Jalan Tol Betung Sp. Sekayu Terkendala Pembebasan Lahan

Proyek jalan tol Betung-Tempino-Jambi baru 70 persen

Intinya Sih...

  • Progres pembangunan Tol Ruas Betung (Sp.Sekayu) - Tempino - Jambi di Kabupaten Musi Banyuasin (Muna) khusus seksi 3 ditargetkan selesai Juni 2024.
  • Pj Bupati Muba, Apriyadi, melaporkan progres fisik sudah 60-70 persen dan menyerahkan laporan progres kepada Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni.
  • Terkait surat dari Kementerian PU untuk permohonan penetapan lokasi (Penlok), Pj Gubernur Sumsel meminta Muba segera bersurat kepada pejabat terkait agar pembangunan tersebut dilanjutkan.

Musi Banyuasin, IDN Times - Progres pembangunan jalan Tol Ruas Betung (Sp.Sekayu) - Tempino - Jambi yang berada di Kabupaten Musi Banyuasin (Muna) khusus seksi 3, ditargetkan selesai pada Juni 2024 mendatang. Kendati demikian, proses pelepasan lahan belum mencapai 100 persen.

Hal ini diungkapkan Pj Bupati Muba, Apriyadi, saat menyerahkan laporan progres pembangunan ruas tol kepada Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, di Griya Agung Palembang, Selasa (19/3/2024).

Baca Juga: Jalan Tol Terbanggi-Kayu Agung Diperbaiki, Akhir Maret Selesai

1. Progres fisik baru selesai 70 persen

Jalan Tol Betung Sp. Sekayu Terkendala Pembebasan Lahan(Pj Bupati Muba, Apriyadi saat menyerahkan laporan progres pembangunan ruas tol kepada Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni di Griya Agung Palembang, Selasa (19/3/2024).) IDN Times/istimewa

Apriyadi mengungkapkan jika saat ini progres fisiknya sudah 60-70 persen. Terkait surat dari Kementerian PU untuk permohonan penetapan lokasi (Penlok) kepada Pemprov Sumsel akan segera berakhir 6 April mendatang.

"Kalau ada persoalan di lapangan, kami juga segera melapor ke Pj Gubernur Sumsel agar bisa teratasi dengan baik," ujarnya.

Sebelumnya, Apriyadi sudah memberikan warning kepada seluruh pihak terkait soal pembangunan jalan Tol Ruas Betung yang berada di Kabupaten Muba. 

"Saya sudah minta kepada semua pihak terkait untuk melakukan percepatan pembangunan jalan tol sesuai dengan tupoksi masing-masing. Termasuk jika ada hambatan segera koordinasikan, khususnya pihak BPN terkait pengadaan tanah," tegasnya.

Baca Juga: Tarif Tol Palindra Naik Jadi Rp27 Ribu, Cek Golongan Lainnya

2. Pj Gubernur minta batas April nanti

Jalan Tol Betung Sp. Sekayu Terkendala Pembebasan Lahan(Pj Bupati Muba, Apriyadi saat menyerahkan laporan progres pembangunan ruas tol kepada Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni di Griya Agung Palembang, Selasa (19/3/2024).) IDN Times/istimewa

Terkait administrasi penetapan lokasi, Fatoni meminta Muba segera bersurat kepada pejabat terkait agar pembangunan tersebut segera dilanjutkan. 

“Dalam surat tersebut mungkin perlu disebutkan batas April, kalau tidak diputuskan itu harus diulang kembali,” ungkapnya.

3. Fatoni minta audiensi dengan beberapa kementerian

Jalan Tol Betung Sp. Sekayu Terkendala Pembebasan Lahan(Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni) IDN Times/istimewa

Dirinya juga minta agar segera dibuatkan surat tembusan kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN). Juga kepada Kepala Sekretariat Presiden (KSP) dan Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk audiensi membahas proses pembangunan tol tersebut. 

“Kita juga siapkan audiensi ke Pak Menteri, minimal Pak Dirjen. Dibuatkan saja suratnya ke Pak Menteri terkait pembangunan jalan tol yang sampai sekarang belum berjalan. Memang harus serius ini, kalau bisa minggu ini atau minggu depan kita segera audiensi,” tutupnya.

Baca Juga: Antisipasi Kepadatan Nataru, Tol Kapal Betung Dibuka dengan Syarat

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya