Pilgub Sumsel, HDCU Mendaftar ke KPU 27 dan Matahati 29 Agustus

Para calon akan segera tes kesehatan setelah daftar

Intinya Sih...

  • Pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur Sumsel dibuka oleh KPU Sumsel
  • Dua pasangan calon HDCU dan Matahati sudah menjadwalkan pendaftaran
  • Para cakada yang mendaftar akan segera melakukan tes kesehatan hingga 2 September 2024

Palembang, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel akan segera membuka pendaftaran Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, Selasa (27/8/2024) besok. Dua pasangan calon Herman Deru-Cik Ujang (HDCU) dan Mawardi Yahya-RA Anita Noeringhati (Matahati) sudah menjadwalkan pendaftaran ke Kantor KPU Sumsel, Jakabaring, Palembang.

"Baru dua paslon yang menjadwalkan pendaftaran ke KPU Sumsel. Herman HDCU akan mendaftar di KPU Sumsel Selasa besok (27/8/2024) dan Mawardi Matahati, Kamis (29/8/2024) nanti atau saat hari terakhir," jelas Anggota KPU Sumsel Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Handoko, Senin (26/8/2024).

Baca Juga: Ada Syarat Baru, KPU Sumsel Buka Cakada Pendaftaran Besok

1. HDCU diperkirakan mendaftar pagi jelang siang

Pilgub Sumsel, HDCU Mendaftar ke KPU 27 dan Matahati 29 AgustusPartai Demokrat mengusung Herman Deru dan Cik Ujang sebagai Cagub serta Cawagub Sumsel dalam Pilkada 2024 (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Handoko menjelaskan, KPU Sumsel akan membuka pendaftaran Cakada pada pukul 08.00 WIB. Tim HDCU dijadwalkan datang pukul 10.30 WIB sedangkan Tim Matahati akan mendatangi KPU Sumsel, dua hari berikutnya di jam yang belum ditentukan.

"Pada dasarnya kita siap menunggu pendaftaran para Bacakada Sumsel. Pada 27-28 Agustus pendaftaran dilakukan mulai pukul 08.00 WIB-16.00 WIB. Sedangkan hari terakhir pendaftaran (29/8/2024) hingga pukul 23.59 WIB," jelas dia.

2. Pasangan Hapal belum masuk jadwal

Pilgub Sumsel, HDCU Mendaftar ke KPU 27 dan Matahati 29 AgustusHeri Amalindo-Popo Ali resmi didukung PKB di Pilkada Sumsel 2024 (Dok: tim pemenang Hapal)

Handoko menambahkan, belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai calon lain yang akan maju di Pilkada Sumsel selain pasangan HDCU dan Matahati.

"Untuk Hapal dan bacakada yang lainnya belum ada. Baru dua paslon itu yang menjadwalkan pendaftaran hingga pagi ini," jelas dia.

Para cakada yang nantinya mendaftar ke KPU Sumsel akan segera diarahkan melakukan pemeriksaan kesehatan hingga 2 September 2024 mendatang. Pelaksanaan tes kesehatan akan berlangsung di RSUP Mohamad Hoesain Palembang.

"Ketika mereka sudah mendaftar nanti kita arahkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di RS yang sudah kami tunjuk, yakni RSUP Mohammad Hoesin Palembang," jelas dia.

3. Timses dibatasi 130 orang hadir di KPU

Pilgub Sumsel, HDCU Mendaftar ke KPU 27 dan Matahati 29 AgustusIlustrasi pemimpin (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Handoko menjelaskan, pada masa pendaftaran masing-masing Tim Cakada dibatasi untuk hadir di Kantor KPU. Mereka hanya diperbolehkan mengajak 130 orang sesuai batas maksimal dapat ditampung KPU Sumsel.

"Di halaman kita batasi hanya 100 orang saja untuk massa. Sementara untuk di dalam di lantai 2 untuk pengurusan pendaftaran maksimal 30 orang untuk ketua, sekretaris parpol, LO dan tim kampanye. Nanti akan ada id card khusus untuk mereka," jelas dia.

Handoko mengatakan, KPU Sumsel terus melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian dan tim dari dishub untuk memastikan proses pendaftaran calon ke KPU berlangsung lancar. "Kita belum tahu berapa jumlahnya, masih menunggu Sprin dari Polda," jelas dia.

Baca Juga: Duel Petahana akan Warnai Pilkada 2024 Gubernur Sumsel

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya