PSI Fantastis, Naik dari 55 Menjadi 1.979 Suara di Lubuk Linggau

PSI raih 55 suara versi C1 menjadi 1.979 suara di Sirekap

Intinya Sih...

  • PSI meraih 3,17% suara di Sumsel, menjadi partai ke-9 dengan 78.337 pemilih.
  • Suara PSI di Sirekap mengalami lonjakan di 45 TPS Kota Lubuk Linggau.
  • Data C1 menunjukkan PSI hanya raih 55 suara, namun meningkat menjadi 1.979 suara di Sirekap.

Palembang, IDN Times - Suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terus mengalami lonjakan suara, termasuk di Sumatra Selatan (Sumsel). Berdasarkan data Real Count per pukul 18.07 WIB, Minggu (3/3/2024), PSI merengkuh 3,17 persen suara atau sekitar 78.337 pemilih dan menjadi partai ke-9 yang meraih suara terbanyak di Sumsel.

Menggelembungnya suara PSI di aplikasi resmi Sirekap terindikasi mengalami ketidaksesuaian data dari hasil C1 di TPS. Suara PSI mengalami lonjakan di 45 TPS Kota Lubuk Linggau.

Baca Juga: Bawaslu Sumsel Temukan Indikasi Penggelembungan Suara di OKU Selatan

1. Suara PSI naik berkali-kali lipat

PSI Fantastis, Naik dari 55 Menjadi 1.979 Suara di Lubuk LinggauKampanye akbar PSI di Bali (IDN Times/Ayu Afria)

Lima kecamatan di Lubuk Linggau yang mengalami lonjakan suara di Sirekap adalah Lubuk Linggau Timur II, Lubuk Linggau Selatan I, Lubuk Linggau Barat II, Lubuk Linggau Selatan II, dan Lubuk Linggau Utara I.

Dari data C1, PSI hanya memperoleh 55 suara di 45 TPS. Namun data di Sirekap meningkat menjadi 1.979 suara. Di TPS 001 Kecamatan Lubuk Linggau Timur II, Kelurahan Mesat Senin PSI hanya meraih satu suara dari hasik C1. Namun di data Sirekap suara PSI melonjak drastis menjadi 53 suara.

Selanjutnya di kelurahan yang sama di TPS 002, PSI tak memperoleh suara sama sekali namun memperoleh 28 suara di Sirekap. Begitu juga di TPS 003, PSI hanya mendapat tiga suara dengan total suara 29 di Sirekap.

Lalu di TPS 004 PSI tak mendapat suara namun data Sirekap mencapai 36 suara. TPS 005 PSI hanya meraih satu suara dengan hasil Sirekap 39 suara, diikuti TPS 006 tanpa suara namun berubah menjadi 47 suara. Sedangkan di TPS 007 dan TPS 008 memperoleh lima suara di kedua TPS, hanya saja data Sirekap naik menjadi 70 suara.

Baca Juga: Partisipasi PSL di Palembang Diklaim Tinggi Hingga 78 Persen

2. Bawaslu minta laporkan jika ada kejanggalan

PSI Fantastis, Naik dari 55 Menjadi 1.979 Suara di Lubuk LinggauKampanye PSI di GOR Ken Arok Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Dugaan penggelembungan suara di Sirekap itu menjadi contoh sedikit suara PSI yang mengalami lonjakan di wilayah Sumsel. Menanggapi hal itu, Bawaslu Sumsel mengatakan data hasil di Sirekap bukan hasil akhir dari pemilihan. Sejauh ini proses rekapitulasi terus berlangsung secara berjenjang dari TPS, Kecamatan, Kota atau Kabupaten dan nantinya Provinsi.

"Jika ditemui kejanggalan bisa disampaikan keberatan dan dilaporkan. Proses rekap ini masih berjalan hingga rekap akhir nasional, bila ada data dugaan pelanggaran silakan laporkan," ungkap Komisioner Bawaslu Sumsel, Ahmad Naafi.

3. Lubuk Linggau masuk wilayah yang sudah selesaikan proses rekapitulasi

PSI Fantastis, Naik dari 55 Menjadi 1.979 Suara di Lubuk LinggauKetum PSI Kaesang Pangarep kampanye terbuka di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel mencatat sudah ada empat wilayah yang menyelesaikan proses rekapitulasi atau penghitungan suara di tingkat kabupaten atau kota. Keempat wilayah yang dimaksud adalah Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Prabumulih, Pagar Alam, dan Lubuk Linggau.

"Hanya empat daerah yang telah menyelesaikan rekapitulasi, sementara masih ada 13 kabupaten dan kota yang masih melakukan rekapitukasi," ungkap Komisioner KPU Sumsel Divisi Teknis dan Penyelenggara, Handoko.

Baca Juga: 20 TPS di Palembang Serentak Gelar PSL Pemilihan Legislatif

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya