Tiket Kereta Api Mudik Lebaran di Sumsel Hampir Ludes Dibeli

Dari 52.228 tiket yang disiapkan sudah terjual 43.786 tiket

Intinya Sih...

  • KAI siapkan kursi mudik gratis untuk tanggal 9 April 2024
  • 52.228 tiket terjual, mencapai 84% dari total ketersediaan
  • Persiapan tiga kereta untuk perjalanan Palembang-Lubuk Linggau dan Palembang-Tanjung Karang, program mudik gratis dengan KA Ekspres Rajabasa dan KA Bukit Serelo

Palembang, IDN Times - Periode mudik lebaran pada 31 Maret - 21 April 2024 akan dimaksimalkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang untuk mengangkut pemudik. Sekitar 52.228 tiket yang dijual kepada masyarakat sejak pertama kali dipasarkan pada 15 Februari lalu, hampir ludes terjual.

"Saat ini tercatat bahwa sudah terjual sebanyak 43.786 tiket atau mencapai 84 persen dari total ketersediaan," ungkap Manager Humas PT KAI, Aida Suryanti, Sabtu (23/3/2024).

Baca Juga: Likuran, Tradisi Warga Palembang di 10 Hari Terakhir Ramadan

1. Ada tiga KA yang disiapkan

Tiket Kereta Api Mudik Lebaran di Sumsel Hampir Ludes DibeliPerjalanan KA dari stasiun Kertapati Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Aida menerangkan, pihak KAI menyiapkan tiga kereta untuk perjalanan Palembang-Lubuk Linggau dan Palembang-Tanjung Karang maupun sebaliknya. Kereta yang disiapkan adalah KA Bukit Serelo, KA Ekpres Rajabasa, dan KA Komersil Sindang Marga.

"Untuk KA Bukit Salero dan KA Ekspres Rajabasa sudah habis terjual mulai dari periode 31 Maret hingga 20 April 2024," jelas dia.

Baca Juga: Pegadaian Palembang Ajak Mudik Gratis ke Padang Hingga Surabaya

2. Penumpang mudik gratis diberangkatkan 9 April

Tiket Kereta Api Mudik Lebaran di Sumsel Hampir Ludes DibeliPerjalanan KA dari stasiun Kertapati Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dirinya menambahkan, berbagai program pemerintah bersama PT KAI terkait mudik gratis akan dilakukan pada 9 April 2024 mendatang. Program mudik gratis dengan KA tersebut akan diberangkatkan menggunakan KA ekspres Rajabasa pukul 08.30 WIB dan kereta api Bukit Serelo pukul 09.00 WIB.

"Untuk penjualan tiket KA Sindang Marga sejauh ini masih tersedia dibeberapa tanggal tertentu," jelas dia.

3. Ada 1.060 tiket disiapkan untuk mudik gratis

Tiket Kereta Api Mudik Lebaran di Sumsel Hampir Ludes DibeliPerjalanan KA dari stasiun Kertapati Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dalam program mudik tersebut, PT KAI menyediakan total 1.060 tempat duduk dengan masing-masing 530 tiket untuk satu kereta. Masyarakat dapat mengakses tiket mudik lebaran gratis dengan melakukan registrasi ke nomor WA petugas yaitu, WA; 0822-810-17791 (KA Bukit Salero) dan WA 0822-803-19231 (KA Ekspres Rajabasa).

Setelah itu, penumpang dapat melakukan aktivasi melalui aplikasi Access by KAI dan BSB Mobile lewat smartphone. Dari sana, nasabah Bank Sumsel Babel (BSB) dapat memesan empat tiket untuk satu keluarga dalam satu kartu keluarga (KK). Sedangkan nasabah yang tak memesan untuk satu KK dapat memesan dua tiket.

"Hingga saat ini untuk KA Rajabasa tujuan Kertapati-Tanjung Karang sudah ada 177 penumpang, dan untuk KA Serelo tujuan Kertapati-Lubuk Linggau sudah ada 206 penumpang yang mendaftar," tutup dia.

Baca Juga: Warga Muba di Perantauan Bisa Mudik Lebaran Gratis, Daftar di Sini

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya