Penembak Penjual Asongan di Palembang Diduga Oknum Anggota Polres OKI

Diduga terdesak akibat di Palak. Propam dalami kejadian

Palembang, IDN Times - Pelaku penembakan pedagang asongan di Simpang Macan Kumbang, Palembang, Senin (22/7) kemarin, diduga bernama Brigpol IP, oknum polisi yang bertugas di Polres Ogan Komering Ilir (OKI).

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi membenarkan hal tersebut. Menurut dia, kejadian penembakan itu bermula ketika Brigpol IP lagi membawa kendaraan milik orangtuanya dan tiba-tiba dihentikan oleh korban Muhammad Ridwan Alias Dedek (37) bersama rekan-rekannya.

"Penembakan kemarin di Jalan Soekarno Hatta (Soeta), Simpang empat Macan Lindungan benar terjadi. Penembak kemarin memang anggota kita, saat ini tengah diperiksa di Polresta Palembang," Selasa (23/7).

1. Korban pertahankan diri saat dipalak dengan sajam

Penembak Penjual Asongan di Palembang Diduga Oknum Anggota Polres OKIIDN Times/Rangga Erfizal

Supriadi mengungkapkan, dari informasi awal, diketahui bahwa oknum polisi yang saat itu dicegat oleh komplotan pemalak dan memaksa sambil mengeluarkan sajam, sehingga terjadi cek-cok.

"Saat di lampu merah didatangi beberapa orang termasuk yang meninggal. Terjadilah perselisihan, orang itu meminta uang dan mereka berkelompok sambil menodongkan sajam. Karena terjepit, akhirnya anggota kita melepaskan tembakan," ungkap dia.

Brigpol IP, sambungnya, melepaskan tembakan tepat di dada kiri Ridwan hingga korban tersungkur bersimbah darah. Menurut Supriadi, pelaku pemalak yang ditembak merupakan residivis dan laporan tentang dirinya telah diterima di Polsek IB 1.

"Pelaku pemalak (korban Ridwan) merupakan pelaku yang sama dengan LP di polsek IB 1. Memang pelaku dicari oleh Jatanras Polda dan Polresta Palembang. Kita masih periksa di Polresta," sambung dia.

2. Brigpol IP digiring ke Propam

Penembak Penjual Asongan di Palembang Diduga Oknum Anggota Polres OKIDok.IDN Times/Istimewa

Kapolresta Palembang, Kombes Pol Didi Hayamansyah menuturkan, bahwa pelaku Brigpol IP diperiksa bagian Propam untuk memeriksa kronologis kejadian. Pemeriksaan tersebut dilakukan tertutup.

Menurut Didi, Brigpol IP merupakan anggota polisi dari kesatuan Polres OKI yang lagi  membawa mobil milik orangtuanya.

"Benar, anggota yang melaporkan penembak di TKP (Tempat Kejadian Perkara) simpang Macam lindungan. Anggota itu merupakan anggota dari Polres OKI yakni Brigpol IP," Ujar Didi.

3. Oknum Brigpol IP melapor ke Polresta karena dipalak

Penembak Penjual Asongan di Palembang Diduga Oknum Anggota Polres OKIIDN Times/Rangga Erfizal

Didi melanjutkan, pelaku Brigpol IP melapor ke Polresta pada Senin (22/7), sekitar pukul 17.23 WIB, tentang kejadian pemalakan yang membuat dirinya terdesak, sehingga memilih menembakan senjata apinya ke pelaku pemalakan.

"IP kemarin hendak melaporkan, kalau dirinya sudah menjadi korban yang dilakukan pelaku. Diduga terdesak dan diancam pelaku, IP pun langsung menembaknya," ujar dia.

Baca Juga: Tembak Pedagang Asongan hingga Tewas, Supir Truk Langsung Kabur

4. Tempat penembakan memang lokasi pemalakan mobil luar kota

Penembak Penjual Asongan di Palembang Diduga Oknum Anggota Polres OKIDok.IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, kejadian penembakan tersebut lantaran korban terlibat ribut dengan seorang sopir truk sehingga mengalami luka di dada kiri.

"Kita masih lakukan pemeriksaan terkait kronologis kejadian. Dari keterangan IP, saat kejadian dirinya membawa mobil milik orangtuanya, truk pelat G. Diduga, oleh Ridwan (korban) mobil yang dikendarai oleh IP bernomor polisi dari luar kota, langsung ditodong Ridwan. Tetapi semua masih dalam pemeriksaan, nanti pasti kami sampaikan hasil pemeriksaan," tandas Didi.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya