Proses Pengerjaan Tol Palembang-Kayuagung Tak Ganggu Jadwal Peresmian

Peresmian Tol Trans Sumatera Lampung - Palembang 8 November 

Palembang, IDN Times - Waskita Sriwijaya Tol (WST) masih mengevaluasi pembangunan ruas Jalan Tol Palembang-Kayuagung, yang rencananya bakal diresmikan Presiden RI, Joko "Jokowi" Widodo pada 8 November 2019 mendatang.  

Wakil Direktur Waskita Sriwijaya Tol, Bakti Setiawan mengatakan, pengerjaan Jalan Tol Palembang - Kayuagung yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera Lampung - Palembang ini masih melakukan berbagai evaluasi untuk memastikan kesiapan peresmian. 

"Awalnya 10 Oktober namun berubah nanti 8 November menunggu pelantikan presiden terpilih. Nanti diresmikan di Kayuagung," kata Wakil Direktur Waskita Sriwijaya Tol, Bakti Setiawan, Jumat (11/10).

1. Pengerjaan proyek Jalan Tol Palembang-Kayuagung sudah 98 persen

Proses Pengerjaan Tol Palembang-Kayuagung Tak Ganggu Jadwal PeresmianIDN Times/Rangga Erfizal

Bakti menjelaskan, saat ini proses pengerjaan proyek tersebut sudah mencapai 98 persen. Pihaknya juga lagi menyiapkan pengerjaan dan perapian marka, serta kontur jalan. Pada tiga hari terakhir ini, bersama tim dari Dishub Sumsel dan Korlantas telah melakukan uji coba untuk persiapan peresmian jalan tol.

"Misal, ada bagian tanah yang tidak rata atau aspalnya tidak bergeser, di cek lagi yang retak, agar ditangani. Selain itu sudah ada rekomendasi, sekitar 20 poin untuk perbaikan beberapa bagian," jelas dia.

Rekomendasi tersebut, sambungnya, mengenai persiapan jalan tol dari instansi terkait, terhadap uji laik Tol Palembang - Kayuagung yang akan dikerjakan dalam 9 hari ke depan.

"Rekomendasi itu harus disiapkan, sebab tanggal 20 Oktober nanti akan ada penilaian lagi dan kita harapkan saat itu sudah bisa fungsional," sambung dia.

2. Setelah peresmian, pemakaian jalan tol digratiskan selama dua pekan

Proses Pengerjaan Tol Palembang-Kayuagung Tak Ganggu Jadwal PeresmianIDN Times/Rangga Erfizal

Bakti menyampaikan, setelah diresmikan jalan tol akan digratiskan selama dua minggu dan selebihnya sudah dikenakan tarif berbayar.

"Mungkin saja dua minggu di gratiskan, selebihnya sudah operasional berbayar. Kita fokus pada penyelesaian saja," ujar dia.

Baca Juga: Perkembangan Tol Trans Sumatera: Masih Terkendala Pembebasan Lahan

3. Waskita Sriwijaya Tol kerjakan perbaikan sesuai catatan evaluasi dari instansi terkait

Proses Pengerjaan Tol Palembang-Kayuagung Tak Ganggu Jadwal PeresmianIDN Times/Rangga Erfizal

Sementara, Kepala Proyek Seksi Satu Tol Palembang - Kayuagung, Gunawan Joko mengatakan, persiapan jalan tol saat ini memang terus dikejar. Termasuk ada beberapa catatan tentang evaluasi yang diberikan instansi terkait.

"Beberapa yang harus diperbaiki itu yang tidak sempurna, aspal yang belum selesai, dan kondisi lahan yang belum bebas. Namun itu tidak mengganggu persiapan untuk peresmian nanti. Kapan pun siap diresmikan kami standby," tandas Gunawan.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya