Napi di Lahat Jebol Kamar Mandi dan Turun Gunakan Kain Sarung

Satu tahanan dibekap karena enggan ikut kabur

Lahat,IDN Times - Kasus kaburnya narapidana Lapas Kelas IIA di Lahat terus bergulir. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kantor Wilayah Sumatra Selatan (Kanwil Sumsel) membeberkan kisah pelarian kelima napi tersebut.

"Kami tidak akan tinggal diam, kami sudah melakukan pengejaran dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian Lahat," ungkap Kasubag Humas Kanwil Kemenkumham Sumsel, Hamsir Arrohman kepada IDN Times, Selasa (1/9/2020).

1. Tahanan kabur jebol tembok toilet

Napi di Lahat Jebol Kamar Mandi dan Turun Gunakan Kain SarungIlustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Pelarian napi narkotika itu diketahui terjadi sekitar pukul 00.51 WIB, saat perwira piket bernama Firzon selesai mengontrol tahanan. Selang 24 menit kemudian atau tepatnya pukul 01.15 WIB, komandan jaga bernama Joko Hariyanto mendengar teriakan dari kamar 34 dan 35 yang berada di lantai atas.

Betapa kagetnya penjaga mendapati ada lima orang tahanan yang berhasil kabur dengan menjebol tembok kamar mandi, yang bersebelahan langsung dengan Pasar Tradisional Modern (PSM) Serelo Lahat.

"Anggota regu jaga segera lari ke Brangggang dan mendapati tahanan tersebut sudah keluar tembok, menggunakan kain sarung yang diikat dan disambung-sambung," ujar dia.

Baca Juga: 5 Napi Narkotika di Lahat Kabur Bobol Dinding Lapas

2. Satu napi disekap karena menolak kabur

Napi di Lahat Jebol Kamar Mandi dan Turun Gunakan Kain SarungIlustrasi napi (Facebook/Komisi Pemberantasan Korupsi)

Dari pengecekan kamar nomor 35, tersisa satu tahanan yang tidak ikut kabur. Dirinya disekap oleh tahanan yang kabur dengan kaki dan tangan terikat sarung, serta mulut yang disumbat sobekan kain sarung. Kamar 35 merupakan ruang tahanan bagi napi yang diisolasi mandiri, dan diperuntukan kepada penghuni baru.

"Satu orang napi tidak ikut kabur setelah diajak kelima napi itu. Dia sempat diajak untuk kabur, namun menolak ajakan tersebut," beber dia.

3. Kemenkumham kerjasama dengan Polres Lahat memburu tahanan kabur

Napi di Lahat Jebol Kamar Mandi dan Turun Gunakan Kain SarungIlustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala Lapas yang menerima laporan tahanan kabur, lantas menyuruh anggotanya menyisir dan mengidentifikasi tempat pelarian para napi. Dirinya juga melaporkan kejadian ke Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham dan Kapolres Lahat.

Pihaknya telah mendata lima tahanan baru yang kabur tersebut. Yakni Yadi Agustian (24), Apandi (32), Mapi (30), Kevin Ragata (36), dan Sargani (35).

"Kami masih menyelidiki kasus kaburnya tahanan. Seluruh petugas yang terlibat akan di lakukan pemeriksaan, dan apabila ada unsur kesengajaan akan diberikan sanksi," tutup dia.

Baca Juga: Napi Lapas IIB Sekayu Kabur Gunakan Tangga di Siang Hari 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya