Penumpang LRT Palembang Diizinkan Berbuka Puasa di Kereta

LRT Palembang beroperasi seperti biasa selama ramadan

Intinya Sih...

  • LRT Palembang izinkan penumpang berbuka puasa di kereta selama Ramadan, meskipun aturan resmi KAI melarang makan dan minum di dalam kereta.
  • Penumpang hanya diperbolehkan membawa makanan ringan dan minuman di botol untuk berbuka puasa, dengan imbauan agar tidak meninggalkan sisa makanan di dalam kereta.
  • Selama Ramadan, jadwal perjalanan LRT tidak mengalami perubahan dan jumlah penumpang terus meningkat, mencapai 740.041 penumpang dari 1 Januari hingga 10 Maret 2024.

Palembang, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional III mengizinkan penumpang Light Rail Transit (LRT) Palembang untuk makan dan minum saat berbuka puasa di kereta selama Ramadan.

"Namun selama bulan puasa Ramadan ini, kami memperbolehkan penumpang untuk berbuka puasa apabila masih dalam perjalanan, mengingat perjalanan LRT terakhir adalah pukul 19.01 WIB dari stasiun DJKA dan 19.55 dari stasiun Bandara," ungkap Manajer Humas PT KAI, Aida Suryanti, Selasa (12/3/2024).

Baca Juga: 3 Rumah Warga Hancur Ditimpa Crane Flyover Roboh; Dikira Mau Kiamat  

1. Berbuka di dalam kereta sebagai bentuk toleransi

Penumpang LRT Palembang Diizinkan Berbuka Puasa di Kereta(LRT Sumsel) IDN Times/istimewa

Aida menerangkan jika mengikuti aturan resmi KAI maka pihaknya melarang makan dan minum di kereta LRT, demi menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang.

"Tapi sebagai toleransi untuk menghormati penumpang yang menjalani ibadah puasa, segera berbuka puasa," jelas dia.

Baca Juga: KAI Kembalikan Tiket Penumpang 100 Persen Akibat Crane Flyover Ambruk

2. Diminta tidak tinggalkan sisa makanan

Penumpang LRT Palembang Diizinkan Berbuka Puasa di Kereta(LRT Sumsel) IDN Times/istimewa

Meski diperbolehkan berbuka puasa, pihaknya mengimbau penumpang agar tidak meninggalkan sisa makan dan minum di dalam kereta.

"Yang diperbolehkan terbatas hanya makanan atau snack ringan dan minuman di dalam botol untuk berbuka puasa," jelas dia.

3. LRT Sumsel tetap beroperasi seperti biasa

Penumpang LRT Palembang Diizinkan Berbuka Puasa di Kereta(Loket tiket LRT Sumsel) IDN Times/istimewa

Aida pun menambahkan, selama Ramadan pihaknya tidak melakukan perubahan jadwal perjalanan melainkan berjalan seperti biasa. Adapun jadwal kereta pertama akan berlangsung dari pukul 05.06 WIB hingga pukul 20.43 WIB untuk perjalanan terakhir.

Selain itu, selama triwulan I tahun 2024, jumlah penumpang LRT terus menunjukkan peningkatan, dimana dari tanggal 1 Januari hingga 10 Maret, tercatat 740.041 penumpang dengan rata-rata 10.572 setiap harinya.

"Selama puasa tetap sama dengan 94 perjalanan dan jarak antar stasiun (headway) 18 menit," tutup Aida.

Baca Juga: 4 Senator Terpilih di Sumsel Merupakan Kerabat Politisi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya