PT Semen Baturaja Berikan CSR Revitalisasi Ikon Kota Ogan Komering Ulu

Jembatan Ogan jadi salah satu peninggalan Belanda

Ogan Komering Ulu, IDN Times - Ikon kota Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yakni, Jembatan Ogan I akan segera dilakukan revitalisasi oleh PT Semen Baturaja (SMBR) Persero. Rencananya PT SMBR akan memberikan bantuan revitalisasi lewat dana corporate social responsibility (CSR).

"Dukungan perusahaan terhadap program Pemkab OKU, salah satunya melalui bantuan tanggung jawab sosial CSR untuk membantu kemajuan daerah dan pemberdayaan sosial," ungkap Direktur Utama PT SMBR Daconi Khotob, Sabtu (19/11/2022).

Baca Juga: Pelaku Perampokan di SPBU OKU yang Viral Akhirnya Ditangkap

1. Jembatan Ogan I jadi bangunan penting di OKU

PT Semen Baturaja Berikan CSR Revitalisasi Ikon Kota Ogan Komering UluJembatan OGAN I Baturaja (Dok: Kemendikbud RI)

Salah satu jembatan menjadi peninggalan kolonialisme Belanda di OKU dulunya bernama Brug Het BatoeRadja. Seiring bertambahnya usia jembatan, diperlukan upaya untuk menjaga struktur pondasi jembatan agar tetap kokoh.

"Jembatan Ogan I adalah ikon penting dan bersejarah bagi Baturaja yang juga menjadi logo pemerintah OKU yang melintas di atas Sungai Ogan," jelas dia.

2. Semen Baturaja juga berikan CSR untuk lingkungan

PT Semen Baturaja Berikan CSR Revitalisasi Ikon Kota Ogan Komering UluPT Semen Baturaja Persereo Tbk (IDN Times/Dok. Semen Baturaja)

Revitalisasi Jembatan Ogan 1 merupakan wujud PT SMBR mendukung penataan kawasan kota Baturaja untuk mendorong pembangunan sesuai peraturan perundangan dan sesuai dengan kebijakan perusahaan yang berlaku.

Program CSR menjadi bukti nyata perusahaan membangun strategi keberlanjutan bagi masyarakat dan pemerintahan dalam memberikan manfaat positif. Terutama di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan. 

"Untuk lingkungan, kami juga serahkan bantuan dua unit motor sampah untuk memudahkan pengangkutan sampah rumah tangga yang tak terjangkau kendaraan dump truck," jelas dia.

3. UMK turut mendapat perhatian khusus

PT Semen Baturaja Berikan CSR Revitalisasi Ikon Kota Ogan Komering UluPT Semen Baturaja Persereo Tbk (IDN Times/Dok. Semen Baturaja)

Daconi menyampaikan, CSR dari PT SMBR tidak hanya berupa bantuan peralatan. Tetapi ada juga kegiatan pelatihan yang dilakukan bersama Rumah BUMN Baturaja untuk meningkatkan produktivitas dan tingkat jual produk UMK.

"Sistemnya dengan meningkatkan keterampilan masyarakat antara lain pembinaan UMK Naik Kelas dengan pelatihan roasting coffee, program bimbingan teknis sertifikasi halal dan pelatihan foto produk," kata dia.

Baca Juga: Buron 4 Bulan, Mantan Ketua BPD Karang Dapo OKU Ditangkap di Lamtim

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya