Panen Raya di Banyuasin, Pemprov Sumsel Pastikan Bahan Pokok Stabil

Pemprov Sumsel gencarkan pasar murah dan sidak pasar

Intinya Sih...

  • Pemprov Sumsel gencarkan pasar murah selama Ramadan untuk menekan harga kebutuhan bahan pokok.
  • Harga bahan pokok di Sumsel stabil, termasuk cabai, bawang merah, dan bawang putih. Panen raya berdampak pada stabilitas harga beras di Sumsel.
  • Program pasar murah bekerjasama dengan BUMD dan BUMN dilakukan untuk menjaga kestabilan harga. Sidak pasar terus dilakukan bersama Bareskrim Polri.

Palembang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) menggencarkan pasar murah selama Ramadan untuk menekan harga kebutuhan bahan pokok. Kenaikan harga di awal Ramadan tak terlalu berdampak karena harga-harga bahan pokok diklaim masih stabil.

"Harga bahan pokok di Sumsel stabil, baik dari cabai, bawang merah, bawang putih. Saat ini juga harga gabah sedang turun karena di Banyuasin sedang panen raya," ungkap Kepala Biro Perekonomian Setda Sumsel, Hengky Putrawan, Rabu (13/3/2024).

Baca Juga: Stok Kebutuhan Pokok Aman, Disdag Sumsel Minta Warga Tak Beli Berlebih

1. Sumsel suplai beras ke Jawa

Panen Raya di Banyuasin, Pemprov Sumsel Pastikan Bahan Pokok StabilIlustrasi beras (ANTARA FOTO/Dhimas Budi Pratama)

Hengky pun menyebut panen raya berdampak pada stabilitas harga beras di Sumsel. Ia tak menampik hal ini akan berdampak pada menurunnya harga beras medium dan premium di pasaran.

"Bahkan karena panen raya kita juga menyuplai kebutuhan beras ke Pulau Jawa," ungkap dia.

Baca Juga: 17 Nama Legislator Sumsel ke DPR RI, 9 Petahana dan 8 Nama Baru

2. Pemerintah akan rutin lakukan sidak

Panen Raya di Banyuasin, Pemprov Sumsel Pastikan Bahan Pokok StabilIlustrasi beras (ANTARA FOTO/Dhimas Budi Pratama)

Guna memastikan harga bahan pokok itu tetap stabil, Hengky memastikan program pasar murah bekerjasama dengan BUMD dan BUMN di Sumsel akan terus dilakukan. Terlebih pihaknya akan melakukan pemantauan harga di pasar-pasar tradisional.

"Sidak pasar terus dilakukan untuk menjaga kestabilan harga. Sidak ini kita lakukan bersama Bareskrim Polri. Harga beras, gula, minyak sampai saat ini masih stabil," jelas dia.

Dirinya tak menampik jika harga minyak goreng menjadi catatan dari pihak kepolisian dan pemerintah, lantaran dapat naik sewaktu-waktu karena suplainya terhambat. Untuk itu, pihaknya akan memastikan kenaikan harga tersebut bisa teratasi.

"Nanti kita akan sidak lagi dua pekan sebelum lebaran dan jelang lebaran," jelas dia.

3. Pemprov Sumsel gelar pasar murah di Kantor Disperindag

Panen Raya di Banyuasin, Pemprov Sumsel Pastikan Bahan Pokok StabilGelaran pasar murah untuk menekan kenaikan harga bahan pokok disejumlah pasar di Palembang (Dok: istimewa)

Senada, Plh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel, Henny Yulianti mengatakan, pihaknya membuka Pasar Murah di kantor.

Stok bahan pokok yang dijual berupa beras, minyak, hingga telur. Pihaknya pun meminta masyarakat tidak panik sehingga membeli bapok diluar kebiasaan.

"Harapan kita (ke depan) akan bertambah ada daging hingga bawang," tutup dia.

Baca Juga: Resep Ragit Khas Palembang yang Sering Diburu Saat Ramadan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya