Sumsel Diguyur Hujan Merata Setiap Wilayah Akhir Oktober 2023

BMKG prediksi hujan pertama mengguyur wilayah Barat Sumsel

Palembang, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Sumatra Selatan (BMGK Sumsel) memprediksi potensi hujan secara merata pada akhir Oktober mendatang. Prediksi itu menjadi kabar baik agar kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dapat segera teratasi.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I BMKG Sumsel, Wayan Dayantolis mengatakan, hujan yang turun beberapa hari terakhir adalah hujan murni yang turun karena ada peluang awan hujan yang dibantu rekayasa hujan buatan atau Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

"Sebenarnya peluang hujan di awal Oktober ini masih minim. karena ada peluang hujan lebih besar pada akhir Oktober mendatang," ujarnya.

Baca Juga: TMC Diperpanjang, Sejumlah Daerah Sumsel Diguyur Hujan Buatan

1. Wilayah gambut tebal akan turun hujan paling akhir

Sumsel Diguyur Hujan Merata Setiap Wilayah Akhir Oktober 2023Lahan gambut. Foto dok

Wayan menambahkan, peluang hujan cukup besar akan terlihat pada akhir Oktober, dengan prediksi hujan mulai turun dari sisi Barat Sumsel atau di kawasan punggung Bukit Barisan seperti Kabupaten Empat Lawang, Musi Rawas, dan Kabupaten Musi Rawas Utara.

"Sedangkan peluang daerah dengan lahan gambut tebal seperti di OKI diprediksi turun hujan paling akhir dari semua daerah di Sumsel," bebernya.

Baca Juga: KLHK Segel Lahan PTPN VII Cinta Manis Akibat Karhutla

2. Potensi terjadinya titik panas masih besar

Sumsel Diguyur Hujan Merata Setiap Wilayah Akhir Oktober 2023Ilustrasi kebakaran hutan. ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Selain itu, wilayah Sumsel masih dalam periode musim kemarau di mana curah hujan yang turun pada dua dasarian ke depan atau hingga 20 Oktober, diprakirakan masih dalam kategori rendah dengan sifat hujan awan normal. Oleh karena itu, potensi terjadinya titik panas di wilayah Sumsel masih sangat besar.

"Mudah-mudahan hujan mulai terjadi sekitar 21-23 Oktober. Potensi hujan ini sebarannya cukup merata sehingga dapat memadamkan karhutla di Sumsel, terutama di Kabupaten Ogan Komering Ilir," jelasnya.

3. Pj Gubernur Sumsel ajak Forkopimda gelar salat Istisqa

Sumsel Diguyur Hujan Merata Setiap Wilayah Akhir Oktober 2023Ilustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel, Agus Fatoni mengatakan, kabar tersebut membawa angin segar bagi masyarakat terkait perkiraan awal musim penghujan. Guyuran hujan sangat menentukan langkah dan kebijakan selanjutnya dalam penanganan karhutla.

"Forkopimda dan masyarakat juga telah melakukan sejumlah upaya dalam menghadapi musim kemarau, di antaranya, melaksanakan salat Istisqa secara bersama untuk meminta kepada Allah diturunkan hujan agar dapat menurunkan dampak karhutla," ucapnya.

Baca Juga: Tim Siaga Karhutla di Palembang Bakal Terima Insentif

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya