Pasien Sembuh di Sumsel Sudah Hampir 400 Orang 

Alhamdulillah, tak ada kasus meninggal yang bertambah

Palembang, IDN Times - Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Selatan (Sumsel), Yusri mengungkapkan, perkembangan kasus sembuh terhitung cukup tinggi. Hari ini saja ada penambahan 47 orang yang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan. 

"Kita mendapatkan kasus sembuh yang tinggi. Sehingga jumlah kasus positif di Sumsel yang berhasil Survive menjadi 391 orang. Sebanyak 24 orang dari Palembang, satu orang dari Mura dan Banyuasin serta PALI, tujuh orang dari Lubuk Linggau, dua orang Prabumulih, dan 11 orang dari Prabumulih," ujar Yusri, Senin (8/6).

1. Semakin sering swab gratis diadakan, semakin cepat ditemukan kasus positif

Pasien Sembuh di Sumsel Sudah Hampir 400 Orang Proses live report perkembangan COVID-19 di Sumsel (IDN Times/Humas Pemprov Sumsel)

Program tes swab gratis saat ini semakin sering dilakukan. Beberapa perusahaan daerah maupun milik negara, melakukan tes swab kepada masyarakat. Hal itu disambut baik Gugus Tugas agar cepat mendata sebaran virus corona.

"Banyaknya swab gratis akan semakin baik, karena indikatornya pasien baru akan ditemukan. Kalau angka positif semakin kecil, artinya sebaran semakin datar. Banyaknya swab berarti kita bisa melihat apakah Sumsel sudah bebas COVID-19," jelas dia.

Baca Juga: BNI Adakan Swab Gratis untuk Ribuan Warga Palembang

2. Kasus positif bertambah 29 orang

Pasien Sembuh di Sumsel Sudah Hampir 400 Orang Jubir gugus tugas percepatan penanggulangan COVID-19 Sumsel, Yusri (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sedangkan untuk penambahan kasus baru di Sumsel saat ini ada 29 orang, yang berasal dari Palembang 20 orang, Lubuk Linggau lima orang, PALI dua orang, Muba dan Banyuasin masing-masing satu orang dan Banyuasin satu orang.

"Beberapa pasien yang memiliki keluhan dirawat di RS. Sedangkan kasus OTG ada yang isolasi mandiri," jelas dia.

3. Tidak ada penambahan pasien meninggal

Pasien Sembuh di Sumsel Sudah Hampir 400 Orang Jubir gugus tugas Sumsel (IDN Times/Humas Pemprov Sumsel)

Jumlah orang dalam pantauan (ODP) sejauh ini sudah mencapai 6.973 orang, dengan rincian selesai pemantauan 4.833 orang dan masih dalam pemantauan 2.140 orang. Kemudian pasien dengan pengawasan (PDP) terdapat 693 orang dengan hasil 284 orang dinyatakan selesai pemantauan, dan 409 orang lagi masih dalam pemantuan.

"Untuk hari ini tidak ada pasien meninggal, sehingga masih ada 42 orang yang telah dimakamkan," terang dia.

Baca Juga: Sumsel Jadi Perhatian Jokowi, IDI: Belum Masuk Puncak 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya