Pascaoperasi, Perawatan Bayi Kembar Siam Asal OKI Capai Rp950 Juta

BPJS Hanya biayai Rp120 Juta, Pemprov Sumsel danai sisanya  

Palembang, IDN Times - Jajaran dokter bedah Rumah Sakit Mohammad Hussein (RSMH) memang berhasil memisahkan bayi kembar siam parasit Aisyah dan Alisyah. Sayangnya, satu dari bayi tersebut, yakni Alisyah tak dapat diselamatkan dan meninggal dunia.

Usai operasi tersebut, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru menyempatkan diri menjenguk bayi Aisyah yang masih berada di RSHM Palembang. Setelah memperhatikan dengan seksama, Herman Deru menyayangkan bayi kembar siam parasit ini tidak bisa terdeteksi lebih dini. 

"Jadi saya akan tantang SDM di puskesmas. Kalau bisa menggunakan alat pendeteksi. Ke depan saya akan berikan fasilitas USG di Puskesmas tersebut. Percuma kalau kita beli alatnya (USG) tapi tidak bisa dioperasikan. Saya harap nanti pada SDM dapat segera belajar," ujar Herman Deru, Kamis (29/8).

1. Orangtua bayi kembar siam baru ketahui ada kelaian saat usia kandungan berjalan 7 bulan

Pascaoperasi, Perawatan Bayi Kembar Siam Asal OKI Capai Rp950 JutaIDN Times/Rangga Erfizal

Sebenarnya, Orin Safitri, ibu dari Aisyah dan Alisyah baru mengetahui ada kelainan pada anak yang lagi dikandungnya ketika memasuki masa kehamilan 7 bulan. Sehingga, tidak memungkinkan untuk melakukan tindakan cepat dan harus menunggu bayi tersebut dilahirkan.

Orin yang tercatat warga Desa Pancawarna, Kecamatan Pedamaran Timur, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) itu mengatakan, bahwa petugas puskesmas tempat dia memeriksa kandungannya sudah cukup sigap.

2. Operasi pemisahan bayi kembar siam parasit tergantung dari tubuh lainnya

Pascaoperasi, Perawatan Bayi Kembar Siam Asal OKI Capai Rp950 JutaIDN Times/Rangga Erfizal

Direktur Utama RSMH, Muhammad Syahril mengungkapkan, sebelum melakukan operasi pihaknya sudah memperkirakan bahwa satu dari bayi kembar siam tersebut kecil kemungkinan untuk bisa selamat. Karena, kondisi kembar siam parasit sangat bergantung dengan tubuh lainnya.

"Operasi pemisahan ini berlangsung selama 7 hingga 8 jam. Prosesnya langsung diawasi oleh Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya. Kami sudah minta izin dengan orangtua bayi dan mereka pun mengizinkan dilakukan pemisahan," ungkap dia.

"Operasi dilaksanakan pada Selasa (27/8) oleh 30 dokter spesialis, dan hasilnya satu harus meninggal. Sedangkan, satu lagi masih mendapat perawatan intensif di RSMH," sambungnya.

Baca Juga: Tahun 2021, Herman Deru Targetkan Sumsel Jadi Lumbung Pangan Nasional 

3. BPJS Hanya mengcover biaya keseluruhan sebesar Rp120 juta

Pascaoperasi, Perawatan Bayi Kembar Siam Asal OKI Capai Rp950 JutaIDN Times/Rangga Erfizal

Syahril menjelaskan, karena bayi Aisyah masih harus di awasi hingga 6 bulan ke depan, maka dana yang diperlukan mencapai Rp950 juta. Sementara, BPJS Kesehatan hanya meng-cover biaya sebesar Rp120 juta dari total keseluruhan. Namun, setelah berbicara dengan Gubernur Sumsel, biaya tersebut nanti akan di coveroleh Baznas.

"Alhamdulillah sebagian juga sudah ditanggung oleh pihak Pemprov Sumsel melalui Baznas. Sisanya, kami akan bantu dengan cara kami, mengingat orang tua bayi kurang mampu," jelas dia.

Syahril mengimbau, untuk orang tua yang lagi mengandung disarankan untuk sering memeriksakan kandungannya, agar saat ditemui kelainan cepat dilakukan tindakan.

"Sejauh ini jumlah kasus bayi kembar siam yang telah ditangani RSMH ada tiga kasus dan hasilnya cukup baik dan berhasil diselamatkan," tandasnya.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya