Pengundian Nomor Urut Pilgub Sumsel: HDCU 1, E-RA 2, Matahati 3 

Semua pasangan kompak pakai baju ciri khas masing-masing

Intinya Sih...

  • KPU Sumsel gelar rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 2025-2029.
  • Paslon menerima surat keputusan penetapan calon terkait ketetapan nomor urut untuk digunakan dalam kontestasi pilkada.
  • Paslon HDCU, E-RA, dan Matahati kompak mengenakan baju ciri khas masing-masing dengan dukungan partai politik yang berbeda.

Palembang, IDN Times - Komisi Pemilihan  Umum (KPU) Provinsi Sumatra Selatan menggelar Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 2025-2029. Rapat pleno tersebut diselenggarakan di kantor KPU Sumsel di kawasan Jakabaring Palembang dihadiri ketiga paslon.

"Dengan hasil pengambilan nomor urut maka pasangan dengan nomor urut satu Herman Deru-Cik Ujang (HDCU), pasangan nomor dua Eddy Santana Putra-Rizky Aprilia (E-RA). Selanjutnya pasangan calon nomor tiga Mawardi Yahya-RA Anita Noeringhati (MataHati)," ungkap Ketua KPU Sumsel, Andika Pranata Jaya, Senin (23/9/2024).

Baca Juga: KPU Tetapkan Jumlah DPT Pilkada 2024 Sumsel 6.382.739 Pemilih

1. Ketiga paslon resmi gunakan nomor urut saat pilkada

Pengundian Nomor Urut Pilgub Sumsel: HDCU 1, E-RA 2, Matahati 3 Pasangan urut 1 HDCU, pasangan urut 2 E-RA, pasangan urut 3 Matahati di Pilgub Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Usai pengundian, para paslon gubernur dan wakil gubernur menerima surat keputusan penetapan calon terkait ketetapan nomor urut. Menurut Andika, nomor tersebut akan digunakan oleh para paslon dalam menjalani kontestasi pilkada.

"Penetapan ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan KPU Nomor 122 Tahun 2024 tentang penetapan nomor urut maka dengan resmi pasangan calon menerima nomor urut yang telah ditetapkan," ungkap dirinya.

2. Para paslon hadir didampingi pendukung dan parpol pengusung

Pengundian Nomor Urut Pilgub Sumsel: HDCU 1, E-RA 2, Matahati 3 Pasangan urut 1 HDCU, pasangan urut 2 E-RA, pasangan urut 3 Matahati di Pilgub Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Pasangan nomor urut 1 HDCU kompak mengenakan kemeja putih dan menggunakan sepan dasar warna hitam. Ketiganya hadir bersama para pendukung dan barisan parpol pengusung Nasdem, Demokrat, PKS, PSI, PBB dan Perindo.

Sedangkan pasangan nomor urut dua E-RA mengenakan kemeja batik dan sepan dasar hitam dalam balutan warna merah. Keduanya didukung oleh partai PDI Perjuangan.

Sementara pasangan Matahati memakai kemeja biru layaknya Prabowo-Gibran dalam Pemilu lalu. Pasangan Matahati didukung oleh Koalisi KIM Plus di antaranya,l pengusung Gerindra, Golkar, PAN, PPP, PKN, PKB, Hanura, Gelora Garuda dan Prima.

3. Berharap Pilkada Sumsel berjalan riang gembira

Pengundian Nomor Urut Pilgub Sumsel: HDCU 1, E-RA 2, Matahati 3 Pasangan Calon nomor urut 1 (IDN Times/Rangga Erfizal)

Momen keakraban terjadi saat berlangsungnya pengundian nomor urut calon Gubernur Sumsel Mawardi Yahya menyalami Herman Deru merupakan mantan pasangannya di Pilgub Sumsel 2018 silam. Keduanya sempat berbicara sebentar sebelum berlanjut menyalami pasangan lainnya.

Dalam sambutannya ketiga calon Gubernur sepakat membawa Pilkada Sumsel kali ini dengan riang gembira. Mereka berharap Pilkada dapat menemukan pemimpin terbaik untuk Sumsel.

"Marilah kita berkompetisi dengan sehat dengan standar yang berlaku di Sumsel dan Indonesia. Siapapun yang menang akan didukung oleh seluruh masyarakat Sumsel," jelas Herman Deru singkat.

Baca Juga: KPU Tetapkan 3 Pasangan Calon Gubernur Sumsel Pilkada 2024

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya