Saksi Bahana Securities Tak Hadir, Sidang Lanjutan PT BA Ditunda

Ada 16 saksi dipanggil ke sidang kasus akuisisi oleh PT BA

Intinya Sih...

  • Sidang kasus korupsi akuisisi PT SBS ditunda hingga Senin depan karena saksi konsultan PT BS berhalangan hadir.
  • Kuasa hukum terdakwa menyebut ada 16 saksi yang dipanggil, termasuk perwakilan PT BS, untuk membahas uji kelaikan proses akuisisi saham PT SBS oleh PT BMI.
  • Proses akuisisi dinilai membawa manfaat bagi PT BA, seperti menghindari ketergantungan jasa pertambangan dan menghemat biaya hingga triliunan Rupiah.

Palembang, IDN Times - Sidang dugaan kasus korupsi akuisisi PT Satria Bahana Sarana (SBS) oleh PT Bukit Asam (BA) batal digelar hari ini, Senin (22/1/2024). Saksi yang dipanggil sebagai konsultan PT Bahana Securities (BS) dalam proses akuisisi berhalangan hadir.

Ketua Majelis Hakim yang diketuai Pitriadi, memutuskan menunda sidang hingga Senin (29/1/2024). Menurut informasi, perwakilan PT BS tak bisa hadir di persidangan karena tugas mendadak.

Baca Juga: 3 Dewan Komisaris PT BA Jelaskan Keuntungan Akuisisi PT SBS

1. Kuasa hukum bertanya soal akuisisi

Saksi Bahana Securities Tak Hadir, Sidang Lanjutan PT BA DitundaSidang lanjutan dugaan korupsi akusisi saham PT SBS oleh PTBA melalui anak perusahaan PT BMI (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kuasa hukum empat terdakwa mantan petinggi PT BA, Gunadi Wibakso, mengatakan sudah ada 16 saksi yang dipanggil dalam kasus dugaan korupsi akuisisi PT SBS melalui anak perusahaan PT BA yakni, PT Bukit Multi Investama (BMI).

"Kami sudah menyiapakan pertanyaan (Saksi dari PT BS), karena kami sudah menerima Berita Acara Pemeriksaannya (BAP)," jelas dia.

Baca Juga: Sidang Korupsi Akuisisi Saham, PT BA Klaim Tak Ada Temuan BPK

2. PT BA diklaim dapat keuntungan

Saksi Bahana Securities Tak Hadir, Sidang Lanjutan PT BA DitundaSidang lanjutan dugaan korupsi akusisi saham PT SBS oleh PTBA melalui anak perusahaan PT BMI (IDN Times/Rangga Erfizal)

Gunadi menyebut, seharusnya agenda sidang membahas uji kelaikan proses akuisisi saham PT SBS oleh PT BMI. Hal ini diharapkan menjadi bukti tambahan bagi para terdakwa mengenai proses akuisisi yang telah dilakukan.

"Akuisisi justru membawa manfaat yang besar bagi PT BA. Pertama, PT BA terhindar dari ketergantungan jasa pertambangan, sehingga tidak lagi kesulitan dalam menentukan tarif jasa pertambangan," jelas dia.

3. Klaim peningkatan laba dan produksi

Saksi Bahana Securities Tak Hadir, Sidang Lanjutan PT BA DitundaIlustrasi pekerja menunjukkan batubara. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Selanjutnya, proses akuisisi dinilai berhasil menghemat biaya yang seharusnya dikeluarkan PT BA jika memakai kontraktor pertambangan batu bara. Nilainya pun bisa mencapai ratusan miliar per tahun.

"Jika diakumulasi mencapai triliunan Rupiah. Dengan akuisisi ini, PT BA bisa melakukan penghematan dari efisiensi yang ada," jelas dia.

Dari 16 saksi yang sudah dipanggil, ia menyebut fakta bahwa langkah akuisisi saham PT SBS berdampak positif terhadap peningkatan produksi PT BA, ekuitas, serta laba perusahaan.

"Akuisisi juga dilakukan secara proper dengan ketentuan hukum berlaku dan tidak ada yang dilanggar," klaim Gunadi.

Baca Juga: Mantan Direktur PT BMI Beberkan Keuntungan PT BA Akuisisi PT SBS

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya