LRT Palembang Tambah Satu Rangkaian untuk Momen Lebaran 2024

Jadwal LRT Palembang bertambah jadi 102 kali per hari

Intinya Sih...

  • BPKARSS menambah 1 trainset LRT untuk momen lebaran 2024.
  • Jumlah perjalanan bertambah menjadi delapan kali per hari.
  • Rode optimis jumlah penumpang akan meningkat hingga 20.790 orang.

Palembang, IDN Times - Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumsel (BPKARSS) menambah satu trainset (rangkaian) kereta LRT dalam menghadapi momen lebaran 2024. Jika sebelumnya terdapat enaman sarana yang beroperasi, maka untuk lebaran akan ditambah 1 trainset.

"Operasional trainset ke-7 dilakukan pada 11-14 April dengan jadwal dari pukul 10.35 WIB-17.53 WIB," ungkap Kepala BPKRASS, Rode Paulus, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga: Palembang Butuh 8 Koridor Feeder LRT Akomodasi Kebutuhan Warga

1. Jumlah perjalanan meningkat selama lebaran

LRT Palembang Tambah Satu Rangkaian untuk Momen Lebaran 2024Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan memperpanjang pemberlakuan tarif promo LRT Jabodebek hingga 31 Maret 2024. (Dok. DJKA)

Rode menambahkan, penambahan trainset LRT akan membuat jumlah perjalanan bertambah menjadi delapan kali per hari. Perjalanan kereta pertama akan dimulai pukul 05.06 WIB dari stasiun DJKA-Bandara dan kereta terakhir pukul 19.50 WIB. Sedangkan untuk perjalanan sebaliknya dari Bandara-DJKA pada pukul 06.00-19.55 WIB.

"Penambahan jumlah trip akan meningkat dari 94 trip menjadi 102 trip per hari. Kita sengaja menambah trainset pada H+1 hingga H+4. Sebab dari catatan 2023 lalu pada waktu tersebut terjadi peningkatan okupansi LRT," jelas dia.

Baca Juga: 19 Ribu Orang Naik LRT Palembang Saat Malam Tahun Baru

2. Jumlah okupansi penumpang diprediksi meningkat

LRT Palembang Tambah Satu Rangkaian untuk Momen Lebaran 2024Ilustrasi penumpang LRT (Dok. KAI)

Menghadapi momentum lebaran 2024 tersebut, Rode optimis jumlah penumpang akan meningkat hingga 20.790 orang. Banyak pemudik pulang kampung dan mencoba LRT Palembang.

"Kami juga telah membuka posko angkutan Lebaran 2024 yang beroperasi pada 3-18 April 2024. Posko dijalankan petugas dari BPKARSS dan PT KAI. Internal kita ada 8 petugas per hari, bergantian memantau pelayanan di LRT Sumsel," beber dia.

3. Sarana LRT Sumsel dipastikan baik

LRT Palembang Tambah Satu Rangkaian untuk Momen Lebaran 2024LRT Jabodebek (instagram.com/lrtjkt)

Untuk memastikan kenyamanan penumpang pada masa libur lebaran mendatang, pihak BPKARSS telah memastikan semua sarana dalam keadaan baik. Pihaknya juga telah melakukan rampcheck Standar Pelayanan Mininum (SPM) serta pengecekan perjalanan kereta.

"Kami simpulkan semuanya berjalan dengan SOP yang tepat. Mulai dari layanan petugas, hingga kondisi perjalanan yang lancar," tutup dia.

Baca Juga: Penumpang LRT Palembang Diizinkan Berbuka Puasa di Kereta

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya