Ibu Buang Bayi di Lubuk Linggau Mengaku Mendengar Bisikan Gaib

Polisi curiga alasan pelaku dan akan dibawa ke psikiater

Intinya Sih...

  • Pelaku membuang bayinya ke bekas sumur karena pisah ranjang dengan suami, Ira Nirwana (30) sengaja membuang anak yang baru dilahirkan.
  • Polisi akan memeriksa kejiwaan pelaku dengan bantuan psikiater untuk mengecek kestabilan emosi maupun kejiwaan.
  • Kepolisian mencurigai motif pelaku sebagai modus untuk terhindar dari jerat pidana, serta menyatakan bahwa pelaku telah melanggar hukum karena sengaja membunuh anaknya sendiri.

Lubuk Linggau, IDN Times - Perbuatan Ira Nirwana (30), warga Perumahan GBS, RT 7, Kelurahan Taba Lestari, Kecamatan Lubuk Linggau Timur I, karena membuang bayinya ke bekas sumur akhirnya terungkap. Pelaku rupanya sengaja membuang anak yang baru dilahirkan tersebut karena pisah ranjang dengan suami.

Sebelumnya, Ira yang berstatus janda dua anak menikah dengan pria lajang bernama Ledi Muksin. Namun sayangnya baru satu bulan menikah, Ira dan suaminya pisah ranjang.

Baca Juga: Jasad Bayi Ditemukan di Bekas Sumur, Polisi Amankan Orangtua Kandung

1. Pelaku akan dibawa ke psikiater untuk periksa kejiwaan

Ibu Buang Bayi di Lubuk Linggau Mengaku Mendengar Bisikan Gaib(Pelaku pembunuhan bayi di Lubuk Linggau saat diamankan polisi) IDN Times/istimewa

Kasat Reskrim Polres Lubuk Linggau, AKP Hendrawan, mengatakan pihaknya sudah menahan tersangka Ira dan akan memeriksa kejiwaannya dengan bantuan psikiater.

"Kita belum tahu itu apakah dia (pelaku) depresi atau tidak. Yang jelas nanti kami bawa ke pisikiater untuk mengecek kestabilan emosi maupun kejiwaan,” ujarnya. 

Kasat Reskrim membenarkan dari pemeriksaan sementara kemarin, pelaku mengatakan telah mendapat bisikan gaib dan diajak orang gaib itu untuk membuang anak yang baru lahir ke dalam sumur dekat rumahnya.

Baca Juga: Bayi 1,5 Tahun Ditemukan Tewas dengan Luka Memar

2. Polisi curiga bisikan gaib hanya modus

Ibu Buang Bayi di Lubuk Linggau Mengaku Mendengar Bisikan Gaib(Warga Lubuk Linggau saat temukan jasad bayi di dalam bekas sumur) IDN Times/istimewa

Hanya saja pihak kepolisian mencurigai itu sebagai modus untuk terhindar dari jerat pidana, dengan mengaku-ngaku perbuatannya membuang bayi yang baru lahir sebagai peristiwa gaib. 

"Terlepas motif dan pengakuan pelaku tidak akan memengaruhi proses penyelidikan. Yang jelas, pelaku telah melanggar hukum karena dengan sengaja membunuh anaknya sendiri," tegasnya.

3. Baru sebulan menikah langsung pisah ranjang

Ibu Buang Bayi di Lubuk Linggau Mengaku Mendengar Bisikan Gaib(Warga Lubuk Linggau saat temukan jasad bayi di dalam bekas sumur) IDN Times/istimewa

Iyan Alamsyah, Ketua RT 07 Kelurahan Taba Lestari, menerangkan jika pelaku Ira selama ini tidak menunjukan tingkah laku aneh. Sebelumnya janda dua anak tersebut sudah menikah dengan seorang pria lajang dan sayangnya baru satu bulan menikah, Ira dan suaminya sudah pisah ranjang.

"Dia ketahuan membuang bayi berawal dari informasi seorang warga yang sempat melihat dan mendengar, ada suara mencurigakan di sekitar sumur galian sedalam 1,5 meter dekat perumahan," ucapnya.

4. Warga curiga melihat perut pelaku sudah kempes padahal hamil besar

Ibu Buang Bayi di Lubuk Linggau Mengaku Mendengar Bisikan Gaib(Warga Lubuk Linggau saat temukan jasad bayi di dalam bekas sumur) IDN Times/istimewa

Ternyata bunyi itu berasal dari suara Ira yang menangis di tepi sumur tersebut. Warga curiga, lalu memberitahukan warga lain. Namun saat warga datang, ternyata Ira sudah tidak ada lagi di pinggir sumur dan berbalik arah berjalan menuju rumahnya.

"Saat ditanyai warga apakah sudah lahiran atau belum, Ira mengatakan belum lahiran. Namun warga curiga karena melihat perut Ira yang semula dalam kondisi besar karena hamil menjadi sudah datar. Lalu, warga minta orangtua Ira mengecek sumur yang didapati ada celana dalam," jelasnya.

Saat kakek Ira turun ke dalam sumur melakukan pengecekan, akhirnya menemukan bayi yang dibuang Ira tersebut. "Saat dikeluarkan bayinya sempat bergerak, lalu langsung dibawa ke RS Siti Aisyah pukul 16.00 WIB. Namun sayangnya sudah meninggal dunia," tutup Iyan.

Baca Juga: Malu Melahirkan Usai 2 Bulan Menikah, Ibu Muda Buang Bayinya

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya