Perairan di Bawah Jembatan P.6 Lalan Kini Sudah Bisa Dilalui Kapal

Pengemudi dan nahkoda tetap diimbau berhati-hati

Intinya Sih...

  • Jalur sungai Jembatan P.6 Lalan Kabupaten Musi Banyuasin kembali dibuka setelah ditutup akibat puing-puing bangunan jembatan yang roboh.
  • Kantor KSOP Palembang memastikan kapal-kapal sudah bisa beroperasi normal, namun nakhoda kapal dan serang speed boat tetap diimbau untuk berhati-hati saat melewati jalur tersebut.
  • Dibukanya kembali jalur sungai tersebut memberikan dampak positif terhadap roda perekonomian masyarakat, namun warga juga berharap agar jembatan Lalan yang putus segera diperbaiki oleh pemerintah.

Musi Banyuasin, IDN Times - Sempat ditutup karena puing-puing bangunan jembatan yang roboh akibat dihantam tongkang, kini jalur sungai Jembatan P.6 Lalan Kabupaten Musi Banyuasin sudah bisa dilalui kapal.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Palembang sendiri memastikan kapal-kapal yang biasa melintas di jalur sungai tersebut untuk kembali beroperasi dan tetap hati-hati.

1. Jalur sungai sudah dibersihkan dari puing reruntuhan

Perairan di Bawah Jembatan P.6 Lalan Kini Sudah Bisa Dilalui KapalJembatan penghubung kecamatan Lalan yang roboh usai ditabrak tongkang batubara beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Kepala KSOP Palembang, Laksamana Pertama TNI Idham Faca mengatakan, jalur sungai yang sempat ditutup akibat puing-puing dari Jembatan P.6 Lalan di Kecamatan Lalan yang roboh sudah dibersihkan dan mulai kemarin Rabu (11/9/2024) kapal sudah normal lewat di jalur tersebut.

"Kemarin kita sudah buka jalur sungai yang sempat ditutup akibat puing-puing dari Jembatan P.6 Lalan di Kecamatan Lalan yang roboh, sekarang ini aktivitas masyarakat di jalur tersebut sudah normal," ujarnya Kamis (12/9/2024).

2. Tetap kedepankan keselamatan

Perairan di Bawah Jembatan P.6 Lalan Kini Sudah Bisa Dilalui KapalTugboat Madelin Spirit dan Paris 22 usai menabrak tiang jembatan Lalan beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Ia juga mengimbau kepada nakhoda kapal dan serang speed boat yang melewati jalur sungai Musi terutama di jembatan Lalan selalu untuk berhati-hati dan kedepankan keselamatan.

"Saya juga mengimbau untuk nakhoda kapal dan serang speed boat agar selalu berhati-hati terutama saat melewati jembatan Lalan," ungkapnya.

3. Masyarakat bergantung pada lalulintas jalur sungai

Perairan di Bawah Jembatan P.6 Lalan Kini Sudah Bisa Dilalui Kapal(Kondisi jembatan P.6 Lalan yang ambruk) IDN Times/istimewa

Sementara itu, Farid salah satu warga Lalan mengatakan, dengan dibuka kembali jalur sungai tersebut roda perekonomian masyarakat berangsur berputar sebab semua jalur sungai tersebut jantung perekonomian masyarakat.

"Dengan kapal bisa lewat lagi di jalur itu jadi kami tak perlu jauh mutar dan lebih memudahkan masyarakat untuk menjual hasil panen," ungkapnya.

Farid berharap selain jalur Sungai yang dibuka pemerintah juga secepatnya melakukan perbaikan terhadap jembatan Lalan yang putus.

"Kami juga berharap pemerintah segera memperbaiki jembatan Lalan yang putus untuk kami lalui jalur darat," tutupnya.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya