Pusat Prioritaskan Proyek Sektor Logistik dan Transportasi di Sumsel

Tol, pelabuhan, dan kereta api masih prioritas utama PSN

Intinya Sih...

  • Pemerintah pusat akan memprioritaskan sektor logistik dan transportasi di Sumsel, termasuk pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra, pelabuhan Samudra Tanjung Carat, dan jalur rel Kereta Api Lahat.
  • Pengerjaan JTTS akan dilanjutkan dengan 15 Proyek Strategis Nasional (PSN) di Sumsel untuk peningkatan ekonomi, meski masih terdapat beberapa kendala yang perlu diakselerasikan.
  • Total PSN yang menjadi prioritas untuk dibangun di Sumsel ada enam proyek, meliputi jalan tol, pelabuhan, kereta api, LRT, kawasan industri, bendungan, irigasi, kilang minyak, bahan bakar hijau, gasifikasi batu bara.

Palembang, IDN Times - Pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian berencana memprioritaskan beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) pada pembangunan di Sumsel.

Pihaknya melirik sektor logistik dan transportasi untuk menjadi prioritas, seperti akses Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dari Sumsel menuju Bengkulu dan Jambi. Lalu pelabuhan Samudra Tanjung Carat serta proyek jalur rel Kereta Api Lahat.

"Kalau saya lihat ada tiga sektor transportasi yang penting, yaitu jalan tol, pelabuhan, dan perkeretaapian. Itu menjadi utama karena ini juga untuk logistik," ujar Staf Khusus Bidang Percepatan Pembangunan Wilayah, Pembangunan Infrastruktur, dan Investasi dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo, Jumat (5/7/2024).

Baca Juga: Pelabuhan Tanjung Carat Baru Bisa Dimulai 2025 karena Amdal

1. Pusat koordinasikan permasalahan PSN ke Pemda

Pusat Prioritaskan Proyek Sektor Logistik dan Transportasi di SumselJalan Tol Semarang Demak Jateng Indonesia (commons.wikimedia.org/SATELIT BM9)

Wahyu menambahkan, pengerjaan JTTS akan dilanjutkan karena belum tuntas seperti ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung, Betung-Tempino-Jambi, Simpang Indralaya-Muara Enim, dan Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu.

"Tadi sudah kita sampaikan kendalanya apa dengan Pak Pj Gubernur Sumsel. Mudah-mudahan nanti semua pihak mengetahui permasalahannya dan melaksanakan tugasnya masing-masing," jelas dia.

Baca Juga: Warga Muara Enim Minta Pemkab Buka Jalur Alternatif di Jalintengsum

2. PSN di Sumsel diklaim sudah on the track

Pusat Prioritaskan Proyek Sektor Logistik dan Transportasi di SumselDok: Lembaga Aset Negara

Total secara keseluruhan ada 15 PSN yang dikerjakan di Sumsel untuk peningkatan ekonomi Sumsel. Dirinya menyebut, progres PSN masih terbilang on the track. Meski memang ada beberapa kendala di tingkat pusat yang perlu diakselerasikan.

"Dalam waktu dekat akan dilakukan rapat membahas PSN yang ada," jelas dia.

3. Daftar PSN di Sumsel

Pusat Prioritaskan Proyek Sektor Logistik dan Transportasi di SumselIlustrasi mudik lewat jalan tol Tangerang-Merak (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sehingga total PSN yang menjadi prioritas untuk dibangun di Sumsel ada enam proyek. Berdasarkan data Kemenko Bidang Perekonomian, 15 PSN di Sumsel adalah:

1. Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung.
2. Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi.
3. Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim.
4. Jalan Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu.
5. Pembangunan Pelabuhan Palembang New Port.
6. KA Kertapati-Lahat.
7. Pengembangan LRT Sumsel.
8. Kawasan Industri Tanjung Enim
9. Bendungan Tiga Dihaji.
10. Pembangunan Jaringan Irigasi DI Lematang.
11. Pembangunan Jaringan Irigasi DI Komering
12. Upgrading kilang-kilang eksisting/Reginery Development Masterplan (RDMP). RDMP RU III Plaju.
13. Pembangunam bahan bakar hijau (Green Refinery RU III Plaju).
14. Gasifikasi batu bara di Muara Enim.
15. PSEL di Kota Palembang

Baca Juga: Pengolahan Sampah Terpadu Palembang Mulai Dibangun Januari 2025

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya