Speedboat Terbalik Usai Tabrak Kayu di Air Sugihan, 2 Penumpang Tewas

Seluruh korban selamat kini dirawat di Puskesmas Jalur 25

Intinya Sih...

  • Kecelakaan speedboat terbalik di Muara 14 Air Sugihan, Sumsel
  • Delapan penumpang, dua meninggal dan enam selamat, dirawat di Puskesmas Jalur 25
  • Speedboat menabrak kayu di sungai, korban yang selamat sudah sehat dan pulang

Ogan Komering Ilir, IDN Times - Kecelakaan transportasi air kembali terjadi di perairan Sumsel. Kali ini speedboat Family dilaporkan terbalik di Muara 14 Air Sugihan. Kapal terbalik diduga karena menabrak kayu yang berada di sungai.

Tercatat ada delapan korban yang dibawa ke Puskesmas Jalur 25 Kecamatan Air Sugihan Kabupaten OKI. Dua orang dinyatakan meninggal dunia, dan enam penumpang lainnya selamat. Sedangkan para penumpang speedboat yang selamat kini sudah mendapatkan perawatan di Puskesmas tersebut.

Baca Juga: Warga Banyuasin Hilang Tenggelam Saat Getek Dihantam Angin Kencang

1. Korban selamat langsung pulang usai mendapat perawatan

Speedboat Terbalik Usai Tabrak Kayu di Air Sugihan, 2 Penumpang Tewas(Speedboat Family yang terbalik di perairan Air Sugihan) IDN Times/istimewa

Kepala Puskesmas Jalur 25 Kecamatan Air Sugihan Kabupaten OKI, Sentot, menuturkan semua penumpang yang mengalami kecelakaan speedboat Family sudah diperbolehkan pulang setelah mendapatkan perawatan di Puskesmas. 

"Alhamdulillah, semuanya sudah dinyatakan sehat dan boleh pulang. Dari delapan penumpang, enam sudah sehat dan dua meninggal dunia," katanya.

Baca Juga: Nahkoda Tugboat yang Karam di Sungai Musi Ditemukan Meninggal Dunia

2. Ada 8 penumpang di dalam speedboat yang terbalik

Speedboat Terbalik Usai Tabrak Kayu di Air Sugihan, 2 Penumpang Tewas(Speedboat Family yang terbalik di perairan Air Sugihan) IDN Times/istimewa

Dari daftar penumpang, enam orang penumpang selamat yakni Edi Subekti (24) warga Desa Rejosari Jalur 14 SP II, Rasti Melani (25) warga Bangka, Sundari (38) warga Koba Bangka Tengah, Dava (7) Warga Koba Bangka Tengah, dan Ahmad Fatoni (21) warga Sungai Liat Parit Padang.

Lalu korban meninggal dunia yakni Kamisem (63) warga Jalur 14 tujuan Bangka Utara dan M Lulus Sutomo (42) warga Karya Jalur 29 Blok C.

"Saya juga ikut melakukan penanganan medis terhadap penumpang yang selamat dari kecelakaan speedboat Family tadi," jelasnya

3. Speedboat melaju kencang dan hantam potongan kayu

Speedboat Terbalik Usai Tabrak Kayu di Air Sugihan, 2 Penumpang Tewas(Speedboat Family yang terbalik di perairan Air Sugihan) IDN Times/istimewa

Kepala Pos Polairud Sungai Baung, Aipda Aris Wandi menambahkan, korban yang selamat menyebut speedboat berangkat pukul 07.30 WIB dari jalur 14 menuju Bangka. Saat di perjalanan, speedboat menabrak kayu yang ada di sungai. Speedboat langsung terbalik.

"Speedboat melaju kencang menuju Bangka menghantam potongan kayu yang mengapung di sungai dan langsung terbalik tenggelam," ungkapnya.

Adapun dua korban yang meninggal karena tidak bisa keluar dari speedboat. Sedangkan enam korban bisa selamat karena bisa keluar dari dalam speedboat.

"Jenazah korban yang meninggal sudah dibawa pulang oleh keluarganya dan segera dimakamkan," tutupnya.

Baca Juga: Tugboat Tabrak Kapal Logistik, Nahkoda Hilang di Sungai Musi 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya