Indahnya Rafflesia Hasseltii, Bunga Langka Ini Mekar Lagi di Mura

Akan jadi ikonic Musi Rawas karena sudah 2 kali tumbuh

Intinya Sih...

  • Bunga Rafflesia Hasseltii tumbuh kedua kalinya di Taman Nasional Kerinci Sebelat, Musi Rawas, Sumatra Selatan
  • Kepala TNKS menyatakan bunga tersebut ditemukan mekar pada 9 Maret 2024 oleh tim petugas TNKS Resort Rupit Dulu Pak Suyono dan kawan-kawan
  • Raflesia hasseltii merupakan jenis raflesia dengan tingkat estetika yang paling indah secara visual dan tergolong ke dalam tanaman yang dilindungi

Musi Rawas, IDN Times - Bunga Rafflesia jenis Hasseltii kembali ditemukan mekar sempurna di kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS), Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatra Selatan (Sumsel).

Bunga langka ini ditemukan mekar di blok hutan TNKS tepatnya di Desa Sukaraya Baru, Kecamatan STL Ulu Terawas. Penemuan keberadaan bunga Rafflesia secara langsung sudah kedua kalinya di kawasan TNKS yang berada di Desa Sukakarya Baru.

Baca Juga: Dikira Jamur, Warga Muba Temukan Bunga Bangkai di Tempat Sampah

1. Puspa langka dan tumbuhan endemik

Indahnya Rafflesia Hasseltii, Bunga Langka Ini Mekar Lagi di Mura(Bunga Rafflesia jenis Hasseltii kembali ditemukan mekar sempurna di kawasan TNKS Kabupaten Musi Rawas) IDN Times/istimewa

Kepala TNKS Wilayah V Sumsel, Hendrimon, mengatakan bunga jenis puspa langka ini ditemukan mekar pada 9 Maret 2024 lalu.

"Bunga ini ditemukan tim petugas TNKS Resort Rupit Dulu, Pak Suyono dan kawan-kawan," kata Hendrimon, Jumat (15/3/2024).

Baca Juga: Mengenal 5 Fakta Rafflesia, Bunga Paling Megah dan Langka di Dunia

2. Tak menyangka jika tumbuh di Musi Rawas

Indahnya Rafflesia Hasseltii, Bunga Langka Ini Mekar Lagi di Mura(Ilustrasi Raflesia Hasseltii) IDN Times/istimewa

Menurutnya temuan ini membuktikan bahwa Rafflesia itu bukan hanya ada di Bengkulu saja, namun tersebar di Sumsel juga.

"Ke depan bunga ini bisa jadi icon dari Kabupaten Musi Rawas. Karena selama ini tidak pernah digaung-gaungkan bila di Musi Rawas ada Rafflesia," ungkapnya.

Pihak TNKS memperkirakan masih ada bunga yang sama di daerah Mura. Meski baru ditemukan satu bunga yang sudah berkembang dalam bentuk penuh.

3. Rafflesia Hasseltii paling estetik secara visual

Diketahui, Hasseltii merupakan jenis Rafflesia dengan tingkat estetika yang paling indah secara visual. Berbagai jenis Rafflesia memiliki tenda bunga (Perigon) yang tampak mendominasi bentuk bunga Rafflesia. 

Perigon pada jenis Rafflesia ini berwarna merah darah dengan bercak putih berbentuk bulat dan mendominasi. Bercak putih berjumlah kurang lebih 4-6 buah. Ketika bunga ini mekar, diameter bunga mencapai 70 cm. 

Tanaman ini tergolong ke dalam tanaman yang dilindungi berdasarkan PermenLHK nomor 106 tahun 2020. Status konservasi tanaman ini berdasarkan IUCN 2011 yakni Critically Endangered atau kritis dan sangat terancam punah.

Baca Juga: 5 Spesies Rafflesia Eksotis Asal Indonesia, Mana yang Kamu Tahu?

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya