Tiga Tambang Batubara Liar di Muara Enim Ditertibkan

Akses jalan menuju tambang ditutup dengan parit

Intinya Sih...

  • Tim gabungan Polda Sumsel, Polres Muara Enim, Sat Pol PP Muara Enim dan PTBA melakukan penertiban tambang ilegal batu bara di wilayah Muara Enim.
  • Penertiban dilakukan terhadap tambang ilegal yang beroperasi di IUP PTBA dan HGU PT BSP di tiga lokasi.
  • Penertiban berhasil diamankan barang bukti kendaraan, karung berisi batu bara, dan warga yang diduga melakukan aktivitas penambangan ilegal.

Muara Enim, IDN Times - Tim gabungan yang terdiri Polda Sumsel, Polres Muara Enim, Sat Pol PP Muara Enim dan PTBA melakukan penertiban tambang ilegal batu bara di wilayah Muara Enim, Senin (5/8/2024). 

Hingga Senin malam sekitar pukul 19.30 WIB, beberapa tim masih melakukan penertiban tambang liar. Beberapa tambang ilegal yang menjadi target penertiban tersebut beroperasi di IUP PTBA dan HGU PT BSP di tiga lokasi. Di antaranya Tanjung Agung Kecamatan Tanjung Agung, Simpang Karso dan Bintan, Desa Keban Agung, dan Kecamatan Lawang Kidul Muara Enim.

1. Tim langsung menyebar tertibkan 3 lokasi bersamaan

Tiga Tambang Batubara Liar di Muara Enim Ditertibkan(Tim Gabungan Tertibkan 3 Lokasi Tambang Batubara Liar di Muara Enim) IDN Times/istimewa

Sebelumnya tim gabungan dengan ratusan personel dari Brimob, Polres Muara Enim, Polsek Lawang Kidul dan Tanjung Agung, dan Sat Pol Muara Enim melakukan apel gabungan di Mapolres Muara Enim guna persiapan sekitar pukul 14.00 WIB. 

Setelah itu langsung dibagi tiga lokasi tambang liar yang beroperasi di IUP PTBA dan HGU PT BSP yang dilakukan secara serentak.

Dari penertiban tersebut berhasil diamankan beberapa barang bukti kendaraan, karung berisi batu bara dan warga yang diduga melakukan aktivitas penambangan di Mapolres Muara Enim.

2. Tambang liar ganggu bahan baku kelistrikan untuk 3 PLTU

Tiga Tambang Batubara Liar di Muara Enim Ditertibkan(Tim Gabungan Tertibkan 3 Lokasi Tambang Batubara Liar di Muara Enim) IDN Times/istimewa

Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain, mengatakan aktivitas penambangan liar tersebut sangat melanggar hukum, sebab jika tidak ditertibkan tentu akan menganggu bahan baku kelistrikan untuk PLTU Suralaya, PLTU Bukit Asam dan PLTU Sumsel 8.

“Ini adalah Proyek Strategis Nasional (PSN), maka kewajiban kita bersama menjaganya. Masa kita daerah lumbung energi namun kita memakai lilin,” ujar Mantan Dirreskrimsus Polda Sumsel ini.

3. Jalur parameter dibuat agar penambang ilegal tak masuk

Tiga Tambang Batubara Liar di Muara Enim Ditertibkan(Tim Gabungan Tertibkan 3 Lokasi Tambang Batubara Liar di Muara Enim) IDN Times/istimewa

Selain itu, penertiban lokasi tambang liar dan bangunan liar juga dilakukan oleh tim gabungan serta penutupan akses jalan kendaraan tambang liar ke lokasi tambang dengan membuat parit dan membuat garis pembatas police line oleh pihak PTBA.

Wakapolda menyebutkan, dari hasil penertiban di lapangan, memang ada beberapa barang bukti yang diamankan dan nanti akan dikembangkan sehingga mengetahui siapa pemain di belakangnya ditambang ilegal tersebut. 

"Untuk ke depan akan terus kita awasi namun caranya masih rahasia. Tetapi untuk saat ini, kita sudah lakukan penertiban dan membuat jalur parameter sehingga penambang ilegal tidak bisa masuk kembali dalam lokasi tambang tersebut," tegasnya.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya