Pemudik dari Pulau Jawa Diprediksi Berdatangan Mulai H-5 Lebaran

375.913 kendaraan masuk Sumsel saat mudik tahun lalu

Intinya Sih...

  • Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 8 dan 9 April atau pada H-2 dan H-1 lebaran. Arus balik diprediksi terjadi mulai Minggu (14/4/2024).
  • Jumlah pemudik yang akan ke Sumsel diprediksi meningkat hingga tujuh persen, tanpa adanya pembatasan seperti hari raya sebelumnya.
  • Dari data arus mudik pada 2023 silam, pihaknya mencatat ada 375.913 kendaraan yang masuk Sumsel, dengan jumlah pemudik melalui tol Trans Sumatra ruas Lampung-Palembang mencapai 159.609 kendaraan.

Palembang, IDN Times - Pemudik dari Pulau Jawa diprediksi akan memenuhi terminal stasiun hingga jalur Tol Trans Sumatra di wilayah Sumatra Selatan (Sumsel). Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel, Arinarsa JS, mengatakan arus mudik diprediksi terjadi pada akhir pekan sebelum Lebaran atau dimulai H-5, Jumat (5/4/2024). Sementara arus balik diprediksi terjadi mulai Minggu (14/4/2024).

"Puncak arus mudik akan terjadi pada 8 dan 9 April atau pada H-2 dan H-1 lebaran. Sedangkan puncak arus balik diprediksi terjadi pada H+3 atau 14 April. Saat puncak itu, kita menempatkan personel di titik-titik rawan kemacetan," ungkap Arinarsa, Selasa (26/3/2024).

Baca Juga: Penumpang Bandara SMB II Palembang Bakal Naik 3 Persen saat Lebaran

1. Jumlah pemudik diprediksi meningkat 7 persen

Pemudik dari Pulau Jawa Diprediksi Berdatangan Mulai H-5 LebaranIlustrasi jalan tol fungsional untuk mudik Lebaran. (dok. Kementerian PUPR)

Arinarsa menjelaskan, jumlah pemudik yang akan ke Sumsel diprediksi meningkat hingga tujuh persen. Tak adanya pembatasan seperti hari raya sebelumnya menjadi faktor peningkatan tersebut.

"Diperkirakan ada kenaikan pemudik pada arus mudik lebaran tahun ini sekitar 5 sampai 7 persen. Kenaikan itu total dari seluruh moda transportasi, baik melalui udara, darat tol, dan non tol serta dari pelabuhan," jelas dia.

Baca Juga: Pegadaian Palembang Ajak Mudik Gratis ke Padang Hingga Surabaya

2. Tol Trans Sumatra jadi pilihan pemudik

Pemudik dari Pulau Jawa Diprediksi Berdatangan Mulai H-5 LebaranIlustrasi jalan tol fungsional untuk mudik Lebaran. (dok. Kementerian PUPR)

Dari data arus mudik pada 2023 silam, pihaknya mencatat ada 375.913 kendaraan yang masuk Sumsel. Angka tersebut berasal dari pemantauan sebelum dan sesudah arus mudik.

Untuk pemudik yang datang dari jalan Tol Trans Sumatra ruas Lampung-Palembang tercatat mencapai 159.609 kendaraan, sedangkan untuk ruas Indralaya-Prabumulih mencapai 181.043.

Sedangkan untuk kendaraan yang melintas melalui Pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA) tercatat ada 4.716 kendaraan. Untuk non tol 29.018 kendaraan dan bus yang masuk terminal 1.526 kendaraan.

Baca Juga: Tiga Daerah Sumsel Diprediksi Jadi Pusat Kemacetan Saat Lebaran

3. Transportasi umum tetap jadi pilihan masyarakat mudik

Pemudik dari Pulau Jawa Diprediksi Berdatangan Mulai H-5 LebaranPerjalanan KA dari stasiun Kertapati Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sementara itu, pergerakan pemudik menggunakan transportasi umum pada 2023 melalui Bandara SMB II Palembang tercatat mencapai 98.761 orang. Kenaikannya mencapai 34 persen.

Sedangkan untuk pemudik dari Pelabuhan TAA mencapai 19.796 orang atau naik 41 persen. Lalu untuk pemudik di stasiun kereta api mencapai 15.302 orang atau 15 persen.

Baca Juga: Jalan Tol Terbanggi-Kayu Agung Diperbaiki, Akhir Maret Selesai

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya