Ridwan Kamil Bakal Redesain Proyek Pembangunan Mangkrak di Sumsel

Sumsel diharap bisa maksimalkan potensi pariwisata air

Palembang, IDN Times - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru, mengajak Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil berkeliling Kota Palembang. Dalam kunjungan kerjanya, RK diminta Deru untuk membantu Sumsel membenahi beberapa infrastruktur yang mangkrak.

Beberapa lokasi yang dikunjunginya seperti Pasar Cinde dan Islamic Center. Kedua proyek pembangunan itu rencananya akan langsung didesain oleh Ridwan.

"Saya meminta kepada Kang Emil untuk mendesain langsung kedua bangunan. Ini adalah janji beliau, hari ini saya tagih," ungkap Deru, Kamis (3/6/2021).

1. RK dukung Sumsel maksimalkan pembangunan pariwisata air

Ridwan Kamil Bakal Redesain Proyek Pembangunan Mangkrak di SumselGubernur Jabar, Ridwan Kamil (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kedua Gubernur nampak akrab. Deru bahkan secara langsung menyopiri acara keliling Palembang untuk melihat lokasi pembangunan yang akan didesain Kang Emil. Dalam kunjungan pertamanya, RK mendatangi lokasi Islamic Center di komplek Olahraga Jakabaring Palembang.

Namun RK yang melihat lokasi tersebut nampak tidak puas. Dirinya menginginkan desain sebuah bangunan yang dekat dengan masyarakat Sumsel, yakni Sungai Musi. Dirinya meminta lokasi baru tempat Islamic Center di tepian sungai.

"Saya sarankan Islamic Center dibangun di tempat baru, yakni di Pulau Kemaro. Di sana sudah ada Pagoda, saya harap ada pusat agama lain juga di sana. Karena saya bayangkan sebagai arsitek jika sebuah bangunan di pinggir sungai maka keindahannya akan meningkat," ungkapnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Guyon Soal Sunda Empire; Bertahan dan Bentengi Diri

2. Sumsel harus perbanyak landmark baru

Ridwan Kamil Bakal Redesain Proyek Pembangunan Mangkrak di SumselGubernur Jabar Ridwan Kamil mendamping Gubernur Sumsel Herman Deru (IDN Times/Rangga Erfizal

Menurutnya, Sumsel terutama Palembang memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Sungai yang besar dan luas dapat menjadikan Sumsel layaknya Istanbul Turki, jika berhasil melakukan pendekatan yang baik pada pariwisata air. Menurut RK, sejauh ini sungai tetap menjadi daya tarik Sumsel. 

"Mudah-mudahan Sumsel punya banyak landmark baru. Karena dengan begitu, pariwisata akan meningkat. Sejauh ini wisatawan datang tidak banyak pilihan, jadi sayang hanya banyak rumah dan pabrik," ungkap dia.

3. RK belum punya ide untuk desain

Ridwan Kamil Bakal Redesain Proyek Pembangunan Mangkrak di SumselRidwan Kamil mengunjungi Sungai Musi (IDN Times/Rangga Erfizal)

RK menambahkan, dirinya tidak bisa menolak permintaan Gubernur Sumsel untuk berkontribusi pada pembangunan di Bumi Sriwijaya. Secara khusus, Deru meminta dirinya mendesain ulang kawasan Pasar Cinde yang mangkrak.

"Saya belum ada ide untuk pengembangan Pasar Cinde dan Islami Center. Makanya saya lihat dulu tadi. Namun poinnya saya melihat Sumsel harus memaksimalkan sungainya," tutup dia.

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya