Genset Meledak Blackout, 3 Pegawai Rumah Makan Luka Bakar

Diduga genset meledak karena terlalu panas saat digunakan

Intinya Sih...

  • Genset meledak di resto Nasi Bakar 88 Kota Lubuk Linggau, Sumsel pada Selasa malam
  • Tiga pegawai resto mengalami luka bakar serius dan harus dirawat di rumah sakit
  • Kasat Reskrim Polres Lubuk Linggau menyatakan kejadian bermula saat dua karyawan hendak menambah bahan bakar minyak ke mesin genset

Lubuk Linggau, IDN Times - Diduga karena digunakan terlalu lama, genset di resto Nasi Bakar 88 Kota Lubuk Linggau, Sumsel, meledak pada Selasa (3/6/2024) malam. Kota Lubuk Linggau menjadi wilayah yang terdampak pemadaman listrik seharian di Sumbagsel akibat gangguan transmisi SUTT 275 kV Lubuk Linggau-Lahat. 

Akibat ledakan tersebut, tiga pegawainya harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka serius. Korban Doni (26) mengalami luka bakar pada bagian tangan kiri dan kanan serta luka bakar di bagian kaki kanan.

Lalu Iqbal (20) menderita luka bakar pada tangan kiri dan kanan serta luka bakar di bagian kaki kanan. Begitu juga dengan Diroy (19) warga Jalan Pelita Jaya Kelurahan Pelita Kecamatan Lubuk Linggau Barat I, Kota Lubuk Linggau.

Baca Juga: Imbas Blackout, LRT Palembang Batalkan 57 Perjalanan 

1. Para korban langsung dievakuasi ke rumah sakit

Genset Meledak Blackout, 3 Pegawai Rumah Makan Luka Bakar( Genset Meledak Saat Listrik Padam, 3 Pegawai Rumah Makan Terluka Bakar) IDN Times/istimewa

Kasat Reskrim Polres Lubuk Linggau, AKP Hendrawan, menyampaikan bahwa para korban sempat dievakuasi ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

"Mereka sempat dirawat di sana karena mengalami luka serius pada tangan dan kaki," ujarnya, Rabu (5/6/2024).

Kasat menjelaskan kejadian bermula saat dua orang karyawan resto Nasi Bakar 88 yang bernama Doni dan Ikbal, hendak menambah bahan bakar minyak jenis Pertamax ke mesin genset yang berada di Lantai 3 Resto Nasi Bakar 88.

"Namun ketika hendak mengisi atau menuangkan BBM, tiba-tiba salah satu genset meledak dan mengeluarkan percikan api," jelasnya.

Baca Juga: Sumbagsel Blackout Akibat Gangguan Transmisi SUTT Lubuk Linggau-Lahat

2. Genset meledak saat korban mengisi BBM

Genset Meledak Blackout, 3 Pegawai Rumah Makan Luka Bakar(Genset Meledak Saat Listrik Padam, 3 Pegawai Rumah Makan Terluka Bakar) IDN Times/istimewa

Sontak saja api menyambar Doni dan Ikbal yang hendak mengisi BBM pada genset tersebut. Mendengar suara ledakan saksi, korban Diroy melihat ke sumber suara.

"Ketika hendak menyelamatkan Doni dan Iqbal, Diroy terkena percikan dan mengalami luka bakar pada tangan," ungkapnya.

Selanjutnya api dapat dipadamkan setelah pihak Damkar datang dan melakukan pemadaman. Api tidak menyebar luas dan hanya membakar tiga unit genset.

3. Api tidak sempat menyebar karena cepat dipadamkan

Genset Meledak Blackout, 3 Pegawai Rumah Makan Luka BakarPengumuman gangguan listrik SUTT 275kV Lubuk Linggau - Lahat. (PLN UID S2JB)

Hasil penyelidikan Polisi asal api diduga akibat dari salah satu mesin genset yang meledak, kemudian menyambar ke karyawan yang hendak mengisi dan menambah BBM ke mesin genset. Selain itu, api juga menyambar ke dua mesin genset lainnya.

"Api tidak sempat menyebar dan berhasil dipadamkan oleh pihak Damkar kota Lubuk Linggau," ujarnya. 

Sementara dua orang karyawan mengalami luka bakar pada tangan dan kaki serta menjalani perawatan di Rumah Sakit Ar - Bunda Kota Lubuk Linggau. Sedangkan satu orang atas nama Deroy menjalani rawat jalan. 

Baca Juga: Lalu Lintas Palembang Kacau Imbas Sumbagsel Blackout

Topik:

Berita Terkini Lainnya