Pengendara Tol Kayuagung-Palembang Dihadang Petugas di Pintu Keluar

Petugas memeriksa suhu tubuh pengendara 

Palembang, IDN Times - Sepekan setelah ruas tol Kayuagung-Palembang diresmikan, jumlah kendaraan yang melintas mencapai ribuan unit setiap hari. Tingginya jumlah pengendara yang masuk ke Kota Palembang membuat pengelola tol tak ingin kecolongan di tengah pandemi COVID-19.

Pengelola tol membentuk tim yang dibantu hingga 10 orang anggota TNI-Polri dan tenaga kesehatan, menghadang pengendara di pintu keluar Tol Jakabaring untuk memeriksa suhu tubuh.

"Kami lakukan pemeriksaan bagi pengendara yang masuk ke Kota Palembang setiap harinya. Jika suhu tubuh pengendara tinggi, mereka akan dikawal petugas kesehatan menuju Rumah Sakit atau ODP Center di Jakabaring Sport City (JSC)," ujar Pemimpin Proyek Waskita Sriwijaya Tol, Yusuf Ar Rosadi kepada IDN Times, Kamis (9/4).

1. Rata-rata pengendara berasal dari Lampung

Pengendara Tol Kayuagung-Palembang Dihadang Petugas di Pintu KeluarPengendara yang melintas di tol Kayuagung Palembang (IDN Times/Istimewa)

Menurut Yusuf, antusias masyarakat terhadap tol Kayuagung-Palembang cukup tinggi. Dari data PT Waskita Sriwijaya Tol pada tanggal 1 April, terdapat 6.257 kendaraan yang lewat. Sehari setelahnya meningkat hingga 7.127 unit kendaraan.

Bahkan kemarin (8/4), kendaraan yang menggunakan jalan tol Kayuagung-Palembang mencapai 8.009 unit. "Rata-rata mereka dari Lampung menuju Palembang atau sebaliknya," ujarnya.

2. Tol diperkirakan masih gratis hingga lebaran mendatang

Pengendara Tol Kayuagung-Palembang Dihadang Petugas di Pintu KeluarKondisi gate pintu tol di kawasan Jakabaring (IDN Times/Rangga Erfizal)

Meski telah seminggu diresmikan, namun pengendara yang melintas di tol Kayuagung-Plembang belum dikenakan tarif. Bahkan belum ada kepastian besaran tarif oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

"Sejak operasional belum berbayar. Kami perkirakan masih gratis sampai Hari Raya Idul Fitri nanti. Namun kami imbau masyarakat sebaiknya jangan berpergian dulu ke luar kota kecuali sangat penting, mengingat sekarang pandemi COVID-19," ujarnya.

3. Siagakan PJR pantau ketat muatan kendaraan

Pengendara Tol Kayuagung-Palembang Dihadang Petugas di Pintu KeluarTol Palembang - Kayuagung (IDN Times/Rangga Erfizal)

Yusuf menambahkan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerapkan aturan sendiri bagi kendaraan yang memiliki beban di luar ketentuan. Pihaknya melarang tegas dan menindak kendaraan dengan muatan berlebih.

"Jika kedapatan masuk tol akan ditindak Patroli Jalan Raya (PJR)," tegasnya.

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya