PSU Lahat Ricuh, Simpatisan Golkar Protes Merasa Dicurangi

Komisioner KPU dan Bawaslu Lahat diamankan dari lokasi ricuh

Intinya Sih...

  • Kericuhan terjadi saat rapat pleno penghitungan suara ulang di KPU Lahat
  • Protes keras simpatisan partai Golkar atas penghitungan ulang yang dilakukan KPU Lahat
  • Komisioner KPU dan Bawaslu Lahat diamankan setelah kericuhan, PSU ditunda sementara

Lahat, IDN Times - Suasana rapat pleno terbuka penghitungan suara ulang (PSU) di kantor KPU Lahat yang berlangsung pada Rabu (19/6/2024) pukul 14.20 WIB diwarnai aksi kericuhan  

Sebelumnya proses berlangsung alot, dimana saksi maupun simpatisan dari partai Golkar Lahat protes keras atas penghitungan ulang yang dilakukan KPU Lahat. Bahkan ada simpatisan yang sampai menerjang meja, akibat merasa dicurangi oleh KPU Lahat.

Baca Juga: Polres Lahat Kerahkan Anggota Jaga PSU di Kantor KPU 

1. Berawal dari nama salah satu caleg yang mendadak muncul

PSU Lahat Ricuh, Simpatisan Golkar Protes Merasa Dicurangiistockphoto

Kericuhan ini terjadi gara-gara diduga suara yang sebelumnya tidak ada di salah satu caleg pada salinan C1, tiba-tiba suaranya muncul ketika Pemungutan Ulang Surat Suara (PUSS). Seperti pada penghitungan kedua, TPS 2, Desa Tanjung Kurung, Kecamatan Tanjung Tebat, Lahat.

Ketika penghitungan, suara dari nomor urut 5, atas nama Andra dari Partai Nasdem, yang dalam salinan C hasil tidak dapat suara, tiba-tiba ketika penghitungan ulang muncul 2 suara.

Hal ini memicu reaksi simpatisan menolak hingga membalikkan meja. Akibat kericuhan itu, PSU jadi ditunda, dan komisioner KPU maupun Bawaslu Lahat dibawa masuk oleh tim pengamanan dari Polres Lahat ke dalam Sekretaris KPU Lahat.

Baca Juga: KPU Sumsel Bakal Gelar PSU di 6 TPS Lahat Sebelum 21 Juni 2024

2. Polisi langsung sigap halau kerusuhan

PSU Lahat Ricuh, Simpatisan Golkar Protes Merasa Dicurangi( Suasana PSU di Kantor KPU Lahat) IDN Times/istimewa

Kasubsi Humas Polres Lahat, Aiptu Lispono mengatakan, tidak sempat terjadi kericuhan besar meskipun ia mengakui ada kejadian seperti itu dan diduga dari simpatisan. 

"Tapi langsung anggota kita halau. Untuk rapat pleno PSU ini kita terjunkan personil pengamanan hingga 300 orang. Sementara penghitungan ulang ditunda sejenak, sambil menunggu keputusan KPU apakah dilanjutkan atau disetop untuk hari ini," ujarnya.

3. KPU tak tunjukan daftar jumlah pemilih di TPS yang PSU

PSU Lahat Ricuh, Simpatisan Golkar Protes Merasa Dicurangiilustrasi pemilu (dok. IDN Times/ Agung Sedana)

Sebelumnya rapat pleno terbuka PSU pemilu calon anggota DPRD Lahat dari Dapil 4 di Sekretariat KPU Kabupaten Lahat, sempat berlangsung tegang.

Hal ini dikarenakan KPU Lahat enggan menunjukkan daftar jumlah pemilih di TPS yang akan dilakukan penghitungan ulang. Namun dalam prosesnya, KPU Lahat menyatakan sikap enggan memenuhi permintaan saksi dari sejumlah partai politik dan Bawaslu Kabupaten Lahat. 

Dimana permintaan tersebut untuk menyandingkan daftar pemilih jumlah pemilih yang hadir ketika pencoblosan dengan jumlah kertas suara sebelum penghitungan ulang dimulai. Dengan maksud, agar penghitungan ulang benar-benar berjalan terbuka. 

4. KPU sebut tidak ada pencocokan daftar pemilih

PSU Lahat Ricuh, Simpatisan Golkar Protes Merasa DicurangiIlustrasi Pemilu. (IDN Times/Mhd Saifullah)

Ketua KPU Lahat, Sarjani didampingi Komisioner KPU Lahat, Divisi Program, Data dan Informasi, Emil Asy'ari mengatakan, pihaknya bukan tidak mau melakukan permintaan saksi untuk menunjukkan daftar hadir pemilih, untuk penghitungan ini dalam prosesnya hanya menyebut lakukan proses penghitungan ulang berdasarkan kertas suara yang diambil dari kotak suaramu.

Tidak menerangkan untuk lakukan penyesuaian daftar pemilih. Prosesnya sama seperti di TPS ketika hari pencoblosan. Hanya saja tidak lakukan proses pencoblosan.

"Artinya tidak ada pencocokan daftar pemilih lagi, tapi langsung menghitung, itu dua proses yang berbeda. Absensi ada di kotak presiden, nanti jumlah DPT tetap ditulis," ungkapnya.

Baca Juga: Pasangan HDCU Akan Deklarasi Jelang Pendaftaran ke KPU Sumsel

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya