Muba Gelar PSU, Warga Konsisten Tak Mengubah Pilihan

Pemilihan ulang digelar karena 1 orang mencoblos di dua TPS

Intinya Sih...

  • Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 05 Desa Muara Teladan Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin digelar karena seorang warga mencoblos di dua TPS.
  • Sebanyak 275 warga dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) kembali menggunakan hak pilih di TPS tersebut dengan antusias dan lancar.
  • Rekomendasi PSU didasari oleh adanya pencoblosan dua kali oleh seorang warga yang mendapatkan dua undangan, sehingga PSU akan digelar untuk 5 surat suara.

Musi Banyuasin, IDN Times - Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 05 Desa Muara Teladan Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), berlangsung hari ini, Rabu (21/2/2014). Sebanyak 275 warga dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) kembali menggunakan hak pilih di TPS tersebut.

Pantauan di lapangan, TPS berada di halaman rumah warga yang cukup luas dengan seluruh logistik pemilu. Warga pun dengan antusias mengantre untuk menunggu giliran mencoblos di tiga bilik yang disediakan panitia.

Baca Juga: KPU Sumsel Benarkan Ada Indikasi Pencoblosan Lebih dari 1 TPS

1. Warga sengaja libur bekerja untuk kembali mencoblos

Muba Gelar PSU, Warga Konsisten Tak Mengubah Pilihan(Warga di Desa Muara Teladan Kecamatan Sekayu saat mengikuti PSU di TPS 05) IDN Times/Yuliani

Seorang warga, Basri, mengaku sengaja datang ke TPS untuk kedua kalinya setelah mengetahui adanya PSU ini lewat perangkat desa setempat.

"Kami sudah dijelaskan alasannya kenapa, dan kami berharap kali ini berjalan lancar tanpa kendala. Sengaja libur dulu bertani untuk datang mencoblos," ujarnya.

Saat ditanya apakah PSU kali ini membuat pilihannya berubah, Basri mengaku tetap konsisten dengan pilihan awal. Jadi tidak ada yang berubah kendati dirinya sudah mengetahui siapa yang unggul saat ini.

"Tetap nyoblos pilihan awal, warga yang lainnya juga. Jadi tetap pada pendirian semula," ucapnya singkat.

Baca Juga: Ratusan Massa Geruduk KPU Muba, Minta Penghitungan Ulang di 7 Dapil

2. PSU di Muba digelar untuk lima surat suara

Muba Gelar PSU, Warga Konsisten Tak Mengubah Pilihan(Warga di Desa Muara Teladan Kecamatan Sekayu saat mengikuti PSU di TPS 05) IDN Times/Yuliani

Ketua Panwascam Sekayu, Irwan mengatakan, rekomendasi PSU didasari TPS tersebut telah terjadi pencoblosan dua kali. Seorang warga mendapatkan dua undangan. 

"Jadi yang bersangkutan atas nama Riza Pahlevi mencoblos di TPS 05, namun sebenarnya DPT-nya ada di TPS 014," ujarnya.

Sedangkan untuk di TPS 05, ada juga nama yang sama. Pada saat Riza Pahlevi mau mencoblos, ia tidak bisa menggunakan hak pilihnya karena sudah dipakai oleh Riza Pahlevi yang lain. 

"Jadi pengawas TPS kami menyampaikan telah terjadi pencoblosan di dua tempat oleh satu orang. Maka PSU akan digelar untuk 5 surat suara," jelasnya.

3. Warga yang mencoblos di dua tempat kembali gunakan hak pilih

Muba Gelar PSU, Warga Konsisten Tak Mengubah Pilihan(Warga di Desa Muara Teladan Kecamatan Sekayu saat mengikuti PSU di TPS 05) IDN Times/Yuliani

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sekayu, Kurnia Astuti, menjelaskan PSU kali ini berjalan lancar dan warga cukup antusias.

"Jadi warga yang memiliki nama hampir sama itu sudah clear, dan yang bersangkutan mencoblos di TPS 05 ini," ucapnya.

Baca Juga: Indikasi Pemilu Curang, Warga 3 Desa Muratara Blokir Jalinsum

Topik:

Berita Terkini Lainnya