Bagian 1)Suasana pengundian nomor urut Pilkada OKI. (IDN Times/istimewa)

KPU Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengundi dan mengumumkan nomor urut pasangan calon (Paslon) Bupati dan wakil Bupati OKI digelar di Aula Demokrasi Kantor KPU Kabupaten OKI, Senin (23/9/2024). 

Pengundian ini dihadiri langsung Paslon Bupati dan Wakil Bupati OKI, Djakfar Shodiq- Abdiyanto dan Muchendi Mahrazeki- Supriyanto. 

Hasilnya, Paslon Djakfar Shodik-Abdiyanto (JADI) mendapatkan nomor satu atau 01. Lalu, untuk nomor urut dua atau 02 didapatkan pada Paslon Muchendi Mahrazeki-Supriyanto (MURI).

5. Pilkada Musi Rawas

Daftar Lengkap Nomor Urut Paslon Pilkada 2024 Sumsel (Bagian 1)Suasana pengundian nomor urut Pilkada Musi Rawas. (IDN Times/istimewa)

Pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati juga digelar KPU Musi Rawas, Senin (23/9/2024) di halaman Kantor KPU Musi Rawas. Hajatan KPU Musi Rawas pengundian nomor urut ini berlangsung kondusif. Dua paslon yang hadir terlihat akrab dan bersahabat.

Hasil undian pengambilan nomor urut paslon Ratna Machmud-Suprayitno dapat nomor urut 01 dan Suwarti-Thamrin Hasan nomor urut 02.

Baca Juga: KPU Tetapkan 3 Pasangan Calon Gubernur Sumsel Pilkada 2024

6. Pilkada Musi Rawas Utara

Daftar Lengkap Nomor Urut Paslon Pilkada 2024 Sumsel (Bagian 1)Suasana pengundian nomor urut Pilkada Muratara. (IDN Times/istimewa)

KPU Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menggelar rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) Pilkada 2024, Senin (23/9/2024). Ada tiga paslon sudah ditetapkan akan bertarung pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muratara tahun 2024 ini. 

Mereka adalah pasangan Devi Suhartoni dan Junius Wahyudi (Devi-Yudi), Firsa dan Efriyansyah (Firsa-Efri), Syarif Hidayat dan Gusti Rohmani (Syarif-Gusti). 

Pengundian nomor urut paslon dilaksanakan di kantor KPU Kabupaten Muratara di Jalan Lintas Sumatera Desa Noman Baru. Hasilnya, pasangan Syarif Hidayat dan Gusti Rohmani mendapat nomor urut 1.

Pasangan Devi Suhartoni dan Junius Wahyudi (Devi-Yudi) nomor urut 2. Paslon Firsa dan Efriyansyah (Firsa-Efri) mendapat nomor urut 3. 

Diketahui paslon Devi-Yudi maju melalui jalur partai politik diusung PDI Perjuangan, PKB, PBB, dan PKS. Mereka juga didukung oleh PPP dan Partai Garuda.

Paslon Firsa-Efri maju melalui jalur partai politik diusung NasDem, Hanura, PAN, dan Gerindra. Mereka juga didukung oleh PSI, dan Partai Buruh. Sedangkan Paslon Syarif-Gusti maju diusung Demokrat dan Golkar. 

7. Pilkada Ogan Komering Ulu

Daftar Lengkap Nomor Urut Paslon Pilkada 2024 Sumsel (Bagian 1)Suasana pengundian nomor urut Pilkada OKU. (IDN Times/istimewa)

KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengundi nomor urut paslon untuk Pilkada OKU 2024 lll di BIL Hotel Baturaja, Senin (23/9/2024).

Hasilnya, paslon Yudi Purna Nugraha dan Yenny Elita Sofyan Sani (YPN YESS) mendapat nomor urut 1 dan paslon Teddy Meilwansyah dan Marjito Bachri (Bertaji) mendapat nomor urut 2.

Acara tersebut dihadiri oleh kedua paslon dan sejumlah perwakilan pendukung masing-masing paslon. Ketua KPU OKU Rahmad Hidayat saat membacakan berita acara dengan menyebut, nomor urut 1 untuk pasangan Yudi Purna Nugraha dan Yenny Elita dengan 3 parpol pengusung (PAN, Nasdem dan Demokrat).

Nomor urut 2, Teddy Meilwansyah dan Marjito Bachri dengan Parpol pengusung PDIP, Hanura, Golkar, Perindo, PKB, PPP, Perindo, PKN dan PKS)S etelah pengundian nomor urut paslon, tahapan Pilkada OKU akan memasuki masa kampanye.

8. Pilkada OKU Timur

Daftar Lengkap Nomor Urut Paslon Pilkada 2024 Sumsel (Bagian 1)Suasana pengundian nomor urut Pilkada OKU Timur. (IDN Times/istimewa)

KPU Kabupaten OKU Timur menggelar rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada OKU Timur 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel Parai Puri Tani, Kelurahan Sungai Tuha Jaya, Senin (23/09/2024). Rapat pleno dihadiri oleh dua pasangan calon bupati dan wakil bupati didampingi partai politik pengusung bersama tim pemenangan masing-masing.

Hasil pengambilan nomor urut, pasangan pertahana Lanosin dan HM Adi Nugraha Purna Yudha mendapatkan nomor urut 1. Sedangkan pasangan penantang Fery Antoni dan dr Herly Sunawan mendapatkan nomor urut 2.

Ketua KPU Kabupaten OKU Timur, Denis Firmansyah mengatakan, setelah resmi mendapatkan nomor urut calon, maka kedua pasangan calon berhak menggunakan nomor urut tersebut untuk disosialisasikan selama masa kampanye. "Nomor urut tersebut, nantinya digunakan untuk kampanye, dan juga pada surat suara pada hari pencoblosan," ujarnya.

9. Pilkada Pagar Alam

Daftar Lengkap Nomor Urut Paslon Pilkada 2024 Sumsel (Bagian 1)Suasana pengundian nomor urut Pilkada Pagar Alam. (IDN Times/istimewa)

KPU kota Pagar Alam menggelar pengundian nomor tiga urut pasangan calon di komplek perkantoran Gunung Gare, Senin (22/9/2024).

Dari hasil pengundian, pasangan Hepi Safriani-Efsi Komar mendapat urut 1, pasangan Alpian Maskoni-Alfikriansyah nomor 2 dan pasangan Ludi Oliansyah-Bertha Edhar nomor 3.

Ketua KPU Pagar Alam, Ibrahim Putra mengatakan, nomor urut telah didapat para pasangan calon akan jadi identitas para peserta mengkampanyekan pasangan masing-masing kepada para pemilihnya kelak.

"Dengan telah resminya para calon mendapat nomor urut ini maka selanjutnya para calon pasangan wali kota dan wakil wali kota ini telah dapat mengampanyekan kepada para calon pemilihnya kelak masing-masing," kata dia

Baca Juga: KPU Tetapkan Jumlah DPT Pilkada 2024 Sumsel 6.382.739 Pemilih

Yuliani Photo Community Writer Yuliani

Menulis untuk mendidik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya