Jasad Bayi Ditemukan di Bekas Sumur, Polisi Amankan Orangtua Kandung

Warga melihat pelaku meringkuk di sumur hendak melahirkan

Intinya Sih...

  • Penemuan jasad bayi di sumur hebohkan warga di Lubuk Linggau, Sumatra Selatan.
  • Bayi tersebut dibuang oleh orangtua kandungnya dan ditemukan oleh tetangga yang mendengar suara aneh dari sumur.
  • Kedua orangtua bayi telah diamankan untuk proses penyelidikan lebih lanjut oleh Polres Lubuk Linggau.

Lubuk Linggau, IDN Times - Warga Kelurahan Taba Lestari, Kecamatan Lubuk Linggau Timur I, Kota Lubuk Linggau, Sumatra Selatan (Sumsel), dihebohkan dengan penemuan jasad bayi di bekas sumur tak jauh dari permukiman rumah.

Mayat bayi terbungkus kain telah ditemukan pada Jumat (15/3/2024) kemarin. Belakangan diketahui bayi malang tersebut dibuang oleh orangtua kandungnya.

Baca Juga: Bayi 1,5 Tahun Ditemukan Tewas dengan Luka Memar

1. Warga dengar suara berisik di dekat sumur dan temukan pelaku

Jasad Bayi Ditemukan di Bekas Sumur, Polisi Amankan Orangtua Kandung(Warga Lubuk Linggau saat temukan jasad bayi di dalam bekas sumur) IDN Times/istimewa

Ketua RT 07 Kelurahan Taba Lestari, Ian Alamsyah, mengatakan salah satu warganya bernama Johan mendengar suara aneh dari jurang dekat sumur tak jauh dari rumahnya.

"Awalnya Johan mendengar suara kresek-kresek dari arah sumur di jurang dekat rumahnya. Lalu tiga hari lalu mesin air milik Johan hilang dicuri dekat sumur itu, karena penasaran Johan berjalan melihat ke arah sumur. Ternyata dari kejauhan melihat seseorang dengan posisi meringkuk," ujarnya, Minggu (17/3/2023).

Karena khawatir pencuri, akhirnya Johan turun untuk melihat. Bukannya melihat orang hendak mencuri, namun tetangganya bernama Ira Nirwana meringkuk diduga menahan sakit hendak melahirkan.

"Johan langsung memanggil ibunya Ira Nirwana untuk datang. Saat mereka tiba ternyata Ira sudah tidak ada lagi, sudah pergi melarikan diri. Namun di lokasi dekat sumur itu ditemukan ceceran darah dan celana dalam penuh bercak darah," jelasnya.

Baca Juga: Malu Melahirkan Usai 2 Bulan Menikah, Ibu Muda Buang Bayinya

2. Kakek pelaku masuk sumur cari bayi

Jasad Bayi Ditemukan di Bekas Sumur, Polisi Amankan Orangtua Kandung(Warga Lubuk Linggau saat temukan jasad bayi di dalam bekas sumur) IDN Times/istimewa

Kecurigaan ibu Ira bertambah karena selama ini anaknya diketahui sedang hamil besar. Apalagi saat itu orangtua Ira melihat celana dalam sudah ada ceceran darah. Warga yang penasaran mendesak Hasan, kakek Ira, untuk turun melihat ke dalam sumur.

"Kedalaman sumur itu hanya 1 meter, kemudian kakeknya turun mencari dengan kakinya. Awalnya tidak menemukan apa-apa, tapi warga yang masih penasaran memintanya untuk menyelam," ungkapnya.

3. Warga sempat melihat tubuh bayi bergerak

Jasad Bayi Ditemukan di Bekas Sumur, Polisi Amankan Orangtua Kandung(Warga Lubuk Linggau saat temukan jasad bayi di dalam bekas sumur) IDN Times/istimewa

Setelah diselami ternyata ditemukan bayi terbungkus kain berjenis kelaminnya laki-laki. Setelah mereka buka bungkusan itu, warga melihat gerakan dari tubuh bayi, warga pun langsung meminta Ledi Muksin, ayah sang bayi, yang kebetulan ada di lokasi untuk membawanya ke rumah sakit Siti Aisyah.

"Setiba di rumah sakit nyawanya sudah tidak ada lagi, atau sudah meninggal dunia," ungkap Ketua RT.

4. Kedua orangtua bayi diamankan untuk penyelidikan

Jasad Bayi Ditemukan di Bekas Sumur, Polisi Amankan Orangtua Kandung(Polres Lubuk Linggau saat melakukan olah TKP penembakan bayi di bekas sumur) IDN Times/istimewa

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Lubuk Linggau, AKP Hendrawan, mengatakan saat ini kedua pelaku atau orangtua bayi sudah diamankan di Polres Lubuk Linggau. Tujuan kedua orangtua bayi itu diamankan di Polres Lubuk Linggau untuk mempermudah proses penyelidikan lebih lanjut.

"Saat ini sudah ditangani unit PPA. Belum diketahui motif pelaku membuang bayinya dalam sumur, karena statusnya baru diamankan dan baru dimintai keterangan lebih lanjut," ucapnya.

5. Polisi langsung lakukan olah TKP dan periksa saksi

Jasad Bayi Ditemukan di Bekas Sumur, Polisi Amankan Orangtua Kandungilustrasi garis polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Lanjutnya, saksi yang menemukan bayi itu adalah keluarga dari korban sendiri dan kemudian baru dilaporkan ke Polres Lubuk Linggau.

"Setelah penemuan itu kita langsung melakukan olah TKP. Kita akan melakukan pemanggilan saksi juga, untuk hasilnya setelah selesai akan kita lakukan pers rilis," tutupnya.

Baca Juga: Bayi yang Dibuang di Trotoar Jalan Diadopsi Pasangan Polisi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya