Pemudik Tewas Keracunan AC Mobil di Tol Indralaya-Prabumulih Sumsel

1 korban tewas dan 7 orang kejang-kejang keracunan AC mobil

Intinya Sih...

  • Keluarga dari Kota Pagar Alam mengalami keracunan AC mobil saat mudik ke Bandung
  • Satu korban meninggal dunia, tujuh orang lainnya kejang-kejang dan tidak sadarkan diri
  • Petugas patroli membuka paksa kaca mobil untuk menyelamatkan pengguna jalan yang diduga terkena keracunan AC mobil

Ogan Ilir, IDN Times - Insiden mengejutkan menimpa satu keluarga dari Kota Pagar Alam, Sumatra Selatan (Sumsel), saat hendak mudik ke Bandung, Jawa Barat (Jabar). Mobil yang berisikan delapan orang tersebut mengalami keracunan AC mobil saat melintas di Jalan Tol Indralaya-Prabumulih, Minggu (24/3/2024).

Satu korban dinyatakan meninggal dunia atas nama Adek Dewiti (65) warga Kota Pagar Alam. Sementara korban lainnya yang selamat yakni Iwan (35) warga Kabupaten Bandung Barat, Syaifullah (35) warga Kabupaten Bandung Barat, Iis Nurhayati (26) warga Kabupaten Lahat.

Kemudian Kanaya Sakira Azizah (3),l dan Dudu Kusnadi (68) warga Kota Pagar Alam, Aji Surya (50) warga Kabupaten Cianjur, dan Hadis (20) warga Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga: Sosok Aiptu FN Penembak Debt Collector Pernah Jabat Kanit Reskrim

1. Mobil sempat menepi karena ada anak kecil kejang

Pemudik Tewas Keracunan AC Mobil di Tol Indralaya-Prabumulih Sumsel(Pemudik yang keracunan AC mobil di tol Indralaya-Prabumulih) IDN Times/istimewa

Kasat Reskrim Polres Ogan Ilir, AKP Muhammad Ilham, menerangkan peristiwa keracunan AC mobil yang menimpa satu keluarga terjadi sekitar pukul 08.07 WIB di Jalan Tol Indralaya-Prabumulih KM 33 yang masuk wilayah Kabupaten Ogan Ilir.

Sekitar pukul 08.07 WIB bertempat di Jalan Tol Indralaya-Prabumulih, mobil Daihatsu Xenia dengan plat nomor kendaraan BG 1634 MJ berhenti di KM 33+000 B.

"Berdasarkan keterangan korban Syaifullah, sekitar pukul 04.49 WIB mereka masuk Gerbang Tol Prabumulih dari Pagaralam. Kemudian mobil menepi di bahu Jalan Tol Indralaya-Prabumulih, dikarenakan anaknya mengalami kejang-kejang," ujarnya.

Baca Juga: Tarif Tol Palindra Naik Jadi Rp27 Ribu, Cek Golongan Lainnya

2. Korban selamat dirawat di RS Ar Royan Indralaya

Pemudik Tewas Keracunan AC Mobil di Tol Indralaya-Prabumulih Sumsel(Pemudik yang keracunan AC mobil di tol Indralaya-Prabumulih) IDN Times/istimewa

Mendapatkan informasi bahwa ada mobil yang parkir di bahu jalan tol, petugas Senkom lalu menuju lokasi dan mendapati mobil tersebut.

Setelah dicek oleh petugas, kondisi pengguna mobil Daihatsu Xenia berjumlah enam orang dewasa, satu orang pemuda, dan satu anak kecil dalam keadaan kejang dan tidak sadarkan diri.

"Kemudian petugas patroli membuka paksa kaca mobil lalu diduga pengguna jalan tol keracunan AC mobil yang ditumpanginya. Dalam kejadian ini, terdapat satu korban meninggal dunia dan tujuh masih dalam penanganan yang sudah dilarikan ke Rumah Sakit Ar Royan Indralaya," jelasnya.

3. Petugas patroli membuka paksa kaca jendela mobil

Branch Manager Ruas Tol Indralaya-Prabumulih, Syamsul Rijal, mengungkapkan berdasarkan hasil investigasi lapangan, kendaraan masuk dari GT Prabumulih menuju GT Palembang pukul 04.49 WIB.

"Sesampainya di lokasi kejadian, kendaraan berhenti di bahu jalan. Setelah dilakukan pengecekan oleh petugas, diduga pengguna jalan mengalami keracunan dengan kondisi tidak sadarkan diri dan kejang-kejang," ungkapnya.

Akhirnya dengan cepat petugas patroli melakukan pembukaan paksa kaca mobil untuk menyelamatkan pengguna jalan. Walau cukup mempengaruhi lalu lintas, namun pihaknya telah melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas dan lokasi kejadian kembali normal pada pukul 09.18 WIB.

"Kejadian ini telah ditangani oleh Hutama Karya selaku pengelola Tol Indralaya-Prabumulih dan diserahkan ke Polres Ogan Ilir," ungkapnya.

Baca Juga: Likuran, Tradisi Warga Palembang di 10 Hari Terakhir Ramadan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya