KAI Kembalikan Tiket Penumpang 100 Persen Akibat Crane Flyover Ambruk

Perjalanan Lubuk Linggau-Kertapati dan sebaliknya dibatalkan

Intinya Sih...

  • Permohonan maaf KAI atas pembatalan perjalanan KA Sindang Marga Kertapati-Lubuk Linggau akibat evakuasi sarana dan prasarana di jalur KA Gunung Megang-Penanggiran.
  • Girder jembatan Fly over Bantaian ambruk, menyebabkan jalur KA terputus. Penumpang diberikan pengembalian tiket 100% dan penumpang KA Bukit Serelo dilakukan overstapen.
  • Penumpang yang terdampak diminta untuk menghubungi Customer Service KAI melalui telepon, WhatsApp, email, atau media sosial untuk informasi lebih lanjut.

Muara Enim, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang menyampaikan permohonan maaf kepada penumpang yang terlanjur memesan tiket perjalanan KA Sindang Marga relasi Kertapati- Lubuk Linggau dan sebaliknya. 

Perjalanan kereta api dibatalkan karena proses evakuasi sarana dan prasarana di petak jalur KA Gunung Megang-Penanggiran, dampak dari robohnya girder proyek flyover Bantaian di Kabupaten Muara Enim hingga menewaskan dua orang pekerja.

Baca Juga: Girder Flyover di Muara Enim Ambruk karena Miskomunikasi Operator

1. Pengembalian tiket penumpang hingga 7 hari ke depan

KAI Kembalikan Tiket Penumpang 100 Persen Akibat Crane Flyover AmbrukPembangunan proyek Fly over di Muara Enim roboh menimpa KA Babaranjang yang melintas (Dok: istimewa)

Peristiwa jatuhanya crane pembangunan jembatan flyover Bantaian di Desa Panang Jaya, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim, terjadi saat pemasangan sambungan beton girder. Jatuhnya crane menimpa kereta batu bara rangkaian panjang (Babaranjang) saat melintas.

Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan, calon pelanggan KA Sindang Marga yang mengalami dampak gangguan operasional telah diberitahukan melalui WhatsApp. 

"Bagi penumpang yang memiliki tiket diberikan pengembalian 100 persen, bisa diambil di stasiun keberangkatan Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, dan Lubuk Linggau, sampai tujuh hari ke depan," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (7/3/2024) malam.

Baca Juga: 2 Pekerja Flyover yang Roboh di Muara Enim Meninggal Dunia

2. Tercatat sudah 687 penumpang yang beli tiket

KAI Kembalikan Tiket Penumpang 100 Persen Akibat Crane Flyover AmbrukIlustrasi melihat pemandangan dari kereta Whoosh (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Aida menyebutkan para calon pelanggan yang mengalami dampak gangguan operasional ini telah diberitahukan perubahan pola operasi. Hingga sore kemarin berdasarkan data pukul 17.00 WIB, tercatat sebanyak total 687 penumpang KA Sindang Marga yang telah memiliki tiket.

"Sedangkan untuk penumpang KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau dan sebaliknya pada siang hari ini telah dipindahkan," jelasnya.

3. Calon penumpang bisa langsung hubungi kontak customer service

KAI Kembalikan Tiket Penumpang 100 Persen Akibat Crane Flyover AmbrukPT Kereta Api Indonesia (Persero) melayani penjualan tiket kereta api pada masa Angkutan Lebaran 1445 H (Dok. Humas KAI Sumut)

Terkait informasi lebih lanjut seputar perjalanan KA, ia menyarankan dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

"Kepedulian dan koordinasi antara pihak terkait, termasuk KAI dan otoritas terkait, sangatlah penting dalam menangani situasi darurat seperti ini. Semua upaya harus dilakukan untuk memulihkan keadaan secepat mungkin, sambil tetap memperhatikan keselamatan sebagai prioritas utama," tutupnya.

Baca Juga: Kereta Babaranjang di Muara Enim Tertimpa Besi Flyover Roboh

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya