Selama Nataru, Tol Ruas Palembang - Kayuagung Dibuka Fungsional

Pihak Waskita siapkan pengamanan jalur tol selama 24 jam

Palembang, IDN Times -Selama masa Operasi Lilin menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru), Jalan Trans Sumatera ruas Palembang - Kayuagung dibuka untuk memperlancar arus mudik. 

Dengan dibukanya jalan bebas hambatan mulai 23 Desember hingga 1 Januari 2020 mendatang, maka masyarakat Palembang yang akan mudik ke arah Lampung dan Jawa, begitu juga sebaliknya, sudah bisa melalui jalan tersebut.

"Setelah hasil rapat dengan Kakorlantas, tol akan dibuka selama Operasi Lilin. Awalnya kita ingin tol hanya dibuka 12 jam. Namun Kakorlantas meminta 24 jam untuk penggunaan akhir tahun," ujar Kepala Proyek Tol Seksi satu Palembang - Kayuagung, Gunawan, saat ditemui IDN Times, Rabu (18/12).

1. Saat Nataru tol ruas Palembang - Kayuagung 100 persen sudah bisa dilalui

Selama Nataru, Tol Ruas Palembang - Kayuagung Dibuka FungsionalProgres tol sudah bisa dilalui 100 persen saat Nataru (IDN Times/Rangga Erfizal)

Gunawan mengatakan, pihaknya menjamin tol ruas Kayuagung - Palembang sudah dapat digunakan, walau baru dibuka fungsional selama 9 hari, karena masih ada beberapa ruas yang perlu diselesaikan.

"Progres persiapan Nataru ini sudah 100 persen, hanya menyisakan pengerjaan repair sedikit. Kemungkinan tanggal 21 hingga 22 Desember sudah bisa dilalui. Apalagi sudah dilakukan uji kelayakan," kata dia.

Marka jalan yang juga sebelumnya menjadi catatan, sambungnya, saat ini sudah mendapai 99 persen. Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga sudah memberi beberapa catatan untuk dilakukan perbaikan sebelum tol beroperasi.

"Termasuk tikungan Jakabaring ada penambahan barier, yang sebelumnya tidak ada menjadi ada. Barier itu fungsinya agar pengendara memperlambat laju kendaraan di dekat pintu keluar sementara," sambung Gunawan.

2. Rest area sementara disediakan selama Operasi lilin

Selama Nataru, Tol Ruas Palembang - Kayuagung Dibuka FungsionalRest area sementara disediakan selama Operasi lilin (IDN Times/Rangga Erfizal)

Gunawan menjelaskan, tol ruas Palembang - Kayuagung nanti akan ditambah penyediaan rest area sementara di kilometer 347, bagi pengendara yang butuh istirahat. 

"Dari Lampung atau Palembang keluar masuknya ada di Desa Pedu, Ogan Ilir. Untuk ruas Palembang - Kayuagung memang di desain tidak ada rest area. Hanya saja, kita tetap sediakan area sementara di dua jalur, nanti ada Pertamina, Mushola, Toilet," jelas dia.

3. Ruas tol Palembang - Kayuagung siapkan fasilitas pengamanan jalur

Selama Nataru, Tol Ruas Palembang - Kayuagung Dibuka FungsionalFasilitas juga disediakan untuk pengamanan di jalan tol (IDN Times/Rangga Erfizal)

Gunawan melanjutkan, kesiapan operasional tol tidak hanya infrastruktur saja, tapi peralatan untuk pengamanan yang dibutuhkan selama 24 jam operasional juga siap.

"Fasilitas itu disediakan pada titik-titik tertentu di pintu-pintu tol dan rest area. Kita juga sediakan, derek 24 jam termasuk semua peralatan, mobil Patroli Jalan Raya (PJR), mobil rescue, patroli rutinitas dan ada ambulans dan PMI," ujar dia.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Trans Sumatera, Jarak Tempuh Palembang-Lampung 4 Jam

4. Kapolres OKI tambah personel jalur tol antisipasi pungli di Jalan Lintas Timur

Selama Nataru, Tol Ruas Palembang - Kayuagung Dibuka FungsionalKepala ruas Tol seksi satu Palembang - Kayuagung, Gunawan (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sementara , Kapolres OKI, AKBP Donni Eka Syaputra mengatakan, untuk mengamankan wilayah tol dan jalan lintas timur selama Nataru ini, pihaknya sudah menambah jumlah personel.

"Kita bersama Waskita akan keliling mengamankan jalur. Kemudian mengantisipasi adanya pungli di wilayah Mesuji. Karena wilayah-wilayah itu jauh dari pengawasan," tandas dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya