Gedung SMAN 3 Kayuagung Terbakar, Siswa Berhamburan Keluar

Diduga api berasal dari korsleting listrik di lantai bawah

Intinya Sih...

  • Kebakaran terjadi di asrama putra SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung, OKI pada Sabtu (4/5/2024) pukul 08.30 WIB.
  • Diduga api berasal dari korsleting listrik di lantai satu asrama dan cepat menjalar ke bagian lain, menghanguskan gedung dua lantai.
  • Hanya 27 dari 162 siswa yang berada di asrama saat kebakaran, semua siswa selamat meskipun barang-barang mereka tidak semuanya terselamatkan.

Ogan Komering Ilir, IDN Times - Peristiwa kebakaran terjadi di asrama putra yang berada di lantai dua SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sabtu (4/5/2024) pukul 08.30 WIB. 

Para siswa kelas X dan XI yang berada di asrama langsung menyelamatkan diri, termasuk mengamankan barang-barang milik mereka karena keadaan api yang membesar. Kepulan asap putih dan api langsung membesar di gedung sekolah bagian depan dua lantai itu. Warga sekitar pun panik dan berupaya menyelamatkan siswa yang masih berada di lingkungan gedung.

Dari informasi yang diperoleh, api yang melalap asrama putra itu diduga berasal dari lantai satu asrama. Lalu percikan api dari dugaan korsleting listrik dengan cepat menyambar dan menjalar ke bagian lain.

Baca Juga: Lansia di Palembang Tewas Terpanggang Akibat Terjebak Api

1. Sebagian siswa tidak ada di asrama karena libur

Gedung SMAN 3 Kayuagung Terbakar, Siswa Berhamburan Keluar(Gedung asrama SMAN 3 Kayuagung yang terbakar) IDN Times/istimewa

Wakil Manajemen Mutu SMAN 3 Kayuagung, Budiono mengatakan, tidak semua siswa berada di asrama saat peristiwa kebakaran yang terjadi pada hari libur.

"Asrama yang terbakar ini asrama putra, dihuni oleh 162 siswa kelas X dan XI. Tapi saat kejadian hanya ada 27 siswa saja, sedangkan yang lainnya izin berlibur atau pulang ke rumah," ujar Budiono. 

Ia menambahkan, penyebab kebakaran diduga karena korsleting listrik di satu ruangan asrama. Adapun jumlah ruangan asrama putra di SMA Negeri 3 Unggulan ini mencapai 40 ruangan di lantai atas dan bawah. 

"Saat kebakaran hanya ada 27 orang siswa, mereka mengetahui kebakaran terjadi saat pagi. Rupanya api langsung menyambar dengan cepat," ungkapnya. 

Baca Juga: Mobil ASN Lubuk Linggau Terbakar, Pemilik Sempat Terkunci dari Dalam

2. Seorang siswa sempat terjatuh saat selamatkan barang

Gedung SMAN 3 Kayuagung Terbakar, Siswa Berhamburan Keluar(Gedung asrama SMAN 3 Kayuagung yang terbakar) IDN Times/istimewa

Saat kebakaran, sejumlah siswa panik dan langsung menyelamatkan diri serta barang-barang milik mereka. Bahkan ada siswa dengan cepat menyelamatkan laptop dan handphone miliknya, namun sempat terjatuh dan ditolong oleh teman-temanya. 

"Untuk barang-barang siswa lainnya, seperti pakaian, cukup banyak yang tidak terselamatkan. Dalam kebakaran itu, semua siswa selamat meskipun ada salah satu siswa sempat terjatuh," bebernya. 

3. Sebanyak 36 personel pemadam langsung turun ke TKP

Gedung SMAN 3 Kayuagung Terbakar, Siswa Berhamburan Keluar(Gedung asrama SMAN 3 Kayuagung yang terbakar) IDN Times/istimewa

Api yang menghanguskan gedung asrama putra di SMAN 3 Unggulan Kayuagung ini berhasil dipadamkan dua unit mobil Damkar Kabupaten OKI, dan satu unit mobil pemadam Manggala Agni Daops XVII/OKI.

Kabid Damkar Pol PP dan Damkar Kabupaten OKI, M Yusuf, menjelaskan pihaknya langsung ke lokasi setelah mendapatkan informasi bahwa SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung terbakar. 

"Kami terima telepon kebakaran itu sekitar pukul 08.00 WIB dan langsung ke lokasi dengan mengerahkan 2 unit mobil Damkar beserta 36 personel," ujar Yusuf.

Dia menambahkan, api sudah besar dan membakar gedung asrama putra dua lantai saat timnya ke lokasi. Terlihat sejumlah siswa panik dan menyelamatkan barang-barang mereka. 

"Saat tim kami tiba di sekolah, api sudah besar dan telah menyambar plafon. Di lantai atas api yang sangat besar. Sedangkan lantai bawah sebagian yang terbakar," terangnya. 

4. Api berhasil dipadamkan berselang satu jam kemudian

Gedung SMAN 3 Kayuagung Terbakar, Siswa Berhamburan Keluar(Gedung asrama SMAN 3 Kayuagung yang terbakar) IDN Times/istimewa

Dengan cepat dan juga dibantu warga sekitar serta siswa, pihaknya berjibaku memadamkan api. Termasuk di lokasi ada juga tim dari Manggala Agni OKI yang juga ikut memadamkan dan mengerahkan satu unit mobil untuk memadamkan. 

Selain 3 unit mobil untuk memadamkan api bersama Manggala Agni, ada juga satu unit mobil penyedot air dari BPBD dikerahkan. 

"Akhirnya api berhasil dipadamkan kurang lebih satu jam. Setelah itu satu jam kemudian dilakukan pendinginan," ungkapnya. 

Ditambahkan Yusuf, untuk bangunan gedung asrama putra ini bagian atas hangus semua. "Saat ini api sudah benar-benar padam. Untuk korban jiwa tidak ada. Dan untuk kerugian belum bisa ditaksir," tutupnya. 

Baca Juga: Adik Kandung Bupati Muratara Ditangkap Atas Kasus Pembakaran Rumah

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya