Warga Temukan Bayi Perempuan di Kardus Bersama Susu dan Wasiat

Ibu bayi mengaku tak sanggup besarkan bayi sebatang kara

Intinya Sih...

  • Penemuan bayi perempuan di depan rumah warga di Lubuk Linggau, Sumsel, dalam keadaan sehat dan disertai surat wasiat serta perlengkapan bayi.
  • Bayi dititipkan di rumah Ketua RT sementara polisi melakukan penyelidikan, berkoordinasi dengan Dinsos, dan membuka kemungkinan adopsi melalui jalur resmi.
  • Nama bayi tersebut adalah Caca Kayla Azzhifa, kondisinya sehat menurut pemeriksaan bidan Heltika dan diperkirakan baru dilahirkan.

Lubuk Linggau, IDN Times - Warga Jalan Kemuning RT 04, Kelurahan Puncak Kemuning, Kecamatan Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuk Linggau, Sumatra Selatan (Sumsel), dihebohkan dengan penemuan seorang bayi berjenis kelamin perempuan di depan rumah warga, Jumat (22/3/2024) malam.

Saat ditemukan, posisi bayi berada di dalam kardus diselimuti bedong dan terdapat juga susu bayi. kardus berisi bayi diletakkan di depan rolling door rumah.

Baca Juga: Ibu Buang Bayi di Lubuk Linggau Mengaku Mendengar Bisikan Gaib

1. Kardus berisi bayi sempat dikira sampah

Warga Temukan Bayi Perempuan di Kardus Bersama Susu dan Wasiat(Warga Lubuk Linggau saat temukan sesosok bayi perempuan dalam kardus) IDN Times/istimewa

Suami Atik merupakan orang pertama yang menemukan bayi tersebut. Atik menjelaskan suaminya menemukan ada kardus di depan rumahnya.

Mereka sempat mengira sampah karena kardus tertutup, ditambah lampu depan rolling door padam. Suaminya pun duduk di depan rumah sambil santai.

Tak lama kemudian terdengar suara tangisan. Suaminya kemudian kembali mendatangi kardus itu, saat dibuka ternyata isinya bayi. Bayi langsung menangis sejadi-jadinya ketika digendong keluar kardus.

Baca Juga: Bayi 1,5 Tahun Ditemukan Tewas dengan Luka Memar

2. Terdapat surat wasiat, bedong, bedak bayi, dan minyak telon

Warga Temukan Bayi Perempuan di Kardus Bersama Susu dan Wasiat(Warga Lubuk Linggau saat temukan sesosok bayi perempuan dalam kardus) IDN Times/istimewa

Kapolsek Lubuk Linggau Utara, AKP Denhar menyampaikan, awalnya bayi itu ditemukan warga pukul 18.40 WIB dan posisinya di dalam pagar rumah Suwirio di kardus mi instan.

"Saat ditemukan bayi wanita itu dalam keadaan sehat dan juga terdapat surat wasiat yang diduga ditinggalkan oleh orangtuanya, seperti kain bedong 3 buah, bedak, betadine, dan minyak telon," ujarnya, Sabtu (23/3/2024).

Untuk sementara bayi itu dititipkan di rumah Ketua RT. 04 Kelurahan Puncak Kemuning, Kecamatan Lubuk Linggau Utara II, sembari polisi melakukan penyelidikan.

3. Mengadopsi bayi melalui jalur Dinsos dan PN

Warga Temukan Bayi Perempuan di Kardus Bersama Susu dan Wasiat(Warga Lubuk Linggau saat temukan sesosok bayi perempuan dalam kardus beserta surat wasiat) IDN Times/istimewa

Polisi akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos). Namun dari pertemuan antara pihak kepolisian dan Ketua RT beserta warga, dijelaskan tidak menutup kemungkinan jika ada yang akan mengadopsi bayi tersebut.

"Hanya saja bagi yang ingin mengadopsi bayi tersebut harus melalui jalur yang benar. Yakni melalui Dinas Sosial dan juga Pengadilan Negeri Lubuk Linggau," ungkapnya.

4. Bayi langsung diperiksa oleh bidan setempat

Warga Temukan Bayi Perempuan di Kardus Bersama Susu dan Wasiatilustrasi bayi (pexels.com/Rene Asmussen)

Dari surat wasiat yang ditinggalkan, bayi itu bernama Caca Kayla Azzhifa. Untuk mengetahui kondisinya, bayi mungil tersebut juga diperiksa oleh Bidan Heltika dari Kelurahan Kaliserayu. 

Menurut Bidan Heltika, kondisi bayi tersebut sehat. Ia memperkirakan bayi itu baru dilahirkan, pada Jumat pagi atau Kamis. Hal tersebut disimpulkan karena terlihat dari kondisi pusat bayi. Dan juga bayi sepertinya belum dimandikan yang dilihat dari rambutnya.

Baca Juga: Seorang Mahasiswi Jadi Korban Asusila Pengemudi Ojol Palembang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya