Mobil Kijang Berisi Jerigen BBM Terbakar di SPBU Muara Enim

Api cepat dipadamkan dengan APAR, tapi sopir langsung kabur

Intinya Sih...

  • Mobil Toyota Kijang terbakar di SPBU Muara Enim, Sumsel
  • Tim pemadam kebakaran dan BPBD berhasil padamkan api dalam 15 menit
  • Kasat Reskrim AKP Darmanson menyebut dugaan sementara penyebab kebakaran adalah korsleting pada mesin mobil

Muara Enim, IDN Times - Sebuah mobil Toyota Kijang berwarna biru dengan nomor polisi BG 1704 D terbakar di SPBU 24.313.88 Simpang Kepur, Kecamatan Muara Enim, Sumsel, Selasa (23/4/2024) pagi.

Tim pemadam kebakaran beserta BPBD berusaha memadamkan api, sementara warga tampak menjauhkan kendaraan dari tempat kejadian karena khawatir api merambat ke kendaraan lain atau tangki penampungan minyak.

Baca Juga: Mes Karyawan Terbakar, Manajer SPBU di Lubuk Linggau Terpanggang

1. Tidak ada ledakan namun tiba-tiba api membesar

Mobil Kijang Berisi Jerigen BBM Terbakar di SPBU Muara Enim(Mobil Kijang berisi jerigen BBM terbakar di SPBU Muara Enim) IDN Times/istimewa

Salah satu petugas di SPBU Kepur, Putra, mengatakan bahwa kejadian berlangsung saat dirinya sedang melayani pelanggan pom bensin. Saat itu ia mencoba memadamkan api dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), namun usahanya tidak berhasil karena api sudah terlalu besar.

"Saya coba padamkan menggunakan APAR, tapi tidak bisa padam," jelasnya.

Dirinya juga tidak melihat langsung sumber api. Namun kondisi mobil saat itu sudah terbakar.

"Kalau ledakan tidak terdengar, tapi api langsung membesar, jadi saya langsung berusaha memadamkan api pakai pemadam," ujarnya. 

Baca Juga: Sindikat Penjual Solar Subsidi di OKU Selatan Libatkan Pegawai SPBU

2. Dua unit mobil damkar langsung menuju TKP

Mobil Kijang Berisi Jerigen BBM Terbakar di SPBU Muara Enim(Mobil Kijang berisi jerigen BBM terbakar di SPBU Muara Enim) IDN Times/istimewa

Koordinator Pranata Pemadam Kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Muara Enim, M. Riswan, mengatakan bahwa pihaknya menerima informasi tentang kebakaran ini dari masyarakat yang datang ke kantor sekitar pukul 09.55 WIB.

Mereka segera mengirim dua unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit dari BPBD Muara Enim ke lokasi. Api berhasil dijinakkan dalam waktu 15 menit. Sementara terkait penyebab kebakaran belum dapat dipastikan hingga saat ini.

"Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB, namun saat itu api sudah membesar," ungkapnya.

3. Polisi masih selidiki apakah ada unsur pidana

Mobil Kijang Berisi Jerigen BBM Terbakar di SPBU Muara EnimIlustrasi kecelakaan mobil. (IDN Times/Aditya Pratama)

Kasat Reskrim AKP Darmanson saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa kebakaran tersebut. Pihaknya sedang memeriksa identitas pemilik mobil di Samsat, termasuk siapa yang mengendarai mobil tersebut saat kejadian.

"Masih dalam tahap penyelidikan dan identifikasi. Karena jarak antara mobil yang terbakar dan pompa bahan bakar sekitar 100 meter, pantauan dari CCTV tidak terlihat jelas," ungkapnya.

Hasil sementara, penyidik menemukan beberapa jerigen di dalam mobil. Dimana dua jerigen terbakar habis, sementara satu jerigen masih utuh.

"Itu masih kita selidiki apakah jerigen ini digunakan untuk mengangkut (BBM) atau bisa jadi digunakan untuk hal lain yang kebetulan dibawa saat Ia mengisi bahan bakar," bebernya.

AKP Darmanson menambahkan, dugaan sementara penyebab kebakaran adalah korsleting pada mesin mobil. Sejauh ini pihaknya masih belum bisa menyimpulkan apakah ada unsur pidana atau tidak.

"Indikasinya arus pendek dari mesin, dan sopir dalam pencarian. Untuk barang bukti yang diamankan 3 unit apar dan jerigen berisi BBM" tutupnya.

Baca Juga: Motor Korsleting Usai Isi BBM Membakar SPBU di Musi Rawas

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya