Sering Mangsa Ternak, Warga OKI Tangkap Buaya Besar di Sungai

Buaya langsung diikat dan akan diserahkan ke BKSDA

Ogan Komering Ilir, IDN Times - Seekor buaya raksasa yang meresahkan masyarakat berhasil ditangkap di sungai Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel, Sabtu (20/4/2024).

Sebelumnya warga Sriwijaya Baru ini mendadak heboh pasca penangkapan seekor buaya raksasa berukuran 3,5 meter. Hewan buas ini kerap muncul ke permukaan sungai dan memangsa ayam milik warga.

Baca Juga: Hendak Ambil Wudu di Sungai Biduk, Warga Muba Dimangsa Buaya

1. Polisi terima laporan ada 4 ekor buaya

Sering Mangsa Ternak, Warga OKI Tangkap Buaya Besar di Sungai(Warga Air Sugihan OKI tangkap buaya di sungai) IDN Times/istimewa

Kapolsek Air Sugihan, Iptu Rio Trisno, membenarkan adanya penangkapan buaya berukuran besar oleh warga di dermaga dekat balai desa. Sebelumnya ada laporan mengenai keberadaan empat ekor buaya di perairan setempat dan menimbulkan ketegangan.

"Dalam upaya menjaga keselamatan warga dan mengatasi potensi konflik antara manusia dan satwa liar, warga bersatu melakukan penangkapan terhadap buaya. Alhasil, hewan tersebut akhirnya ditangkap lalu diikat," ujar Kapolsek, Sabtu (20/4/2024)

Baca Juga: Suami Diseret Buaya Saat Panen Udang, Istri Histeris Susul ke Sungai

2. Buaya sering muncul ke permukaan air

Sering Mangsa Ternak, Warga OKI Tangkap Buaya Besar di SungaiBuaya (commons.wikimedia.org/Leigh Bedford)

Kapolsek mengaku telah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel untuk proses pengambilan buaya. Setelah ditangkap, buaya tersebut akan langsung diserahkan kepada pihak BKSDA.

"Aksi penangkapan buaya didasari atas rasa kekhawatiran warga karena ternaknya yang dimangsa. Buaya ini sering muncul ke permukaan air selama bulan puasa lalu," bebernya.

3. Warga diimbau waspada ada buaya lain

Sering Mangsa Ternak, Warga OKI Tangkap Buaya Besar di Sungaibuaya sebagai salah satu fosil hidup (pixabay.com/miniformat65)

Kapolsek juga mengimbau agar warga tetap waspada dengan kemunculan buaya lain ke permukaan.

"Ya, apabila warga melihat ataupun berhasil menangkap buaya segeralah laporkan ke pihak berwenang, " tutupnya.

Baca Juga: Heboh Buaya Muncul di Perairan Sungai Musi Terekam Kamera Warga

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya