Petugas Damkar OKU Gugur Usai Tertimpa Reruntuhan Saat Padamkan Api

Korban tetap datang padamkan api meskipun sedang off kerja

Ogan Komering Ulu, IDN Times - Seorang petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten OKU, Sumsel, bernama Dio Suhjaryadi (34), gugur saat bertugas memadamkan rumah yang kebakaran, Kamis (30/11/2023). 

Sebelum meninggal dunia, petugas Damkar OKU tersebut sempat dirawat intensif di ruang ICU RSUD dr Ibnu Sutotwo selama 9 jam. Namun pada Jumat (1/12/2023) pukul 06.00 WIB, korban dinyatakan meninggal dunia.

Baca Juga: Kasus Kelamin Bocah Terpotong, Dinkes Lahat Klaim Berupaya Mediasi

1. Dua petugas Damkar jadi korban dan dibawa ke RS

Petugas Damkar OKU Gugur Usai Tertimpa Reruntuhan Saat Padamkan Api(Kebakaran hebat yang terjadi di Baturaja Kabupaten OKU) IDN Times/istimewa

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Aminilson, saat dikonfirmasi mengatakan, kebakaran terjadi di rumah permanen berlantai 2 milik Zamri (56) pensiunan Kantor Pos Baturaja (BUMN) Jalan Kolonel Wahab Sarobu, Lorong Seri RT 02 Dusun 03 Desa Air Paoh Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU, Kamis (30/11/2023) malam.

"Saat terjadi kebakaran sebenarnya Kota Baturaja sedang diguyur hujan lebat. Saat itu datang 5 unit mobil damkar yang terdiri dari 2 mobil tangki suplai dan 3 mobil tembak yang langsung berjibaku memadamkan api," ujarnya.

Namun saat petugas Damkar memdamkan api, dua petugas damkar bernama Dio Suhjaryadi (35) dan Erwin (25) terjatuh dan tertimpa resplang yang sudah terbakar. Kedua korban langsung dilarikan ke RS Dr. Ibnu Sutowo untuk diberikan pertolongan.

"Sekitar pukul 21.10 WIB api berhasil dipadamkan namun petugas tetap melakukan pendinginan terhadap bangunan yang terbakar," ungkapnya.

2. Korban tak sadarkan diri karena tertimpa reruntuhan

Petugas Damkar OKU Gugur Usai Tertimpa Reruntuhan Saat Padamkan ApiIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Korban Dio gugur usai menjalani perawatan, sedangkan korban Erwin berhasil selamat dan dalam kondisi sadar di rumah sakit.

Ia menambahkan, korban Dio saat hari itu sedang libur kerja. Namun karena panggilan jiwa, korban datang dan langsung bergabung dengan temannya-temannya. 

"Saat kejadian di tengah hujan lebat dan kobaran, Dio berjibaku memadamkan api, saat itulah resplang yang sudah terbakar runtuh dan menimpa kepala Dio. Korban mengalami luka di bagian kepala dan sempat tak sadarkan diri saat dibawa ke rumah sakit," ujarnya.

3. Pj Bupati jamin berikan hak korban termasuk asuransi

Petugas Damkar OKU Gugur Usai Tertimpa Reruntuhan Saat Padamkan Api(Petugas Damkar OKU, Dio Suharyadi yang gugur saat bertugas) IDN Times/istimewa

Pj Bupati OKU, Teddy Meilwansyah, langsung melayat ke rumah duka dan menyebutkan jika selama ini Dio memang terkenal gagah berani. Korban langsung memimpin di garis depan saat terjadi kebakaran.

"Turut berduka cita yang mendalam, almarhum gugur saat menjalani tugas. Kita pastikan semua hak-hak Dio akan diberikan termasuk asuransi," ungkapnya.

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya