Pipa Migas Pertamina Meledak, Puluhan Warga PALI Mengungsi

Pertamina menyanggah adanya ledakan tapi kebocoran biasa

Intinya Sih...

  • Pipa minyak Pertamina di Sumsel dikabarkan meledak pada Sabtu dinihari, mengakibatkan warga setempat mengungsi dan air bersih tercemar.
  • Kades Benuang menyatakan tidak ada korban jiwa, namun puluhan warga diungsikan dan meminta bantuan logistik serta kepastian kondisi aman untuk kembali ke rumah.
  • Kepala DLH Kabupaten PALI menjelaskan bahwa pihak Pertamina sudah menutup lokasi ledakan pipa dan sedang melakukan pembersihan limbah, sementara Head of Comrel & CID Zona 4 Pertamina menyanggah adanya ledakan, hanya kebocoran biasa.

Musi Rawas, IDN Times - Pipa minyak dan gas (Migas) milik PT Pertamina EP Asset 2 Zona 4 Adera Field yang berada di Desa Benuang Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumsel, dikabarkan meledak pada Sabtu (13/1/2023) dini hari.

Akibat kejadian tersebut, warga setempat yang merasa ketakutan hingga akhirnya mengungsi ke tempat aman. Minyak mentah yang berasal dari pipa milik Pertamina Adera yang pecah mengalir dan masuk sumur warga mencemari air bersih yang menjadi sumber penghidupan mereka

Baca Juga: Puluhan Warga Ogan Ilir Keracunan dan Asma Hirup Pipa Gas Bocor

1. Warga diminta tidak berada di lokasi ledakan

Pipa Migas Pertamina Meledak, Puluhan Warga PALI Mengungsi(Pipa Migas milik Pertamina dikabarkan meledak, warga Pali mengungsi) IDN Times/istimewa

Baca Juga: Pipa Pertamina di Ogan Ilir Bocor, Semburan Gas Setinggi 50 Meter

Kades Benuang, Kawaludin mengatakan, tidak ada korban jiwa pada insiden pipa pecah tersebut. Hanya saja, puluhan warganya kini sudah diungsikan.

"Kami sudah memberi imbauan kepada warga agar tidak mendekat lokasi pipa meledak," ujar Benuang.

Ia juga menambahkan, masyarakat yang masih takut kembali ke rumah, juga mengharap ada bantuan logistik dari pihak terkait.

"Warga berharap ada bantuan makanan, dan kepastian kondisi aman untuk kembali ke kediamannya," jelasnya.

2. DLH akan verifikasi lapangan terkait pencemaran limbah

Pipa Migas Pertamina Meledak, Puluhan Warga PALI Mengungsi(Pipa Migas milik Pertamina dikabarkan meledak, warga Pali mengungsi) IDN Times/istimewa

Terkait hal ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten PALI, Bakin menjelaskan, saat ini lokasi ledakan pipa sudah ditutup oleh pihak Pertamina. Namun warga diminta sementara waktu tidak mendekat.

“Pihak Pertamina Adera sudah kami hubung melalui HSE. Sekarang sedang melakukan pembersihan limbah akibat dampak tersebut, dan dalam waktu dekat kami akan melakukan verifikasi lapangan," jelas Bakrin.

3. Pertamina sebut ledakan hoaks, hanya kebocoran biasa

Pipa Migas Pertamina Meledak, Puluhan Warga PALI Mengungsi(Pipa Migas milik Pertamina dikabarkan meledak, warga Pali mengungsi) IDN Times/istimewa

Tuti Dwi Patmayanti selaku Head of Comrel & CID Zona 4, mengungkapkan bahwa informasi adanya ledakan pipa milik Pertamina adalah hoaks. Ia menyanggah bahwa yang terjadi sebenarnya adalah kebocoran saja.

"Tidak benar ada ledakan seperti yang diberitakan, hanya kebocoran saja," ujarnya melalui pesan release resmi Pertamina.

Tuti juga menambahkan bahwa kebocoran tersebut diketahui pada dini hari oleh operator yang bertugas memonitor sumur.

"Kebocoran diketahui pada pukul 00.43 WIB oleh operator yang sedang melakukan kegiatan monitoring sumur," terangnya.

Baca Juga: Warga Desa Remban Muratara Terisolir Usai Banjir Bandang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya