Urai Kemacetan di Jalintim, Kendaraan Sumbu Tiga Masuk Kantong Parkir

Sat Lantas Polres Muba siapkan lima pos pengamanan

Intinya Sih...

  • Satlantas Polres Muba mengamankan kendaraan besar yang melintas di Jalintim Muba karena larangan arus mudik.
  • Kondisi Jalintim mengalami kepadatan arus lalu lintas akibat lonjakan pemudik dari berbagai daerah.
  • Persiapan 5 Pos Pengamanan (Pospam) di beberapa titik rawan macet untuk mengatur arus lalu lintas selama Operasi Ketupat Lebaran 2024.

Musi Banyuasin, IDN Times - Satlantas Polres Musi Banyuasin (Muba) mengamankan sejumlah kendaraan besar yang masih melintas di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Muba, Minggu (7/4/2024).

Kendaraan tersebut dipaksa parkir karena peraturan mengenai larangan kendaraan sumbu tiga atau truk besar untuk melintas selama arus mudik.

Baca Juga: Tak Ada Jalur Alternatif, Palembang-Betung Sempat Macet Total

1. Pengantongan khusus kendaraan sumbu tiga

Urai Kemacetan di Jalintim, Kendaraan Sumbu Tiga Masuk Kantong Parkir(Petugas Sat Lantas Polres Muba saat mengatur kendaraan di jalintim ) IDN Times/istimewa

Kasat Lantas Polres Muba, AKP Ricky Mozam, mengatakan sejak beberapa hari terakhir kondisi Jalintim yang berada di Betung maupun Babat Supat sedang terjadi kepadatan arus. Kepadatan arus lalu lintas terjadi karena lonjakan pemudik dari berbagai daerah.

"Kita melakukan penguraian dilakukan dengan memasukan ke kantong-kantong parkir kendaraan sumbu tiga yang lewat, dan ada juga yang putar balik, agar arus lalu lintas tetap lancar," ujar Mozam.

Baca Juga: Tol Palembang-Betung Dibuka 5 April 2024 untuk Mudik Lebaran

2. Kendaraan angkut sembako dan BBM tetap boleh melintas

Urai Kemacetan di Jalintim, Kendaraan Sumbu Tiga Masuk Kantong Parkir(Petugas Sat Lantas Polres Muba saat mengatur kendaraan di jalintim ) IDN Times/istimewa

Namun pihaknya tetap memprioritaskan kendaraan yang mengangkut bahan bakar minyak atau gas, hewan ternak, hantaran uang, pupuk, pakan ternak, keperluan penanganan bencana alam dan bahan pokok kebutuhan masyarakat.

"Ada beberapa kendaraan prioritas seperti sembako dan lainnya mereka tetap lewat. Larangan tersebut berdasarkan keputusan bersama Direktur jenderal perhubungan darat, Kakorlantas Polri dan Direktur Jenderal Bina Marga tentang Pengaturan lalu lintas jalan serta penyeberangan selama masa arus mudik dan arus balik angkutan lebaran tahun 2024 /1445 H," jelasnya.

3. Titik rawan macet di seputaran Bayung Lencir dan Sungai Lilin

Urai Kemacetan di Jalintim, Kendaraan Sumbu Tiga Masuk Kantong Parkir(Petugas Sat Lantas Polres Muba saat mengatur kendaraan di jalintim ) IDN Times/istimewa

Pihaknya juga sudah mempersiapkan 5 Pos Pengamanan (Pospam), dimana 2 terletak di Jalintim tepatnya di Kecamatan Sungai Lilin maupun Bayung Lencir. Kemudian untuk di Jalinteng ada 3 Pospam yang berada di Kecamatan Lais, Sekayu, dan Sanga Desa.

"Biasanya titik rawan macet ada di seputaran Bayung Lencir dan Sungai Lilin. Kita pastikan petugas selalu stand by mengatur lalu lintas agar lancar selama Operasi Ketupat Lebaran 2024 ini, bagi pemudik jika lelah sebaiknya beristirahat dan jangan memaksakan perjalanan," tutupnya.

Baca Juga: Kapolda Sumsel Hentikan Truk yang Masih Melintas di Jalanan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya