Pj Gubernur Sumsel Petakan Langkah Kolaborasi Penanganan Karhutla

Pj Gubernur Sumsel utamakan ubah budaya warga membakar lahan

Intinya Sih...

  • Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi, melakukan kolaborasi dengan Forkompimda Sumsel untuk penanganan karhutla.
  • Langkah-langkah antisipasi karhutla meliputi penetapan status siaga darurat, pembentukan satgas, pendirian posko, dan sosialisasi.
  • Penetapan status siaga darurat dilakukan setelah 3 wilayah kabupaten dan kota menetapkan status siaga sebagai syarat.

Palembang, IDN Times - Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi, bergerak cepat membahas antisipasi karhutla di Bumi Sriwijaya. Pasca dilantik, Elen menyebut dirinya langsung melakukan kolaborasi bersama Forkompimda Sumsel membahas langkah tepat menangani karhutla.

"Dari awal kita terus melakukan kolaborasi juga bersinergi dengan stakeholder terkait penanganan karhutla," jelas Elen, Kamis (27/6/2024).

Baca Juga: Sumsel Pinjam 8 Helikopter BNPB untuk Penanganan Karhutla

1. Ajak pendekatan ke masyarakat demi cegah karhutla

Pj Gubernur Sumsel Petakan Langkah Kolaborasi Penanganan KarhutlaPJ Gubernur Sumsel Elen Setiadi (Dok: istimewa)

Elen mengatakan, beberapa langkah diawali dengan penetapan status siaga darurat, pembentukan satgas penanganan karhutla, pendirian posko di wilayah rawan, dan sosialisasi telah dilakukan Pemprov Sumsel. Untuk itu, penanganan karhutla harus melibatkan pemerintah dan sektor swasta.

"Kami sudah membahas masalah karhutla dengan Kapolda. Kita juga melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk mengubah budaya membakar lahan," jelas dia.

Baca Juga: Sumsel Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla Hingga November 2024

2. Karhutla berdampak buruk ke semua lini

Pj Gubernur Sumsel Petakan Langkah Kolaborasi Penanganan KarhutlaKebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Wilayah Ogan Ilir (Dok: Mangga Agni)

Menurutnya, karhutla memiliki dampak negatif yang luas terhadap lingkungan, ekonomi, hingga transportasi. Dirinya berharap sosialisasi mengenai karhutla terus dilakukan sebagai pencegahan.

"Antisipasi karhutla tahun ini diharapkan lebih baik. Antisipasi dapat juga dilakukan secara terorganisir ke kabupaten dan kota," jelas dia.

3. Sumsel sudah tetapkan status siaga darurat

Pj Gubernur Sumsel Petakan Langkah Kolaborasi Penanganan KarhutlaKebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Wilayah Ogan Ilir (Dok: Mangga Agni)

Diberitakan sebelumnya, Pemprov Sumatra Selatan (Sumsel) menetapkan Status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Keputusan ini dilakukan setelah 3 wilayah kabupaten dan kota seperti Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin (Muba) dan Banyuasin telah mengeluarkan status siaga.

"Terhitung 13 Juni 2024 Pemprov Sumsel sudah menetapkan status siaga darurat," ungkap Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Sumsel, Sudirman, Senin (24/6/2024).

Penetapan status siaga darurat ditingkat Provinsi tersebut baru bisa dilakukan setelah ada 3 daerah dari dua minimal daerah berstatus siaga sebagai syarat. Penetapan ini dilakukan, agar penanganan Karhutla dapat lebih terkoordinasi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

"Sudah sembilan kabupaten/kota di Sumsel berproses untuk menaikkan status siaga darurat," jelas dia.

Baca Juga: 3 Daerah Status Siaga Darurat, Sumsel Mulai Antisipasi Karhutla

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya