Lagi, Kabupaten Lahat Sumsel Diterjang Banjir dan Tanah Longsor

Tim gabungan Forkompinda dan warga langsung membersihkan

Lahat, IDN Times -Bencana tanah longsor dan banjir kembali menerjang dua kawasan berbeda di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel), sekitar pukul 05.00WIB, Minggu (5/1).

Banjir menerpa Kelurahan Kota Jaya, Kecamatan Lahat, sedangkan tanah longsor terjadi di Jalan Lintas Lahat, tepatnya di Kelurahan Pagar Agung dan di jalan lintas penghubung Lahat - Pagaralam di Tanjung Mulak, Kecamatan Pulau Pinang.

1. Derasnya hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Lahat membuat Sungai Lematang meluap

Lagi, Kabupaten Lahat Sumsel Diterjang Banjir dan Tanah LongsorLongsoran dari perbukitan yang ada di samping Jalan Lintas (IDN Times/BPBD Lahat)

Saat dikonfirmasi, Kapolres Lahat, AKBP Irwansyah membenarkan, bencana alam tersebut melanda kabupaten yang berjarak 223 kilometer dari Palembang. Disinyalir, hujan deras yang mengguyur Bumi Seganti Setungguan pagi hari ini membuat air Sungai Lematang meluap. 

"Benar ada banjir dan longsor, sementara di TKP belum ada korban jiwa dan kerugian materi," ujar Irwansyah, saat dihubungi IDN Times, Minggu (5/1).

Irwan menuturkan, pihaknya sudah melakukan penyemprotan dan pembersihan jalan. Memang sempat terjadi antrean kendaraan dari arah Pagaralam menuju Lahat, saat proses pembersihan yang dilakukan tim gabungan.

2. Dinas PU kerahkan alat berat untuk membersihkan longsoran tanah

Lagi, Kabupaten Lahat Sumsel Diterjang Banjir dan Tanah LongsorPembersihan japan dilakukan dengan alat berat milik PU (IDN Times/Polres Lahat)

Sementara, Kepala Bidang Kedaruratan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori mengungkapkan, kondisi banjir di Kelurahan Kota Jaya, Kecamatan Lahat sudah berangsur surut.

"Longsoran tanah juga sudah dibereskan tim gabungan. Dinas Pekerjaan Umum (PU) melakukan pembukaan akses jalan dengan menggunakan alat berat yang dimiliki," ungkap dia.

3. jajaran Forkompinda bersama masyarakat sudah mulai membersihkan dampak banjir dan tanah longsor

Lagi, Kabupaten Lahat Sumsel Diterjang Banjir dan Tanah LongsorPohon tumbang juga sampat menutupi jalan Lintas (IDN Times/BPBD Lahat)

Ansori melanjutkan, pihaknya bersama jajaran Forkompinda sudah meninjau lokasi guna memastikan kondisi wilayah yang terdampak bencana di Lahat berangsur ditangani.

"Masyarakat sekitar juga ikut membersihkan sisa air Sungai Lematang yang masuk ke pemukiman warga. Untuk pohon-pohon yang tumbang juga sudah diatasi," tandas dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya