Pintu Air Jebol, 285 KK Warga Muba Diminta Mengungsi ke Asrama Haji

Warga sempat dengar suara dentuman keras pintu air

Intinya Sih...

  • Pintu air jebol di Kelurahan Kayuara, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin karena tingginya luapan air dari aliran Sungai Musi.
  • Banjir nyaris menggenangi permukiman warga di Kelurahan Kayuara dan sebagian wilayah Kecamatan Sekayu.
  • Rumah-rumah warga yang berada di Kelurahan Kayuara terdampak banjir, pihaknya mengimbau bagi warga terdampak untuk mengungsi di Asrama Haji Sekayu.

Musi Banyuasin, IDN Times - Tingginya luapan air dari aliran Sungai Musi membuat pintu air jebol di Kelurahan Kayuara, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Selasa (23/1/2024). 

Banjir nyaris menggenangi permukiman warga di Keluarahan Kayuara dan sebagian wilayah Kecamatan Sekayu. Pemerintah setempat belum bisa berbuat banyak untuk memperbaiki pintu air karena luapan sungai semakin deras.

Baca Juga: Warga Muba Diteror Buaya Muncul di Area Perkebunan Saat Banjir

1. Air sudah setinggi 3 meter

Pintu Air Jebol, 285 KK Warga Muba Diminta Mengungsi ke Asrama Haji(Kondisi pintu air yang jebol di Kelurahan Kayuara Kecamatan Sekayu) IDN Times/istimewa

Lurah Kayuara, Nur Fajri, mengatakan jebolnya pintu air tersebut setelah debit air alirsn Sungai Musi terus mengalami kenaikan. Pintu air jebol karena tidak kuat menahan debit air.

"Pintu air tersebut tingginya sekitar 3 meter, dan sekarang air sungai sudah melebihi atasnya. Jadi pintu air tersebut tidak kuat menahan bendungan air," ujar Fajri, Selasa (23/1/2024).

Baca Juga: PPK dan PPS Diduga Tak Netral, Ratusan Massa Geruduk Bawaslu Muba

2. Warga terdampak diminta mengungsi ke asrama haji

Pintu Air Jebol, 285 KK Warga Muba Diminta Mengungsi ke Asrama HajiIlustrasi banjir (IDN Times/Esti Suryani)

Ia menambahkan, rumah-rumah warga yang berada di Kelurahan Kayuara terdampak banjir. 

"Memang sebelumnya sudah banjir dan tidak terlalu dalam, karena pintu air ini jebol sehingga ketinggian banjir pada rumah-rumah warga jadi naik," ungkapnya.

Pihaknya mengimbau bagi warga Kelurahan Kayuara yang rumahnya terdampak banjir bisa mengungsi di Asrama Haji Sekayu.

"Kita mengimbau bagi warga terdampak jika ingin mengungsi Pemkab Muba telah membuka posko banjir di Asrama Haji Sekayu," imbaunya.

3. Warga sempat dengar suara dentuman keras

Pintu Air Jebol, 285 KK Warga Muba Diminta Mengungsi ke Asrama HajiIlustrasi banjir (IDN Times/Nathan Manaloe)

Ketua RT 01, Subhan, mengatakan pihaknya mendapat laporan sebelum pintu air tersebut jebol warganya mendengar dentuman cukup keras. Setelah dicek ternyata pintu air jebol karena air Sungai Musi sudah cukup tinggi. 

"Kejadiannya sekitar dua hari yang lalu. Warga mendengar bunyi dentuman. Kalau seluruh warga RT 01 RW 01 Kelurahan Kayuara ada 285 KK yang terdampak banjir kurang lebih sekitar 80 persen," ujarnya.

Baca Juga: Banjir Terus Meninggi, Jalinteng Muba-Lubuk Linggau Ditutup Sementara

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya