10 April Puncak Arus Mudik, 11 Ribu Mobil Bakal Lewat Tol Palindra

Hutama Karya siapkan 4 unit alat EDC untuk top up saldo

Intinya Sih...

  • Puncak arus mudik Tol Palembang-Indralaya-Prabumulih diprediksi terjadi pada 10 dan 11 April 2024, dengan lebih dari 11 ribu kendaraan melewati tol.
  • Hutama Karya memastikan kesiapan ruas jalan tol sepanjang 86 km, dengan petugas bekerja ekstra selama H-7 Lebaran dan sosialisasi penyesuaian tarif.
  • Untuk mengantisipasi antrean di gerbang tol, Hutama Karya menyiapkan 4 unit alat EDC untuk pengisian saldo dan menyediakan 2.000 kartu tol bagi pengendara yang belum punya.

Ogan Ilir, IDN Times - Puncak arus mudik yang berpengaruh pada peningkatan volume lalu lintas di Tol Palembang-Indralaya-Prabumulih, diprediksi terjadi pada 10 dan 11 April 2024 mendatang.

Diperkirakan lebih dari 11 ribu kendaraan melewati tol dari Palembang menuju Prabumulih maupun sebaliknya saat puncak arus mudik. PT Hutama Karya sudah memastikan kesiapan ruas jalan tol yang akan dilalui pemudik jelang libur lebaran Idul Fitri 2024 ini.

Baca Juga: Tol Kapal Betung Akan Dibuka Pada Mudik Lebaran 2024

1. Petugas siaga 24 jam pastikan tol siap digunakan

10 April Puncak Arus Mudik, 11 Ribu Mobil Bakal Lewat Tol PalindraReportase Jalan Pulang, Tim Jalan Pulang IDN Times melewati Jalan Tol Palembang-Prabumulih, Sumatra Selatan. (IDN Times/Dwi Agustiar)

Branch Manager Tol Palembang-Indralaya-Prabumulih dari Hutama Karya, Syamsul Rijal mengungkapkan pihaknya memastikan 24 jam petugas bekerja ekstra untuk memastikan ruas tol Palindra sepanjang 86 kilometer ini siap digunakan. Termasuk melakukan persiapan mulai dari pemeriksaan kerusakan jalan, kesiapan sarana-prasrana di rest area, juga persiapan antisipasi antrean kendaraan di gerbang tol.

"Kami targetkan seluruh persiapan menyambut arus mudik lebaran di Tol Palindra (Palembang-Indralaya) dan Tol Indraprabu (Indralaya-Prabumulih) akan selesai pada H-7 Lebaran," ujarnya, Kamis (28/3/2024).

Baca Juga: Polda Sumsel Ingatkan Perlintasan Kereta Api Sebagai Wilayah Rawan

2. Pengendara diminta siapkan saldo cukup

10 April Puncak Arus Mudik, 11 Ribu Mobil Bakal Lewat Tol PalindraTim Jalan Pulang melintasi Tol Lampung-Palembang (IDN Times/Dwi Agustiar)

Selain itu, sosialisasi pemberlakuan serta penyesuaian tarif di kedua ruas tol tersebut hingga kini terus dilakukan. Seperti diketahui, Tol Indraprabu mulai diberlakukan tarif sejak 20 Februari 2024 lalu, setelah sebelumnya dibuka operasional secara gratis selama hampir enam bulan.

"Sebelumnya Tol Palindra sudah mengalami penyesuaian tarif sejak 18 Maret lalu. Sehingga kita mengingatkan pengguna tol untuk memastikan kecukupan saldo," imbaunya.

Baca Juga: Tarif Tol Palindra Naik Jadi Rp27 Ribu, Cek Golongan Lainnya

3. Hutama Karya juga siapkan dua ribu kartu tol

10 April Puncak Arus Mudik, 11 Ribu Mobil Bakal Lewat Tol PalindraIlustrasi jalan tol fungsional untuk mudik Lebaran. (dok. Kementerian PUPR)

Mengantisipasi antrean di gerbang tol, Hutama Karya menyiapkan empat unit alat Electronic Data Capture (EDC) untuk pengisil saldo. Pihaknya juga menyediakan 2.000 kartu tol bagi pengendara yang belum punya.

"Nantinya petugas kami yang mendatangi kendaraan jika hendak top up, sehingga tidak terjadi antrean di gerbang tol," tutup Syamsul.

Baca Juga: Kendaraan Pengangkut Hasil Tambang Dilarang Melintas Saat Lebaran

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya