PT KAI Divre III Petakan 35 Jalur Kereta Api Rawan di Sumsel

Pemeriksaan dilakukan secara manual di jalur kereta

Intinya Sih...

  • PT KAI Divre III Palembang meningkatkan kewaspadaan terhadap 35 titik rawan bencana di jalur kereta api.
  • Jalur Prabumulih Baru-Penimur, Niru-Blimbing, Pendopo-Gunung Megang, dan Muara Enim masuk dalam kategori rawan longsor dan amblas.
  • Pemeriksaan rel dilakukan secara manual dengan pemeriksaan rutin oleh petugas lapangan dan persiapan alat mekanik untuk penanganan cepat.

Palembang, IDN Times - PT KAI Divre III Palembang melakukan antisipasi titik rawan bencana di jalur kereta api dengan meningkatkan kewaspadaan. Total ada 35 titik rawan yang ada di jalur perlintasan.

"Dari hasil pemetaan, ada beberapa jalur yang masuk dalam daerah rawan longsor dan amblas," ungkap Manajer Humas PT. KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, Sabtu (20/1/2024).

Baca Juga: Lima Wilayah Sumsel Mengalami Banjir Setelah Diguyur Hujan 

1. Ada jalur rawan amblas dan longsor

PT KAI Divre III Petakan 35 Jalur Kereta Api Rawan di SumselPotret kereta api (unsplash.com/hydngallery)

Pihaknya menilai untuk jalur Prabumulih Baru-Penimur, Niru-Blimbing, Pendopo-Gunung Megang, dan Muara Enim masuk dalam kategori rawan. Lalu ada Banjarsari-Sukacinta, Bungamas-Saungnaga-Tebing Tinggi.

"Daerah-daerah tersebut sudah kita petakan rawan longsor dan amblas, perlu diwaspadai saat musim hujan," jelas dia.

Baca Juga: Muba Anggarkan BTT Rp800 Juta Atasi Longsor Sungai Lilin

2. Pemeriksaan jalur kereta api dilakukan secara manual

PT KAI Divre III Petakan 35 Jalur Kereta Api Rawan di Sumselilustrasi traveling naik kereta (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Aida menambahkan, untuk pemeriksaan rel juga dilakukan secara rutin dengan cara manual. Petugas pemeliharaan memeriksa dengan berjalan kaki dari dan menuju setiap stasiun.

"Petugas di lapangan melakukan pemeriksaan rutin dan menyiapkan peralatan mekanik seperti eskavator dan MTT (tamping machine, alat bantu dalam perawatan jalan rel) untuk mempercepat proses penanganan di lintas jalur dalam situasi cuaca yang tidak menguntungkan," ungkap dia.

3. Sebanyak 23 Amus disiagakan

PT KAI Divre III Petakan 35 Jalur Kereta Api Rawan di SumselKA 6 Argo Wilis Bandung - Surabaya (instagram.com/rony.ramdhani_25)

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya telah menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di 23 titik lokasi AMUS, seperti Kertapati, Simpang, Payakabung, Serdang, Glumbang, Lembak dan Prabumulih.

Kemudian di daerah, Prabumulih Baru, Penimur, Niru, Blimbing Pendopo, Gunung Megang, Ujanmas, Muara Gula, Muara Enim, Tanjung Enim Baru, Banjarsari, Sukacinta, Lahat, Sukarame, Saungnaga, Tebing Tinggi, dan Lubuk Linggau.

Baca Juga: 3 Daerah di Sumsel Dapat Peringatan Dini Bencana Hidrometeorologi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya