Partai Demokrat Sumsel Siapkan Kader Bertarung di Pilkada 2024

Sejumlah Ketua DPC maju Pilbup dan Pilwako 2024 Sumsel

Intinya Sih...

  • Beberapa ketua DPC Demokrat dan kader partai menyatakan sikap maju dalam Pilkada 2024 di Sumsel.
  • Langkah tersebut disambut baik oleh DPD Demokrat Sumsel karena memiliki peluang besar untuk mengirim kader terbaiknya.
  • Nama-nama seperti Yudha Pratama, Devi Arianto, Heri Martadinata, Deny Victoria, dan Holda siap mengikuti pencalonan.

Palembang, IDN Times - Sejumlah nama Ketua DPC Demokrat dan kader menyatakan sikap kepada DPD Demokrat Sumatra Selatan (Sumsel) untuk maju dalam Pemilihan Bupati (Pilbub), serta Pemilihan Wali Kota (Pilwako) di wilayahnya masing-masing.

Langkah tersebut disambut baik oleh DPD mengingat Partai Demokrat memiliki peluang besar mengutus kader terbaiknya dalam kontestasi Pilkada 2024 mendatang.

"Kemarin DPD Partai Demokrat Sumsel sudah melakukan rapat untuk persiapan penjaringan calon kepala daerah. Ada beberapa DPC yang sudah diterima informasinya, bahwa para ketua-ketua DPC berkeinginan untuk maju di Pilkada 2024," ungkap Sekretaris DPD Demokrat Sumsel, Muchendi, Kamis (18/4/2024).

Baca Juga: Klaim Restu AHY, Yudha Pratomo Deklarasikan Maju Pilwako Palembang

1. Nama-nama ketua DPC yang menyatakan diri maju

Partai Demokrat Sumsel Siapkan Kader Bertarung di Pilkada 2024Sekretaris DPD Demokrat Sumsel, Muchendi Mahzareki (Dok: istimewa)

Nama-nama seperti Ketua DPC Demokrat Palembang, Yudha Pratama Mahyudin; Ketua DPC Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Devi Arianto; Ketua DPC Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Heri Martadinata; Ketua DPC Prabumulih, Deny Victoria; Ketua DPC Empat Lawang, Holda, siap mengikuti pencalonan. Muchendi Mahzareki pun mengaku siap maju di Pilkada Ogan Komering Ilir (OKI).

"Kader-kader tersebut yang saat ini sudah menyampaikan informasi masih tetap dan berkeinginan untuk maju sebagai calon kepala daerah," jelas dia.

Baca Juga: Yakin Survei Tinggi, Panca Wijaya Akbar Kembali Maju Pilkada Ogan Ilir

2. Penjaringan Demokrat dibuka Mei

Partai Demokrat Sumsel Siapkan Kader Bertarung di Pilkada 2024Ketum Demokrat AHY turunkan APK di Jaksel/dok Demokrat

Wakil Ketua DPRD Sumsel menambahkan, nama-nama tersebut memiliki potensi besar untuk diajukan Demokrat dalam kontestasi mendatang. Selain baik dalam segi elektabilitas, mereka punya cukup modal dukungan partai serta masyarakat.

"Nanti di 9 Mei akan membentuk tim kepanitiaan untuk penjaringan calon kepala daerah dari tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota," jelas dia.

3. Demokrat cari teman koalisi

Partai Demokrat Sumsel Siapkan Kader Bertarung di Pilkada 2024Prabowo Subianto menyapa dan berjoget bersama puluhan ribu warga Malang dalam agenda kampanye nasional Partai Demokrat di Stadion Gajayana, Kota Malang. (dok. TKN Prabowo)

Muchendi pun optimis Partai Demokrat dapat mengajukan calon dalam Pilkada di beberapa kabupaten dan kota, lantaran suara legislatif yang diterima partainya cukup baik di Pileg lalu.

"Di tingkat kabupaten dan kota (Demokrat) banyak mengalami peningkatan kursi. Pada Pemilu 2019 lalu hanya ada tiga daerah yang duduk di pimpinan dewan, pada Pemilu 2024 ini tercatat ada 8 kabupaten dan kota yang mendapat kursi pimpinan," jelas dia.

Delapan kursi pimpinan tersebut ada di Kota Palembang, OKU Selatan, Lahat, Pagaralam, PALI, Prabumulih, OKI, dan Empat Lawang. Sejak awal, Partai Demokrat menekankan kepada kader yang di kabupaten/kota untuk meningkatkan jumlah kursi di DPRD masing-masing daerah, agar bisa mendekati ambang batas syarat pencalonan kepala daerah.

"Alhamdulilah, ada delapan daerah yang sudah mendekati ambang batas untuk pencalonan tersebut. Kalaupun berkoalisi, kurangnya tidak terlalu banyak," tutup dia.

Baca Juga: Beni Hernedi Klaim Dirinya Sebagai Underdog di Pilbup Muba 2024

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya