Rafflesia Arnoldi Tumbuh Mekar di Kebun Milik Warga

Pengelola wisata minta lokasi dipasang pagar agar lestari

Empat Lawang, IDN Times - Warga Desa Talang Padang menemukan Bunga Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di perbukitan pematang Sungai Kabu, Kecamatan Paiker, Kabupaten Empat Lawang, Senin (24/10/2022).

Flora endemik Indonesia ini terakhir dilihat oleh warga sudah mekar sempurna, dan sampai saat ini masih tumbuh sejak awal lokasinya ditemukan.

Baca Juga: Ditemukan Awal Juli, Rafflesia Arnoldi di Lahat Mekar Sempurna

1. Bunga Rafflesia ditemukan tumbuh di area perbukitan

Rafflesia Arnoldi Tumbuh Mekar di Kebun Milik WargaTwitter

Ketua Pengelola Wisata Bendungan, Talang Padang, Paiker Arzan Suhari mengatakan, bunga Rafflesia itu ditemukan warga sedang mekar dan tumbuh subur di area perbukitan.

”Bunga yang terbilang langka itu pertama kali ditemukan pegiat wisata di kawasan perkebunan milik Fero, warga Desa Talang Padang. Bunga ini berada di sekitar 4 km dari permukiman,” ujar Arzan.

Baca Juga: Minyak Kedelai dan Bunga Matahari Jadi Alternatif, Harga TBS Anjlok 

2. Masih ada satu lagi berbentuk bonggol

Rafflesia Arnoldi Tumbuh Mekar di Kebun Milik Wargafootprinttravelguides.com

Untuk menuju lokasi bunga Rafflesia, warga harus menempuh tempat menggunakan kendaraan roda dua jenis trail atau ojek kebun sejauh 4 kilometer.

"Bunga ini tidak bisa dipindah-pindah. Kawasan kebun itulah habitatnya. Sebenarnya masih ada satu lagi, masih berbentuk bonggol (bulat) seperti bola karena belum mekar," ungkapnya.

3. Pengelola wisata berharap segera diberi pagar pelindung agar tetap aman

Rafflesia Arnoldi Tumbuh Mekar di Kebun Milik Wargaworldoffloweringplants.com

Pihaknya sudah melaporkan penemuan itu ke pemerintah desa. Mereka berharap bunga itu dijaga dan diberi pagar, supaya tetap tumbuh mekar dan terlihat indah.

"Tetap harus diberi pagar pelindung agar terhindar dari tangan-tangan jahil. Jika memungkinkan, bunga ini bisa menambah daya tarik warga untuk melihatnya," jelasnya.

Baca Juga: Nikmati Bunga Jengger Ayam di Taman Celosia Palembang, Pas Buat Selfie

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya