Banjir Terus Meninggi, Jalinteng Muba-Lubuk Linggau Ditutup Sementara

Pengendara bisa gunakan jalur alternatif melalui PALI

Intinya Sih...

  • Jalinteng yang menghubungkan Sekayu-Lubuk Linggau ditutup akibat banjir pinggang orang dewasa.
  • Satlantas Polres Muba memasang 7 titik himbauan untuk kendaraan roda empat melalui jalur alternatif PALI.
  • Kendaraan truk bermuatan diarahkan parkir di rumah makan karena kesulitan melintas jalan terendam banjir.

Musi Banyuasin, IDN Times - Jalan lintas tengah (Jalinteng) yang menghubungkan Sekayu-Lubuk Linggau kini ditutup sementara akibat terendam banjir dengan ketinggian sebatas pinggang orang dewasa.

Penutupan jalan negara tersebut tepatnya berada di Kecamatan Sanga Desa, yang sebelum ditutup sempat terjadi kemacetan akibat banyak kendaraan terjebak dan terendam banjir.

Satlantas Polres Muba akhirnya memasang 7 titik himbauan bagi kendaraan roda empat untuk melintasi jalur alternatif melalui Kabupaten PALI.

Baca Juga: Banjir Rendam Gardu PLN, Ratusan Pelanggan di Muba Terdampak Pemadaman

1. Ketinggian air mencapai 60 sampai 70 centimeter

Banjir Terus Meninggi, Jalinteng Muba-Lubuk Linggau Ditutup Sementara(Sat Lantas Polres Muba saat memasang papan imbauan untuk tidak melintasi Jalinteng) IDN Times/istimewa

Kasat Lantas Polres Muba, AKP Ricky Mozam mengatakan, pihaknya telah melakukan penutupan sementara jalan nasional yang terendam banjir tepatnya di Kecamatan Sanga Desa.

“Kendaraan roda empat tak bisa melintasi jalur yang menghubungkan Sekayu-Lubuk Linggau karena ketingginnya mencapai 60 sampai 70 centimeter,” ujar Ricky, Minggu (21/1/2024).

Baca Juga: Kisah Warga Mura Bertahan dari Banjir Bandang 5 Meter di Pohon Sawit

2. Truk bermuatan diarahkan untuk parkir di rumah makan

Banjir Terus Meninggi, Jalinteng Muba-Lubuk Linggau Ditutup Sementara(Sat Lantas Polres Muba saat memasang papan imbauan untuk tidak melintasi Jalinteng) IDN Times/istimewa

Kasat menambahkan, sebelum ditutup beberapa hari lalu sempat mengalami kemacetan karena truk bermuatan banyak kesulitan melintas dan terpaksa berhenti.

“Kini truk yang bermuatan itu diarahkan untuk parkir di rumah makan terlebih dahulu sebelum jalur nasional yang terendam banjir surut,” jelasnya.

3. Saat Lantas pasang papan pengalihan di tujuh titik

Banjir Terus Meninggi, Jalinteng Muba-Lubuk Linggau Ditutup Sementara(Kondisi banjir di Kabupaten Musi Banyuasin menghambat sektor perekonomian warga) IDN Times/Yuliani

Terkait penutupan jalan negara karena banjir, pihaknya melakukan pengalihan arus lalu lintas. Kendaraan dari arah Betung yang akan melintasi Sanga Desa dialihkan ke Kabupaten PALI untuk melintasi jalinsum.

“Kita sudah pasang 7 titik himbauan yang bertuliskan Jalan di Kecamatan Sanga Desa sementara tidak bisa dilalui, silahkan ambil jalur alternatif melalui PALI,” imbaunya.

Adapun 7 titik yang dipasang himbauan antara lain Simpang Kelurahan Kayuara Randik, Simpang Kelurahan Balai Agung, Simpang Jembatan Musi (JM), Bundaran sekayu, Depan SPBU Jalinteng, Pasar Babat Toman dan ⁠Sebelum Desa Mangunjaya.

Baca Juga: Muba dan Muratara Tanggap Darurat Bencana Banjir 14 Hari ke Depan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya