Tol Palembang-Betung Dibuka 5 April 2024 untuk Mudik Lebaran

Jalan tol hanya dibuka 10 jam dari pukul 07.00-17.00 WIB

Intinya Sih...

  • Tol trans Sumatra ruas Palembang-Betung dibuka fungsional untuk menghadapi hari raya Idul Fitri 5 April 2024.
  • Dibuka selama masa lebaran, hanya 10 jam dari pukul 07.00-17.00 WIB untuk mengurai kemacetan di Jalintim.
  • Petugas dari kepolsian, Dishub, Satpol PP, dan pihak Waskita akan berjaga di lokasi jalan tol yang difungsionalkan.

Palembang, IDN Times - Tol trans Sumatra ruas Palembang-Betung segera dibuka secara fungsional untuk menghadapi hari raya Idul Fitri mendatang pada 5 April 2024. Namun selama dioperasikan nantinya, tol tersebut tak akan dibuka penuh 24 jam.

"Tidak sampai 24 jam beroperasi, hanya 10 jam dari pukul 07.00-17.00 WIB. Fungsionalnya jalan ini diharapkan mampu mengurai kemacetan yang sering terjadi di Jalintim," ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuasin, Mulyanto, Rabu (3/4/2024).

Baca Juga: Polda Sumsel Atensi Ruas Jalan Palembang-Jambi Selama Arus Mudik

1. Tol kembali ditutup usai arus balik

Tol Palembang-Betung Dibuka 5 April 2024 untuk Mudik LebaranIlustrasi jalan tol fungsional untuk mudik Lebaran. (dok. Kementerian PUPR)

Mulyanto menerangkan, pembukaan tol ruas Palembang-Betung hanya berlangsung selama masa lebaran atau 11 hari sebelum dan sesudah lebaran. Setelah itu pada 16 April 2024, ruas tol tersebut akan kembali ditutup untuk umum.

"Saat itu (arus mudik-arus balik) merupakan waktu meningkatnya jumlah pemudik yang akan melintas di Sumsel," jelas dia.

Baca Juga: 10 April Puncak Arus Mudik, 11 Ribu Mobil Bakal Lewat Tol Palindra

2. Petugas standby arahkan pemudik

Tol Palembang-Betung Dibuka 5 April 2024 untuk Mudik LebaranIlustrasi jalan tol fungsional untuk mudik Lebaran. (dok. Kementerian PUPR)

Untuk akses menuju lokasi jalan tol itu, pihaknya telah menyiapkan arah penunjuk jalan sebagai informasi kepada pengendara. Nantinya ada petugas dari kepolsian, Dishub, Satpol PP, dan pihak Waskita akan berjaga di lokasi jalan tol yang difungsionalkan.

"Akan ada petugas yang standby, sehingga pengendara tidak akan tersesat saat masuk menuju gerbang tol," jelas dia.

3. Ada 7 tol difungsionalkan

Tol Palembang-Betung Dibuka 5 April 2024 untuk Mudik LebaranArus mudik lebaran tahun 2024 di Pontianak meningkat. (IDN Times/Teri).

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Masyakarat, Tulus Abadi mengatakan, ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) akan beroperasi secara fungsional masa mudik lebaran mendatang.

Dibukanya tol Kapal Betung tersebut ditujukan untuk memperlancar arus mudik dan arus balik bagi masyarakat yang akan menggunakan tol menuju Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dan Provinsi Jambi.

"Di Sumatra, salah satu yang akan difungsionalkan adalah Jalan Tol Kapal Betung Seksi 3 sebagian dari IC Musilanda-Desa Sukamulya sepanjang 21,2 Km," ungkap Tulus.

Tulus menerangkan, pembukaan tol secara fungsional diharapkan mengurai kemacetan di jalan Lingas Timur (Jalintim) Sumatra ruas Palembang-Betung. Terlebih selama ini pihaknya menilai, kemacetan di Lintas Timur Sumatra kerap terjadi akibat menumpuknya kendaraan.

"Pembukaannya merupakan bagian dari 7 titik ruas jalan tol yang difungsionalkan oleh Kementerian PUPR. 3 ruas di Wilayah Jawa dan 4 ruas di Sumatera," jelas dia.

Baca Juga: PT KAI Siapkan 56 Ribu Tiket Mudik Palembang-Lubuk Linggau

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya